3 Komponen Modifikasi Motor Bensin Jadi Motor Listrik
Modif motor bensin jadi motor listrik (gbr: Petrikbike)

3 Komponen Modifikasi Motor Bensin Jadi Motor Listrik

Diposting pada

Goozir.com – 3 Komponen modifikasi motor listrik mampu merubah motor bensin menjadi motor listrik. Ternyata modifikasi motor bensin jadi motor listrik sangat bisa dilakukan.

Go Green slogan yang didengungkan dimana-mana bahkan diseluruh dunia. Konversi dari penggunaaan bahan mineral alam dengan komponen ramah lingkungan jadi kampanye besar diseluruh dunia.

Salah satunya adalah penggunaan motor listrik. Selain tidak menimbulkan polusi udara, motor listrik kabarnya juga lebih murah dari segi konsumsi energi.

Jika Anda memiliki dana lebih maka bisa memiliki motor listrik dengan cara membeli baru, misal Gesits atau Viar yang sudah 100 persen menggunakan listrik.

Atau jika Anda memiliki budget kurang, karena untuk membeli Gesits butuh Rp20 juta lebih, Anda bisa modifikasi motor bensin menjadi motor listrik.

3 Komponen Modifikasi Motor Bensin Jadi Motor Listrik

Jika jalan yang Anda pilih untuk memiliki motor listrik dengan modifikasi motor yangs udah ada (bensin) menjadi motor listrik, maka Anda butuh 3 komponen modif.

3 komponen modif motor bensin menjadi motor listrik meliputi: modul controller, Baterai dan Motor penggerak/dinamo.

Modul Controller
Modif Motor bensin jadi motor listrik

Modul kontroller motor listrik adalah otak yang mengendalikan semua perintah di motor listrik. Kalau di motor karburator sebagai CDI, di motor injeksi sebagai ECU.

Jika CDI dan ECU bertugas mengatur pembakaran di ruang mesin dan menggerakan piston maka untuk modul controller mengatur kencang dan lambatnya motor serta besar kecilnya tenaga motor listrik.

Baterai
ubah motor bensin jadi motor listrik

Baterai berfungsi untuk menyimpan energi atau daya listrik. Untuk mengisi daya listrik ke baterai maka motor dilengkapi alat charge untuk mengisi daya baterai dari litrik PLN atau sumber lainnya.

Simpanan daya listrik dibaterai inilah yang digunakan untuk memutar motor listrik/dinamo nantinya.

Motor Penggerak/Dinamo
Modifikasi motor listrik

Dinamo atau motor penggerak roda ini berfungsi sebagai actuator yang menggerakan roda belakang.

Dengan adanya dinamo/actuator inilah motor listrik bisa bergerak dan berpindah dari tempat satu ke tempat lainnya sesuai keingingan pengendara.

Setelah mengetahui 3 komponen utama motor listrik, selanjutnya adalah bagaimana merubah motor bensin menjadi motor listrik.

Proses Modifikasi Motor Bensin Jadi Motor Listrik

Proses awal merubah motor bensin menjadi motor lisrik adalah mempreteli motor bensin dan mencopoti bagian yang tidak digunakan pada motor litrik seperti tangki BBM, mesin, kabel bodi dan knalpot. Sedangkan rangka dan bodi tetap dipertahankan.

Selanjutnya adalah menambahkan tempat untuk dudukan baterai dan membuat ulang kabel bodi. Untuk lengan ayun bisa menggunakan lengan ayun bawaan pabrik atau menggantinya dengan model Custom.

Untuk penempatan motor litrik atau dinamo diletakan di roda belakang. Kemudian untuk baterai bisa diletakan di tempat bekas mesin sebelumnya dan controller bisa diletakan di bekas tangki bensin sebelumnya.

Untuk perubahan bobot motor listrik dibandingkan dengan bobot motor bensin tidak terlalu besar. Sebab komponen motor listrik, baterai dan controller hampir sama dengan bobot mesin bensin dan tangki bensin.

Biaya Modifikasi Motor Bensin Jadi Motor Listrik

Untuk biaya pengerjaan modif motor bensin jadi motor listrik beserta komponen berkisar anatara Rp9.000.000 hingga RP25.000.000 tergantung output tenaga, jarak tempuh dan top speed.

Untuk pengerjaan jika Anda ngerti dan menguasai elektronik maka bisa dilakukan sendiri atau jika tidak mampu maka bisa menggunakan jasa modifikastor motor listik yang sudah ada di Indonesia.

Demikian info singkat 3 komponen utama modifikasi motor bensin menjadi motor listrik, semoga berguna…

Info menarik lainnya

Follow Us

IG: GOOZIRBLOG

FB Page : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom

gambar by: petrikbike