Motor Matic Kena Banjir, Begini Cara Penanganannya

Motor Matic Kena Banjir, Begini Cara Penanganannya

Diposting pada

Goozir.com – Motor matic Anda kena banjir? Cuaca Extreme khususnya di wialayah JABODETABEK mengakibatkan banjir disejumlah wilayah di Jabotabek. Jika motor matic kena banjir maka harus ditangani dengan benar.

Ada beberapa tips dan trik menangani motor matic yang terkena banjir agar motor tidak rusak. Motor yang kelelep hingga di atas mesin maka perlu penanganan khusus. Tidak harus dibawa ke bengkel asal Anda tahu beberapa trik untuk menanganinya.

Tips Motor Matic Kena Banjir

Buat Anda yang motor maticnya kena banjir hingga di atas mesin maka harus dipastikan motor benar-benar kering. Hal tersebut berkaitan dengan pengkabelan dan kelistrikan.

Selain itu Anda juga harus melakukan beberapa hal untuk memastikan motor dapat berjalan dan digunakan kembali.

1. Pastikan Motor tidak kena water hammer

Jika Anda melintasi banjir dengan keadaan mesin hidup kemudain air masuk kedalam knalpot dan menuju ruang pembakaran, kemungkinan motor Anda akan terkena water hammer makin besar.

Kalau terjadi demikian maka Anda harus ke bengkel dan mengganti bagian mesin yang bengkok atau rusak. Jika motor Anda diparkir kemudian kena banjir hingga kelelep sampai diatas mesin maka Anda masih bisa menyelematkan motor Anda tanpa harus ke bengkel.

2. Bongkar CVT

Bongkar area CVT dan pastikan bersih dari air maupun lumpur. Jika punya alatnya bisa bongkar pully depan maupun kampas ganda untuk dibersihkan. Pastikan sudah kering dan tutup kembali.

3. Bongkar filter Udara

Ada beberapa motor matic yang lokasi filternya jauh dari CVT. Yang demikian maka Anda harus membongkar area filter udara dan cek apakah filter kotor atau tidak, jika kotor bersihkan, bila perlu bisa ganti filter. Pastikan juga saluran udara kering.

4. Bongkar Busi

Pastikan busi kering beserta copnya. Test busi masih bekerja dengan baik. Pastikan semua bagian busi kering agar tidak korslet.

5. Ganti Oli

Buka lobang pembuangan oli mesin, buang oli mesin. Jika motor terendam banjir lebih dari tinggi mesin maka bagian dalam mesin sudah bercampur air. Kuras oli dan ganti dengan oli baru. Lakukan tidak hanya sekali namun harus diulang 2-3 hari kemudian untuk memastikan air benar benar bersih dari bagian dalam mesin.

Oli yang tercampur air akan berwarna keputihan seperti susu. Selama masih berwarna putih susu berati oli masih bercampur air.

Jika semuanya sudah dipastikan kering, Oli sudah diganti baru, maka bisa Anda coba untuk menyalakan motor dengan di engkol. Jika nyala dan semuanya dirasa normal tidak ada korslet maka motor Anda bisa di nyatakan aman.

Jangan langsung menyalakan motor jika motor habis kelelep banjir.

Itulah trik dan kiat yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi motor matic kena banjir semoga bermanfaat.

baca juga info pilihan dibawah ini

Follow us

IG : Goozirblog

Facebook : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"