Mudik Lebaran 2019 Tol Satu Arah, Contra Flow & Ganjil-Genap
Suasana lalin tol Cikampek di daerah bekasi timur bulan April 2019. (gambar : Antara foto)

Mudik Lebaran 2019 Tol Satu Arah, Contra Flow & Ganjil-Genap

Diposting pada

Goozir.com – Jalan Tol Cikampek selama musim mudik Lebaran 2019 direncanakan akan diberlakukan satu arah (One  Way). Saat ini baru rencana, namun bila disetujui maka hal tersebut akan dilaksankan. Program lainnya juga sedang dipertimbangkan untuk rekayasa lalu lintas seperti Contra Flow dan sistem ganjil genap untuk jalur mudik yang lain.

Untuk sistem one way mudik lebaran 2019, tol Cikarang arah Brebes akan diberlakukan satu arah saat mudik dan Palimanan – Cikarang akan berlaku satu arah saat arus balik.

Mudik Lebaran 2019 Tol Cikampek-Brebes

Rencana tol satu arah yang sedang dikaji untuk pemberlakuan One Way tersebut rencanannya akan berlangsung 1 x 24 jam sehari selama 3 hari. Untuk arus mudik akan diberlakukan tanggal 31 Mei dan 1-2 Juni 2019.

Sedangkan untuk arus balik akan dilaksanakan pada tanggal 7,8 & 9 Juni 2019 dengan waktu 1 x 24 jam sehari.

Untuk arus mudik akan diberlakukan satu arah mulai KM 29 Cikarang hingga Km 262 Brebes barat. Untuk arus balik akan diberlakukan satu arah mulai Km 188 Palimann hingga Cikarang  Km 29.

Rencana tersebut masih didiskusikan dengan pemerintah dan jika di izinkan maka akan diumumkan oleh Kemenhub.

Pekerjaan Proyek  Tol Stop H-10 & H+10

Sementara itu untuk pekerjaan tol yang saat ini berlangsung untuk membuat tol layang Cikampek pengerjaannya akan di stop sementara mulai H-10 Mudik Lebaran 2019.

Stop pembangunan tol di Cikampek juga di berlakukan hingga H+10 setelah lebaran. Hal tersebut dilakukan untuk memperlancar arus mudik dan balik.

Proyek yang distop sementara pengerjaannya selama mudik balik lebaran 2019 meliputi : Tol Elevated, kereta cepat Jakarta-Bandung, LRT dab tol Cibitung – Cilincing.

Sistem ganjil Genap, Contra Flow Lebaran 2019

Selain 2 program di atas kepolisian dan pihak terkait juga menkaji untuk memberlakukan sistem ganjil genap untuk arus mudik balik Bakauheni – Merak.

Selain sistem ganjil genap juga akan diupayakan untuk Contra flow jika arus mudik balik susah dikendalikan akibat banyaknya kendaraan.

Itulah bro and sis porgram yang sedang disiapkan oleh pemerintah dan pihak terkait untuk memperlancar arus mudik  dan balik selama lebaran 2019. Semoga informasi ini berguna. Kita tunggu saja rilis resminya jika di berlakukan.

Update : One Way resmi di berlakukan mulai tangal 30 Juni – 2 Mei 2019 untuk arus mudik 24 sehari. Ganjil genap berlaku untuk penyebrangan jam 20:00-08:00 selain itu dibebaskan.

Baca juga info pilihan di bawah ini

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"