Menganalisa strategi Vixion facelif ala goozir.com Part 2

Diposting pada
www.goozir.com
Sobat goozir, masih ingat dengan artikel saya sebelumnya tentang analisa strategi vixion facelif ala goozir.com? ini adalah kelanjutan dari artikel tersebut. Setelah menunggu tanggal  4 kemarin kirain ada sesuatu atau kabar baru dari para blogger tentang launching produk baru ternyata sebatas info launching  GT 125 special  edition dengan outosafe.

Kembali ke laptop.  Penampakan Vixion terbaru sudah termonitor di jagat blogspare. Berdasar informasi di jagat blogspare  facelif baru sebatas lipstik dan tampilan luarnya saja. Bagian dalam belum disentuh sama sekali.  Lawan yang sedang dibangun untuk menghadapi Vixion adalah CB150R yang menurut informasi yang beredar didunia blogspare mengalami mayor change alias perubahan besar. Mungkin dari sisi desain dll. Dari sisi mesin CB150R sudah cukup bagus untuk positioning pasar dengan mesin DOHCnya. AHM memang konsen di mesin DOHC dan konsumen serasa di cekokin ‘ini loh mesin DOHC lebih dan lebih dari pada mesin SOHC’. Cukup berhasil saya kira, namun dari desain masih belum sanggup bejaban dengan Vixion.
Menghadapi tindak tanduk dan kelakuan AHM yang masih belum terbuka dengan CB150R terbarunya  dan senjata ampuh apa yang akan dikeluarkan, nampaknya yang empunya Vixion santai saja dan kayaknya masih belum merasa takut dengan tindak tanduk si AHM. Menurut analisa goozir.com masih ada beberapa senjata yang masih disimpan oleh  YIMM untuk seri Vixion. Senjata tersebut kemungkinan adalah

  • Mesin SOHC
Dengan masih menggunakan mesin SOHC  pada Vixion saat ini pihak pabrikan akan menganalisa sejauh mana positioning mesin SOHC dan DOHC di pasar roda dua Indonesia. Alhasil jika mesin DOHC ternyata lebih diminati oleh pecinta motor roda dua  maka, senjata no 2 akan dipakai.

  • Mesin DOHC CB150R
Lah kok mesin DOHC CB150R jadi senjata si Vixion? Menurut analisa goozir.com selama ini CB150R menggunakan positioning DOHC dalam pemasaran produknya. Meski mesin SOHC beda beda tipis dengan DOHC soal kinerja namun AHM nampaknya cukup masif dengan kampanye mesin DOHC. Terlihat dengan opini masyarakat yang mulai terbentuk bahwa mesin DOHC lebih unggul dari SOHC. Memang pendapat tersebut tidak sepenuhnya salah dan tidak sepenuhnya  benar. Lalu kok  bisa jadi senjata  buat Vixion?  Masih berkaitan dengan senjata pertama, bahwa dengan image yang sudah terbentuk dimasyarakat bahwa mesin DOHC katakanlah lebih unggul dibanding SOHC maka vixion tinggal mengambil image pasar yang sudah dibentuk  tadi oleh si CB150R tersebut dengan mengganti mesin SOHC Vixion dengan mesin  DOHC.
Saat dua duanya sudah DOHC, potensial buyer yang tadinya mungkin pingin beli Vixion tapi enggan membeli karena mesinnya masih SOHC kini bisa dengan ikhlas dan sepenuh hati rela dan pasrah menyerahkan maharnya berupa uang demi mendapatkan pujaan hati yang sudah lama di idam idamkan  untuk di tunggangi dan di betot betot  gasnya yaitu si cantik Vixion DOHC.

  • Upgrade fitur
Saat keduanya mungkin sudah berada di titik tingkat kedewasaan dalam siklus daur hidup produk maka upgrade fitur dan refresmen mutlak diperlukan. Atau mau di suntik mati? Pada periode daur hidup  kedewasaan tingkat penjualan yang stagnan dan cenderung menurun disinilah peran R&D salah satunya. Apakah akan di lanjutkan atau  akan disuntik mati. Jika mau lanjut tentu harus ada upgrade fitur dong. Misal kasih ABS, up side down di sock depan, lampu led semua/proyektor untuk lampu utama dan perubahan desain. Atau mau bikin produk baru kelas sport entry level untuk lebih memperkuat lini sport dan berseteru dengan verza? Misal pakai desain Vixion dengan mesin bluecore. Who knows?….. 
Sebatas itu yang baru dapat goozir.com analisa mengapa si Vixion masih bertahan dengan facelif untuk saat ini tanpa merubah dapur pacu yang sudah ada sedanglan lawannya CB150R mengalami mayor change.  Itu hanya sekedar analisa bebas dari goozir.com kalau terdapat persamaan persepsi dan pengembangan selanjutnya dari Vixion itu hanya sebuah kebetulan belaka.  (end)
Sekian share saya semoga berguna…

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"