Kenapa Motor Injeksi Lebih Irit Dari Motor Karburator

Kenapa Motor Injeksi Lebih Irit Dari Motor Karburator

Posted on

Goozir.com – Motor zaman now rata – rata sudah menggunakan sistem injeksi. Kenapa motor injeksi lebih irit dari motor karburator? Mungkin itulah feel yang dirasa oleh user saat ini. Memang tidak mutlak irit yang menggunakan sistem Injeksi namun secara umum motor injeksi lebih irit dibanding motor karburator. Tenaga juga terasa lebih ngisi pada motor injeksi dibanding dengan motor karburator. Apa hanya feel saja?

Alasan Motor Injeksi lebih Irit dari motor karburator

Baik karburator maupun sistem injeksi sama sama memiliki fungsi mencampur bahan bakar dengan udara. Bedanya karburator masih di setel secara manual baik asupan bahan bakar maupun udaranya sedangkan pada sistem injeksi sudah diprogram secara elektronik. Atas dasar sistem kerja itulah kenapa motor injeksi lebih irit dari motor berkaburator.

Untuk melakukan setting asupan bahan bakar dan udara pada karburator membutuhakn perangkat obeng untuk mentur lubang  karburator, pilot dan mainjet sedangkan untuk menyeting sistem injeksi yang sudah terprogram  membutuhkan alat khusus karena sistem injeksi sudah di bekali berbagai sensor. Sensor O2, sensor bukaan gas (Throttle) dan sensor suhu berperan dalam memberikan input kepada ecu dan ECU mengatur kebutuhan bahan bakar dan udara yang di butuhkan.

Kerja karburator masih manual dengan metode buka tutup skep. Pada sistem injeksi bekerja dengan cara disemprotkan dan sudah terprogram dalam ECU.

Pengaturan sistem injeksi yang sudah terprogram secara elektronik menghasilkan semprotan yang sesui dengan kebutuhan. Sehingga lebih efisien, lebih sempurna pembakarannya dan menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Dari sistem kerja injeksi dan ECU yang mampu menyesuaikan kebutuha bahan bakar dan udara dengan tepat maka power yang di hasilkan lebih besar dengan pembakaran sempurna. Hal itulah yang menjadi alasan kenapa motor injeksi lebih irit dan bertenaga dibanding motor karburator.

Dari segi perawatan sistem injeksi juga lebih mudah dengan jangka waktu lebih lama. Apa lagi bila menggunakan bahan bakar yang tepat sesuai kompresi mesin.

Baca : Tips memilih bensin sesuai kompresi mesin

Intinya asupan bahan bakar yang stabil sesui kebutuhan dan hasil pembakaran yang sempurna mejadi alasan motor injeksi lebih irit dari motor karburator.

Baca juga info pilihan di bawah ini bro and sis

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"