Mesin Motor Tiba Tiba Mati Sendiri, penyebab dan cara mengatasi

Mesin Motor Tiba Tiba Mati Sendiri, penyebab dan cara mengatasi

Posted on

Goozir.com – Bro dan Sis pecinta motor, punya motor sendiri apalagi di beli dengan ngutang dan dengan jerih payah sendiri mbayari utang pasti punya nilai kebanggaan tersendiri. Demikian pula goozir yang punya motor sendiri hasil ngutang dan dengan bayar cicilan dari hasil keringat sendiri. Setelah lunas rasanya beda bro and sis. Namun saat mesin motor tiba tiba mati sendiri goozir jadi ngeri dan takut.

Penyebab mesin motor tiba tiba mati sendiri

Sudah dua kali goozir mengalami motor  mesinnya tiba tiba mati sendiri. Satu kali saat balik mudik dan satu kali sesaat sesudah sampai tujuan. Kalau sudah mengalami itu goozir jadi takut karena tidak punya ilmu permesinan. Namun untunglah masih bisa di atasi semua tanpa harus oprek-oprek mesin.

Kejadian pertama saat balik mudik. Saat itu sudah melewati Indramayu arah Cikampek, itu yang banyak sawah sawah. Saat itu bensin benar-udah sangat limit. Untunglah ketemu SPBU. Masuk SPBU isi bensin. Starter jalan lagi. Tak lama motor di plintir plintir gasnya kok ga jalan malah ngeblong ga ada tenaga. Di cek eh mesin mati.

Tidak tahu apa penyebabnya udah panik aja rasanya saat itu. Dugaan goozir sendiri mungkin BBM belum sampai ke ruang pembakaran. Sehingga saat mesin nyala ga ada bahan bakar jadi mati mesinnya. Kemudian yang kedua kemungkinan lost kompresi. Kemungkinan begitu bro… karena saya sendiri tidak tahu apa penyebab pastinya.

Yang ke dua kejadian sesaat setelah samapai di tujuan. Saat itu sudah sampai ditempat parkir bejek dikit eh langsung mati tuh mesin. Distarter ga mau hidup. Kelistrikan juga mati semua. Di-on kan starter tetap lampu senja tidak hidup padahal kalau lagi baik kunci di-On-Kan lampu senja hidup.

Setelah bertanya keteman di facebook dan whatsapp suruh cek sikring. Dan benar saja saat saya cek sikringa tenyata ada yang putus satu. Jadi penyebab mesin mati yang ke dua karena sikring putus.

Baca :  Kiprok rusak tanda dan ciri serta cara perbaikan

Cara mengatasi mesin motor tiba tiba mati sendiri

Untuk kejadian pertama mesin mati saat balik mudik goozir hanya menstandar 2 motor terus di starter lagi dan ternyata masih bisa nyala. Setelah itu biarkan sebentar, kemudian di gas-gas dan tenryata motor sudah kembali normal kembali. Inilah yang menguatkan dugaan goozir kalau BBM belum masuk ruang bakar. Mungkin salah atau ada yang tahu penyebab yang sebenarnya? Silahkan komen di komentar.

Untuk kejadian yang kedua ternyata sikring putus. Goozir ganti dengan sikring cadangan bawaan dari pabrik. Pasang sikring dan hidup lagi motor. Jika tidak ada sikring cadangan maka sobat bro dan sis bisa membeli sikring buat motor. Beli yang ukurannya sama bro. misal 10 A. murah kok saya sudah beli untuk cadangan dan harganya hanya Rp 2500 perak di bengkel pinggir jalan.

Baca juga info pilihan Goozir.com di bawah ini bro and sis

Last di atas adalah pengalaman goozir pribadi saat mesin motor tiba tiba mati sendiri. Masih banyak faktor penyebab mesin motor mati sendiri dengan berbagai cara mengatasinya.

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"