Mesin Kawasaki W175 Brebet : Penyebab dan Cara Mengatasi
karburtor Mikuni Kawasaki W175

Mesin Kawasaki W175 Brebet : Penyebab dan Cara Mengatasi

Posted on

Goozir.com – Buat pecinta motor Karburator mungkin bukan masalah baru mesin motor brebet. Termasuk pemiliki Kawasaki W175. Memiliki motor dengan sistem karburator harus siap dengan segala permasalahannya. Salah satu permasalahan W175 adalah mesin Kawasaki W175  brebet. Bukan kesalahan produksi dari Kawasaki namun memang ada sedikit ketidak sesuaian. Goozir mencoba memberikan info penyebab dan cara mengatasi mesin Kawasaki W175 yang brebet

Penyebab dan Cara Megatasi Mesin Kawasaki W175 Brebet

Kawasaki W175 memang masih menggunakan sistem karburator. Untuk menekan emisi gas buang maka lubang spuyer ukurannya lebih kecil dari yang seharusnya. Itulah penyebab mesin Kawasaki W175 brebet. Mesin brebet biasanya terjadi pada saat pertama dihidupkan biasanya pagi. Saat dipanaskan bahkan saat di choke mesin tetap susah dihidupkan. Bahkan setelah hidup mesin terasa mbrebet.

Tapi tenang saja karena goozir menmukan info cara mengatasi mesin brebet Kawasaki W175. Ternyata caranya tidak begitu susah. Yang dibutuhkan adalah main jet  Suzuki Satria 2 tak. Main jet Suzuki 2 tak memiliki ukuran spuyer lebih besar yaitu 100 sedangkan bawaan W175 hanya 90. Main jet Suuzki Satria 2 tak punya merek yang sama dengan W175 yaitu Mikuni Cuma beda ukuran.

Namun jika sudah menggunakan knalpot aftermarket apa lagi free flow maka harus menggunakan spuyer lebih besar lagi. (105) tidak harus dari mikuni namun bisa dari spuyer after market lainnya.

Untuk cara membongkar main jet W175 di mulai dengan membuka cover pada sisi bagian kanan dengan menggunakan kunci L5.

Setelah kebuka covernya dilanjutkan dengan membuka klem yang ada pada bagian Intake dan juga filter udara. Setelah itu melepas selang bensin dan skep karburatornya.

Sudah terlepas, buka mangkok karburator dengan melepas 4 baut menggunakan obeng plus.

Lepas main jet bawaan W175 kemudian ganti dengan punya Satria 2 tak ukuran 100 kalau pakai knalpot free flow bisa memakai ukuran 105 yang bisa dibeli part aftermarketnya.

Untuk menyesuaikan suplai bensin yang lebih banyak, dibutuhkan juga udara yang lebih banyak agar seimbang. Setel masukan udara dengan memutarnyas sacara penuh sebanyak 3 kali ke arah kiri. Lebih tepatny motor di hidupkan dan disetel masukan anginnya, sesuaikan sampai mendapatkan raungan mesin tinggi dan merata.

Penggantian main Jet pada W175 dampaknya adalah emisi gas buang makin tinggi dan bensin lebih boros. Jika menggunakan knalpot free flow maka lubang slang Air Induction  System sebaikanya di tutup karena bisa menimbulkan ledakan susulan. Penutupan lubang selang tersebut juga akan meningkatkan emisi gas buang

Semoga info yang goozir berikan bisa bermanfaat dan berguna… selamat mencoba

Baca juga informasi pilihan goozir.com di bawah ini

 

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"