4 Mode Berkendara Nissan Leaf & Pengoperasiannya

4 Mode Berkendara Nissan Leaf Canggih & Pengoperasiannya

Diposting pada

Goozir.com – 4 Mode berkendara Nissan Leaf dan cara pengoperasiannya. Nissan Indonesia resmi memasarkan mobil listrik mereka yaitu Nissan LEAF. Nissan Leaf resmi meluncur di Indonesia secara virtual pada hari Rabu 18 Agustus 2021.

Nissan Leaf dijual dengan 2 model warna, warna single tone dipasarkan dengan harga Rp649 juta sedangkan untuk model 2 warna dibanderol Rp651 juta

Mobil Listrik Nissan LEAF dibekali dengan motor listrik AC3 Synchronous berkode EM57 yang mampu menghasilkan tenaga 110 kW atau 148 dk pada putaran mesin 3.200 rpm hingga 9.700 rpm dan torsi 320 Nm pada putaran mesin 0 hingga 3.200 rpm.

Nissan LEAF dibekali dengan baterai lithium-ion berkapasitas 40 kWh yang diklaim mampu menjelajah hingga 311 kilometer saat baterai terisi penuh.

Baca Juga : Nissan Leaf Terbaru Indonesia

Mode Berkendara Nissan Leaf

Memiliki torsi yang besar tentunya mengasikan untuk digunakan dijalanan. Anda bisa lupa diri jika keasyikan geber Nissan Leaf.

Untuk mempermudah pengemudi dalam dalam berkendara, Nissan LEAF memiliki 4 mode berkendara yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Cukup unik memang untuk sebuah mobil listrik memiliki mode berkendara. Namun 4 mode berkendara pada Nissan Leaf berbeda denga mobil konvensional.

Mobil dengan bahan bakar minyak umumnya memiliki mode berkendara normal, ECO, dan sport, sedangkan pada Nissan Leaf tidak dilengkapi dengan pilihan Normal dan Sport.

mode berkendara nissan leaf

4 Mode berkendara Nissan LEAF terdiri dari D-Mode, B-Mode, ECO Mode, dan B+ECO Mode.

1. D-Mode

D-Mode merupakan mode berkendara normal yang bisa dimanfaatkan pengemudiuntuk mendapatkan tenaga dan torsi yang lebih maksimal.

2. B-Mode

B-Mode yang memiliki fungsi untuk mengaktifkan sistem regenerative braking. Saat B-Mode ini digunakan, maka sistem akan secara optimal mengisi daya baterai mobil melalui sistem pengereman (regenerative braking).

B-Mode sangat cocok digunakan pada situasi jalan menurun sehingga saat mobil melakukan deselerasi dan pengereman, energi kinetik yang dikeluarkan akan diolah untuk disalurkan kembali menjadi daya listrik.

3. ECO Mode

ECO Mode, berfungsi untuk memaksimalkan penghematan energi atau daya baterai yang dikonsumsi sehingga jarak tempuh mobil menjadi lebih jauh.

ECO Mode biasanya dimanfaatkan saat berada di situasi jalan yang padat atau macet.

4. B+ECO Mode

B+ECO Mode, merupakan kombinasi 2 mode berkendara Nissan Leaf yaitu B Mode dan ECO Mode. Dengan penggunaan mode berkendara tersebut maka sistem pengisian daya baterai dengan regenerative braking dan penghematan daya baterai makin maksimal.

Cara Pengoperasian Mode Berkendara Nissan Leaf

Untuk pengoperasian 4 mode berkendara Nissan Leaf berbeda-beda. Untuk mengoperasikan mode berkendara D-Mode, pengemudi hanya perlu menggeser tuas transmisi ke arah bawah.

Untuk mengaktifkan mode berkendara B-Mode, pengemudi harus menggeser lagi tuas transmisi ke arah bawah saat posisi tuas transmisi sebelumnya sudah berada di D-Mode.

Untuk mengaktifkan mode berkendara ECO Mode, pengemudi hanya perlu menekan tombol ECO yang terletak dekat tuas transmisi.

Untuk mengaktifkan mode berkendara B+ECO Mode, pengemudi harus terlebih dahulu menggeser tuas transmisi ke arah bawah sebanyak 2 kali hingga B-Mode aktif kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol ECO Mode.

Dengan kehadiran 4 mode berkendara Nissan Leaf maka pengendara makin mudah untuk mengoperasikan mobil sehingga baterai juga makin hemat.

Demikian mode berkendara Nissan Leaf dan cara pengoperasiannya, semoga berguna.

Baca juga info pilihan berikut ini

Follow us

Facebook : Goozircom

Twitter : Goozircom

Youtube : Goozirblog

Instagram : Goozirblog