Mobil Yang Berhak Insentif PPnBM 0 Persen

Mobil Yang Berhak Insentif PPnBM 0 Persen

Diposting pada

Goozir.com – Mulai 1 Maret 2021, Pemereintah Republik Indonesia memberlakukan insentif dengan relaksasi PPnBM hingga 0 persen. Insentif PPnBM 0 persen memiliki kriteria tertentu dan tidak semua mobil mendapatkannya.

Dalam aturan potongan PPnBM menyebutkan bahwa hanya mobil 4×2 termasuk sedan dengan kubikasi dibawah 1500cc serta kandungan lokal hingga 70 persen yang berhak mendapat relaksasi PPnBM.

Besaran insentif Relaksasi PPnBM berlaku mulai 0 persen hingga 25 persen dengan rincian sebagai berikut.

Pada bulan Maret, April dan Mei berlaku tarif PPnBM 0 persen, bulan Juni – Agustus berlaku tarif PPnBM 50 persen dan Bulan September hingga November hanya berlaku 25 persen saja.

Jadi kesempatan konsumen mendapatkan diskon PPnBM 100 persen hanya berlaku pada bulan Maret hingga Mei dengan memenuhi persyaratan yang sudah tersebut di atas.

Mobil Yang Tidak Mendapat Potongan PPnBM

Walaupun mobil yang beredar di Indonesia memiliki kubikasi mesin kurang dari 1500cc belum tentu mendapatkan PPnBM baik yang 0 persen, 50 persen maupun 25 persen.

Hal tersebut penyebabnya ada beberapa faktor, salah satunya mobil tersebut adalah produksi luar negeri.

Dengan kata lain kandungan lokal mobil kurang dari 70 persen maka belum berhak mendapat potongan PPnBM sesuai waktu yang sudah ditentukan.

Jika melihat persyaratan kandungan lokal 70 persen yang berhak mendapat potongan PPnBM maka hanya pabrikan mobil yang memiliki fasilitas perakitan di Indonesia saja yang menikmati potongan PPnBM hingga 0 persen.

Merek mobil yang kemungkian besar mendapat potongan PPnBM hingga 100 persen ada Toyota, Suzuki, Honda, Mitsubishi dan Nissan. Namun tidak semua mobil dari pabrik tersebut bisa mendapatkan potongn PPnBM.

Daihatsu Sirion misalnya, meskipun memiliki kubikasi 1300cc namun, Serion berasal dari Malaysia sehingga tidak memnuhi kandungan lokal 70 persen.

Demikian juga Honda City yang produksi Thailand, meskipun kurang dari 1500cc tetap tidak berhak mendapat potongan PPnBM.

Suzuki dan Nissan juga banyak produknya yang tak berhak mendapaykan potongan PPnBM, tercatat hanya Nissan Livina dan Wagon R yang mendapatkan potongan PPnBM hingga 100 persen.

Xpander dan L300 adalah 2 produk Mitsubishi yang berhak mendapat relaksasi PPnBM hingga 0 persen, selebihnya tidak berhak.

Intinya untuk mendapatkan potongan pajak PPnBM hingga 100 persen sesuai aturan harus produksi dalam negeri atau kandungan lokal hingga 70 persen dengan kubikasi mesin kurang dari 1500cc serta gardan 4×2.

Demikian mobil-mobil yang belum berhak mendapatkan insentif PPnBM 0 persen dan lainnya, semoga berguna.

Baca juga info menarik lainnya bro and sis

Folow goozir.com

IG : GOOZIRBLOG

FB Page : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom