Modif Yamaha Vega R

Modif Yamaha Vega R

Diposting pada

Bore up dan Stroke up Vega RModif Yamaha  Vega R bikin ngacir. Mau mau..  mungkin bagi sobat goozir yang mempunyai sepeda motor Vega R dan ingin larinya tambah ngacir bisa melakukan bore up dan stroke up. Dengan catatan uang berlebih. Standar pabrik bore x stroke Vega R = 51 x 54 mm. Kapasitas mesin hanya 110cc.

Modif Yamaha  Vega R dengan bore dan stroke up

Bore up adalah mengganti piston dengan ukuran diameter piston lebih besar. Sedangkan stroke up adalah menaikan langkah piston dengan cara merubah posisi poros piston di kruk as (big end) sehingga jarak main TMA dan TMB lebih jauh. Jika hanya mengganti stang piston dengan yang lebih panjang tanpa merubah big end maka bukan stroke up. Penggantian part untuk bore up dan stroke up bisa menggunakan part dari motor lain maunpun part aftermarket.

Salah satu contoh bore up dan stroke up Vega R bisa dengan mengganti piston standar Vega R dengan piston after market dari CBR150R berdiameter 67mm. kemudian untuk  stoke up naik menjadi 66 mm. untuk stang seher harus ganti untuk mengimbangi stroke yang makin tinggi. Kita  bisa memakai stang seher dari Honda C800.Bore up dan Stroke up Vega R

Dengan melakukan bore up vega R jadi 67 mm dan stroke up menjadi 66 mm otomatis kubikasi Yamaha Vega R sekarang berubah menjadi 232,5cc. cara meng hitung kubikasi mesin sebuah sepeda motor sangat mudah. Kita tinggal mengalikan dengan  Rumus : 0,785 x bore x bore x stroke

Dengan rumus tersebut maka hasil bore up dan stroke up Vega R menjadi = 0.785 x 67 x 67 x 66. Hasilnya adalah 232,5 cc.

Memang dengan melakukan bore up dan stroke up akan memerlukan biaya lebih mahal. Dan bila pengerjaannya tidak presisi maka mesin bisa jebol. Pilihlah modifikator mesin yang sudah fasih melakukan bore up dan stroke up.

Baca juga artikel pilihan goozir.com lainnya bro

Sobat goozir itulah cara modif Yamaha  Vega R, semoga menginspirasi.

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"