pasang proguard pada GT125

Pasang Proguard pada GT125

Diposting pada

Pasang Proguard pada GT125Pasang proguard pada GT125 dapat dilakukan untuk meminimalisir kejadian yang tidak inginkan. Konon sejarahnya pemasangan proguard pertama kali dilakuakan pada ajang balap MotoGP. Pertama kali dipakai pada ajang tersebut menurut info di ketawain. Mungkin kasarnya “buat apa lo pasang kaya gitu….wkwkwkwk”. namun akhirnya banyak rider lain memakainya setelah beberapa kejadian kecelakan dalam balap akibat rem tertekan oleh rider lain saat bersinggungan.

Akhirnya proguard menjadi sesuatu yang di butuhkan oleh para pembalap. MotoGP pun akhirnya pakai proguard sebagai salah satu alat penunjang keselamatan. Dari merek yang dipakai pun banyak. Yang paling terkenal Rizoma. Setelah lumrah dipakai pada ajang balap kini proguard sudah mulai bergeser pada penggunaan harian. Sudah banyak pengguna sepeda motor yang memakainya. Merek pun sudah beragam mulai dari kelas high end hingga low end. Dari bahan plastik sampai bahan cnc dan baja. Kalau di pasaran indonesia ada Rizoma, Barakuda, KTC,Fast bike, DBS dan lain sebagainya.

Manfaat memakai proguard

Manafaat utama dari memakai proguard tentu demi keamanan dalam berkendara. Dengan memakai proguard akan meminimalisir tertekannya tuas rem atau kopling saat bersinggungan dengan penegndara lain atau dalam balap saat bersinggungan dengan pembalap/motor pembalap lain. Bayangkan jika tuas rem atau kopling tertekan oleh pengendara lain. Amit – amit lah jangan sampai terjadi.

Selain sebagai pengaman tuas rem dan kopling, proguard juga sebagai balancer. Kita tahu setiap sepeda motor pasti ada jalu yang terpasang di ujung stang. Namun terkadang jalu yang terpasang terbuat dari plastik dan fungsi balancer pun seakan hilang. Bobot plastik berapa si? Seperti jalu yang terpasang pada stang Yamaha GT125 terbuat dari plastik. Dengan proguard yang terbuat dari logam maka fungsi penstabil stang makin maksimal. Dengan demikian pemasangn proguard pada stang akan memaksimalkan fungi balancer sebagai pengganti jalu bawaan yag terbuat dari plastik.

Proguard juga menunjang penampilan dari sepeda motor. Tidak dipungkiri penggunaan proguard membuat sepeda motor terlihat lebih kekar dan kesan sportynya dapat. Jadi jangan heran jika banyak sepeda motor yang memakai proguard.

Cara pasang proguard pada GT125

Selanjutnya kita akan pasang Proguard pada GT125. Sudah disebutkan di atas bahwa jalu stang dari GT125 terbuat dari plastik dan fungsi balancer dari jalu menjadi tidak maksimal. Terbukti saat jalu terpasang stang GT125 masing tersa bergetar. Saya ada sedikit pengalaman saat jalu stang GT125 copot jatuh entah kemana saat mudik. Dan akibatnya stang bergetar makin parah dan stang terkesan tidak stabil. Saat jalan stang kayak mau belok sendiri di jalanan yang ga rata. Namun saat di lepas stang saat dijalann rata dan mulus masih stabil. Abis itu saya beliin proguard. Saat mau dipasang ternyata susah. Ada tonjoloan di dalam ujung stang GT125. Tonjolan ini sebagai pengunci jalu plastik yang terpasang sebelumnya. oke deh kita langsung pasang aja proguardnya.

Pertama kita tentu harus beli proguard. Beli proguard universal karena belum ada proguard yang khusus untuk GT125.

Kedua kita bongkar dulu proguardnya dan potong sedikit dari selongsong pengunci yang nantinya dipasang di dalam stang. Pemotongan dilakukan untuk memberi ruang ada tonjolan seperti yang kami samapaikan diatas. Potong memanjang ± 0.5 x 1 cm. Motongnya bisa  dengan gergaji besi. Selesai potong next.Pasang Proguard pada GT125

Rangkai kembali proguard dan pasang. Paskan bagian yang dipotong tadi dengan tonjolan didalam stang. Jika sudah masuk sempurna kencangkan baut dengan kunci L. Hati – hati dalang mengencangkan baut. Terkadang mur di dalam proguard yang berbentuk krucut tidak kuat dan ancur. Jika sudah begitu harus nyari lagi murnya. Seperti yang terjadi pada proguard yang kami pasang Murnya ancur karena terlalu bernapsu dalam mengencangkan baut. Akhirnya beli jalu yang ada mur kerucutnya. Berkorban lagi. Tapi ga papa sewaktu waktu mau ganti suasana bisa dipakai kok tu jalu. Pasang dan berhasil.Pasang Proguard pada GT125

Kalau sudah terpasang dengan sempurna maka tinggal dicoba dikendarai motornya apakah terasa mantap di bawa atau masih ada geter atau gimana? apakah kegantengan anda bertambah? Itulah cara kami pasang proguard pada GT125. Semoga berguna…pasang proguard pada GT125

Baca juga :

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"

2 thoughts on “Pasang Proguard pada GT125

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *