Suzuki Nex Crossover VS Yamaha X-Ride VS Honda BeAT Street

Suzuki Nex Crossover VS Yamaha X-Ride VS Honda BeAT Street

Diposting pada

Goozr.com – Nex Crossover VS X-Ride VS beAT Street. Suzuki meluncurkan varian baru Nex dengan embel-embel Crossover. Motor Matic dengan desain adventure kini makin banyak pilihan selain Yamaha X-Ride dan Hodna BeAT Street. Apakah kehadirn Suzuki Nex Crossover mampu menghadapi senior Yamaha X-Ride DAN hONDA beAT Street? berikut ulasannya

Desain

Secara umum untuk menunjang penampilan Adventure Suzuki Nex Crossover memang lebih berasa aura adventurenya dibanding 2 rivel yang lebih dulu hadir.

Hal tersebut bisa dilihat dari komponen Stang dan ban. Setang Nex Crossover, X-Ride dan BeAT Street memang sama sama terbuka namun ban yang digunan NEX Crossover lebih mesakili motor Adventure.

Ban Nex Crossover sudah menggunkan model Dual purpose patern. Namun untuk X-Ride dan beAT Street masih menggunakan ban pattern on-road only.

dari segi desain Suzuki Nex Crossover VS Yamaha X-Ride VS Honda BeAT Street, Nex Crossover lebih unggul dibandingkan dengan seniornya.

Spesifikasi

Kemudan bagaimana dengan spesifikasi antara Nex Crossover VS X-Ride VS beAT Street? Dari segi spesifikasi Anda bisa melihat kapasitas mesin beserta power dan torsi yang dihasilkan.

Mesin Nex Crossover memiliki kapsitas 113cc, X-Ride memiliki meisn 125cc dan BeAT Street memiliki mesin 109.5cc.

Dari kubikasi mesin X-Ride memiliki kapasitas mesin lebih besar. Apakah power dan torsi X-Ride paling besar di segmen matic adventure? Lihat tabel perbandingan di bawah ini

Dari segi mesin bisa dilihat dari power dan torsi yang dihasilkan Yamaha X-Ride lebih unggul dibanding 2 rivalnya. Untuk Nex Crossover sangat minim informasi mesin jadi susah memprediksinya.

Komparasi Mesin

Nex Crossover

X-Ride

BeAT Street

Mesin

113cc

125cc

109.5cc

Power

6,9kW

7kW/8000rpm

6,6kW/7500rpm

Torsi

9,6Nm/5500rpm

9,3Nm/5500rpm

Bobot

94kg

98kg

89 kg

PWR

0.073kw/kg

0.071kW/kg

0.74kW/kg

Dari data itu pula BeAT Street bisa memperoleh power puncak lebih cepat dibanding X-Ride dan Nex Crossover. Namun jika diajak jarak jauh Yamaha X-Ride bisa menyalip BeAT Street dengan mudah, secara teori demikian.

Namun jika melihat bobot motor PWR (Power to Weigh Ratio) yaitu perbandingan power dan bobot motor, Honda BaAT Street lebih unggul dari 2 rival lainnya.

Artinya jika bobot pengendara sama untuk drag race 100 meter Honda BeAT Street kemungkinan besar mudah untuk menang.

Namun untuk kestabilan dengan bobot pengendara yang sama X-Ride bakal lebih anteng untuk kecepatan tinggi karena bobot lebih berat.

Fitur

Komparasi Nex Crossover VS X-Ride VS BeAT Street dari sisi fitur sangt menarik nih bro and sis.

Fitur yang benar benar advance memang tidak ada pada ke tiga matic advennture tersebut semisal traction control ataupun rem ABS.

Ketiganya dibeklai fitur standar motor matic pada umumnya. Nah penasaran apa saja fitur ke tiganya. berikut gambarannya

Dari fitur terlihat Yamaha X-Ride lebih banyak fitur yang dimiliki dibandingkan dengan rival-rivalnya.

Lampu depan Nex Crossover belum mengadopsi lampu LED. Sementara Yamaha X-Ride memiliki fitur Answer back system, Hazard dan Eco indicator yang belum dimiliki oleh Nex Crossover dan BaAT Street.

Suspensi bawaan Yamaha X-Ride juga terlihat lebih keren dengan model Sub-tank.

Dari segi fitur pebandingan Suzuki Nex Crossover VS Yamaha X-Ride VS Honda BeAT Street, Yamaha X-Ride lebih unggul dari yang lain.

Nex Crossover

X-Ride

BeAT Street

Ban Dual Purpose

Answer Back System

Lampu depan LED

Kaliper dan Per atraktif

Lampu Hazard

Rem CBS

Digital Speedometer

Eco Indicator

Side stand switch

Easy Start System

Bagasi besar

 

Cover jok 2 warna

Lampu depan LED

 

 

Suspensi Sub-tank

 

 

Diasil silinder& forged piston

 

Harga

Dari segi harga mana yang lebih layak untuk dibeli antara Suzuki Nex Crossover VS Yamaha X-Ride VS Honda BeAT Street.

Honda BaAT Street dibanderol dengan harga Rp17.150.000, harga Yamaha X-Ride Rp18.690.000 dan Nex Crossover Rp17.990.000. Ketiganya harga untuk status On the Road Jakarta.

Dari segi harga Honda BaAT Street menjadi yang paling murah diantara pesaingnya. Ditambah dengan nama besar Honda ada kemungkinan BeAT Street lebih mudah untuk dijual dibanding 2 produk lainnya.

Warna

Pilihan warna memang selera, jarang orang beli motor karena warnanya. Namun jika Anda kepo dengan warna yang dimiliki oleh ketiga produk berikut pilihannya.

Purna Jual

Produk dijual pastinya harus ada garansi dari produsen. Ketiga produk tentunya memiliki garansi dari masing-masing produsen dengan aturannya sendiri.

Masalah spare part juga harus dipenuhi oleh pabrikan jika suatu saat ada part yang harus di ganti. Ketersediaan harus ada agar konsumen mudah memperoleh part pengganti jika rusak.

Dari pengalaman yang ada untuk Suzuki dan Yamaha lebih mudah mencari part asli dibandingkan dengan Honda. Honda lebih susah mencari part asli yang dijual oleh diler.

Paling mudah mencari part adalah Yamaha. Tersedia katalog dengan barang original dan jika pun inden tidak terlalu lama dan barangnya selalu ada.

Suzuki juga berbenah dan juga sudah memiliki katalog digital untuk mendapatkan part-part yang Anda butuhkan.

Honda memang paling susah untuk mendapatkan part pengganti, katalog digital tidak ada dan terkesan tidak melayani pembelian part. Inden part juga terkesan lama dan kadang sudah bulanan tidak datang juga partnya.

Namun ditoko online atau offline banyak part Honda entah asli atau KW namun terkadang harga lebih mahal.

Itulah dari sisi purna jual, untuk kemudahan mencara part dikemduian hari Suzuki dan Yamaha lebih mudah memperolehnya.

Demikian info singkat perbandingan Suzuki Nex Crossover VS Yamaha X-Ride VS Honda BeAT Street, semoga berguna.

Informasi menaik lainnya

Follow us

IG : GOOZIRBLOG

FB Page : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"