Murah Banget! Pajak Motor Gesits Rp20 Ribu Saja

Murah Banget! Pajak Motor Gesits Rp20 Ribu Saja

Diposting pada

Goozir.com – Berapa pajak motor Gesits? Bagi Anda yang sudah punya motor ini dan termsuk batch awal penerima motor mungkin sudah pernah bayar pajak untuk tahun ke dua. Bagi yang belum punya harus tahu bahwa pajak motor Gesits tergolong murah banget bahkan ada yang bayar hanya Rp20.000 saja.

Pajak kendaraan listrik memang lebih murah dari pajak kendaraan dengan bahan bakar minyak. Kemudian untuk platnya sendiri, kendaraan listrik memiliki plat bergaris biru.

Baca Infonya : Macam-Macam Warna Plat Kendaraan Bermotor

Pajak Motor Gesits

Pajak motor tahunan termasuk pajak daerah dan diteNtukan oleh masing-masing daerah tingkat propinsi. Sehingga pajak kendaraan di propinsi satu berbeda dengan pajak di propinsi lainnya sekalipun motornya sama merek dan tipenya.

Bahkan ada kebijakan yang memberikan kewenangan kepada daerah untuk membebaskan atau pengurangan pajak daerah untuk kendaraan bermotor berbasis baterai (Battery Electric Vehicle) untuk transportasi jalan.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Perpes Nomor 55 tahun 2019 pada pasal 19 ayat 3.

“Pemberian insentif pembebasan atau pengurangan pajak daerah sebagaimana dimaksud pada ayat 1 huruf C berupa pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor diatur lebih lanjut dengan peraturan menteri yang penyelenggarakan urusan pemerintan dalam negeri.

Kebijakan tersebut diambil untuk percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

Salah satu yang telah membuktikan pajak motor Gesits murah adalah Alve Yunus Marpaung yang dishare lewat group FB Gesits Motor.

Dari postingan Alve, Dia membayar pajak motor gesits yang sudah telat 3 bulan. Petugas samsat sampai bingung dan mengecek bolak balik untuk konfirmasi karena nominal pajaknya sangat kecil.

Pajak motor gesits
Kwitansi bayar pajak motor listrik Gesits Rp20.600 (sumber: Alve Yunus Marpaung )

Bang Alve Yunus yang bayar pajak motor Gesits dengan denda 3 bulan, hanya keluar duit Rp20.600 dengan rincian pajak motor Gesits Rp19.600 dan denda 3 bulan sebesar Rp1000.

Postingan bang Alve pun ramai dengan berbagai komentar, ada yang pro dan kontra.

Kendaraan listrik memang memiliki kebijakan sendiri dengan pajak yang lebih murah dari kendaraan konvensional guna mempercepat perkembangan kendaraan listrik.

Demikian info singkat pajak motor gesits yang ternyata murah sekali. semoga berguna…

Baca juga info pilihan berikut ini

IG : Goozirblog

Facebook : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom

Youtube : Goozirblog