Modif Honda Legenda jadi tail
gambar by motorplus

Modif Honda Legenda Jadi Trail

Diposting pada

Modif Honda Legenda jadi trail mungkin menjadi solusi murah untuk sobat goozir yang menginginkan motor trail dengan budget terjangkai tanpa menghilangkan esensi motor tril.

Sudah jadi rahasia umum jika motor trail dibanderol cukup tinggi bagi sebagian orag. Liat aja dari Kawasaki KLX 150, CRF150L dan juga WR155 yang dibanderol mulai 30 jutaan rupiah. Modif motor lama menjadi sebuah trail akan mengirit pengeluaran bila dibanding beli motor trail.

Motor trail identik dengan ban tahu yang peggunaannya pada jalur off-road, dengan medan basah, becek dan membuat kaki-kaki motor jadi lengket dengan tanah.

Motor trail juga identik dengan groound clearance yang tinggi sehingga mudah untuk melewati gundukan tanah maupun perbukitan saat melakukan trabas.

Untuk modifikasi motor Legenda menjadi motor trail tersebut maka karakteristik unik sebuah motor trail harus ada pada hasil modifikasi.

Bahan Modif Honda Legenda Jadi Trail

Honda Legenda Trail

Sebagaimana di lansir dari M+ adalah Taufik yang menginginkan  sebuah motor trail namun tidak mau beli yang built up karena mahal. Tak habis akal dia merombak tungganganya, sebuah Honda Legenda tahun 2001 menjadi trail. 

Untuk mendapatkan tunggangn sebuah motor trail dari Honda Legenda ada beberapa bagian yang harus dia rubah mulau dari sasis, bodi, dan kaki-kaki

Sasis

Sasis menjadi bagian penting motor trail karena menopang semua beban baik pengendara maupun mesin serta kaki-kaki. 

Untuk itu bagian kaki-kaki harus kuat dan memiliki rigiditas yang baik agar manuver saat melakukan perjalanan bisa dengan mudah melakukannya.

Untuk bagian sasis Taufik mempperkuat lagi dengan rangka tambahan pada bagian tengah menggunakan pipa seamles berdiameter 2 inch sehingga mampu menahan beban berat.

Kemudian pada bagi swing arm juga diperkuat dengan menggantinya menggunakan  swingarm dari miliknya Kawasaki Kaze R.

Body

Untuk body asli Honda legenda otomatis  lengser untuk mengejar tampilan trail yang sebagian besar naked mengekspos mesin dan juga untuk memperingan bobot motor secara keseluruhan. 

Pada bagian belakang motor dipotong kemudian sambung dengan plat yang menyerupai spatbor Honda C70 sehingga tampil bentuk trail model klasik.

Kaki – kaki

Untuk ubahan pada kaki kaki menggunakan  suspensi depan Yamaha YZ85 kemudian untuk pelek menggunakan merek Kenda ukuran 19 inch depan dan 16 inch belakang.

Ban depan mengguakan ban IRC ukuran 70/100-19 kemudian ban belakang memakai ban IRC ukuran 90/100-16.

Modifikasi Honda Legenda jadi trail

Sebagai peredam kejut bagian belakang menggunakan suspensi KAYABA ZETO, kemudian sektor pengereman untuk bagian depan memakai rem cakram dari  KLX serta bagian belakang juga memakai rem dari KLX.

modif trail lainnya: Modif Motor Trail

Untuk mempermudah pengendalian sebuah motor trail tentunya menggunakan stang tinggi, pada bagian stang Ia memakai dari Expedition.

Knalpot juga tak luput dari ubahan  knalpot diganri  menggunakan knalpot dari dari Yonk Jaya

Tentunya butuh biaya dalam modifikasi tersebut namun tidak sebanyak jika Anda membeli motor trail baru dari dealer. Sensasi mirip-mirip namun harga lebih murah.

Itulah ubahan hemat bagi yang tidak mau membeli motor trail Built Up yang cenderung mahal, cukup dengan modif Honda Legenda jadi trail.

Baca juga :

Follow us

IG : Goozirblog

Facebook : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom