Mei 2018 Penjualan NMAX ungguli PCX

PCX lokal VS NMAX, Honda Forza lokal minggir

Diposting pada

Honda PCX lokal VS NMAX, apa yang ada di benak sampean jal. Yah itu yang ada di pikiran saya. Kalau melihat historikal yanga da di pasaran selama ini, Honda Forza sama sekali belum pernah di pasarkan oleh AHM di Indonesia. Apakah saya salah info? (mohon koreksi). Dari histori yang ada Honda PCX sudah di pasarkan oleh AHM walaupun masih CBU alias diimport dalam keadaan utuh alias sudah jadi tinggal pakai. Dan apa yang terjadi? Tidak laku banyak bro.. bahkan pernah Cuma laku 4 biji sebulan.

Memang AHM tidak ngoyo di segmen ini. laku syukur ora yo wis namanya juga pelengkap. AHM lebih kepada test market dan hasilnya adalah Yamaha bikin NMAX. Penjualan NMAX fantastis boombastis, samapai inden di beberapa diler. Bahkan kebetulan tadi siang saya pergi untuk service rutin di beres Yamaha yang dikirim apa coba? Benar sekali tebakan sodara. NMAX yang dikirim. Yang lain masih berdebu kaga laku. Ga tau kalau hari hari lainnya.

Rupanya antusiasme masyarakat akan big skutik, besar sekali. Penjualan NMAX tahun 2015 aja dari launching sampai akhir 2015 tembus 80 ribuan unit di pasar lokal. Apa ora edan? (ora….) hust malah jawab… ternyata yang oleh AHM di anggap sebagai test market dan Cuma coba – coba malah jadi lahan basah nan hijau bagi kompetitor siapa lagi kalau bukan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing dengan NMAX VVA yang jos gandos.

AHM sebagai penguasa metik pastilah merasa dipecundangi ( asem… aku sing ngetest pasar kowe sing entuk pasar) begitulah kira kira. Ora mudeng buka kamus bahasa jawa. Apa yang di lakukan AHM? Bikin Vario 150. Wow.. 150cc bro… nah apakah laku? Ya laku lawong juduke Honda Mungkin tujuan AHM bikin vario 150cc untuk mengrecokin NMAX, memang tidak bisa dipandang sebelah mata liat aja penjualan Vario 150 jadi top ten metik terlaris 2015 (baca disini : top ten metik terlaris 2015). Tidak sanggup mengeser dominasi NMAX ternyata.

Belum bisa goyang si NMAX tapi Vario 150 ga begitu booming. Mengapa ya? Ya tentu saja karena ada sodara kembarnya yaitu Vario 125 yang tampilan sama persis Cuma beda kubikasi mesin. Harga jelas beda namun power ga bakal jauh beda. Beli 150 apa 125? lebih worted 125 lah harga lebih murah bodi sama persis.

Terus buat apa bikin produk sama persis gitu cuma beda kubikasi mesin ama harga doang. AHM tentu punya strategi khusus buat Vario 150. Bukan hanya untuk laku. Kalo lakunya bisa di bilang sebgai bonus. Lagi-lagi untuk test produk skutik 150cc. PCX CBU laku dikit Vario 150 laku banyak bahkan lebih banyak dari NMAX namun ya gitu pihak AHM bilang Vario 150 beda segmen ama NMAX. Ya wis sekali lagi NMAX juara skutik bongsor 150cc. apakah AHM diam dan puas? Ternyata tidak.

Desas desus terbaru bahwa AHM akan lokalkan Forza. Nah kita kembali ke topik yang sudah di sebutkan di atas. Forza di negara sono di jual dengan kubikasi 125cc silakan di sini untuk membacanya. Apakah AHM akan benar – benar akan melokalkan Forza dan naik kubikasinya menjadi 150? Kembali ke historycal PCX adalah motor matik yang sudah di jual oleh AHM dan Forza sama sekali belum pernah di jual di Indonesia oleh AHM.

Apakah AHM mau ambil resiko dengan melokalkan Forza? Dimana orang belum pada kenal masih gelap dengan Forza.( Forza si apa?) Beda kalo PCX (oh PCX…. lawan NMAX sing larang iku?) masyarakat kalau ditanya PCX ama Forza pasti lebih negrti PCX.

Terus dengan pemberitaan tentang Forza mau dilokalkan boong dong?

Bisa juga benar tapi apa iya AHM mau membuang nama PCX yang sudah kadung tertanam di mindset masyarakat sebagai produk lawan NMAX yang mahal? Nah itu sudah menjadi sebuah awal yang bagus buat AHM dengan dokrin PCX lawan NMAX banderol mahal. Tinggal lokalkan JEBERETTT harga mepet NMAX atau lebih murah 200rb. Nah klau saya lebih cenderung AHM lebih baik lokalkan PCX dari pada Forza yang masyarakat tidak tahu atau ga kenal. Dan bisa jadi ini yang akan dipilih oleh AHM. Kita lihat saja kedepannya apakah PCX lokal akan hadir.

Misal PCX lokal hadir buat apa ada Forza lokal?

Bisa jadi itu memang akan dilokalkan namun ya dengan konsekuensi tadi yang sudah di sebutkan diatas. Produk yang tidak dikenal banyak orang. Beda dengan PCX. Jika Forza di lokalkan akan membutuhkan (biaya promosi lebih banyak) bila dibandingkan dengan melokalkan PCX. Goozir.com lebih cenderung AHM melokalkan PCX sebab tidak memerlukan biaya lebih tinggi jika dibanding Forza untuk promosi. Manfaatkan aja tgline “PCX lawan NMAX harga mahal” jadi PCX lokal. Hajar udah..

Kemungkinan ke dua, Forza lokal di jadikan pengalih isu untuk membuat YIMM panik atau gimana lah. Atau untuk menutupi rencana projek lebih besar? Misal PCX lokal gitu.

Kalau PCX dilokalkan bisa gebuk NMAX dong?

Kembali berkaca ke history, apakah pernah terpikir Mio bakal nyungsep dengan kehadiran Beat? Nyatanya sekarang Beat jadi metik sejuta umat. Mio dah kalah telak. PCX jika dilokalkan mungkin akan punya relevansi yang sama dengan Beat. Apakah semudah itu? Tentu tidak. Orang aja ga mau terjebak di lobang yang sama. Apa lagi ini bisnis. Dibalik bisnis ada orang pintar dan instinc yang bagus. Tentu YIMM akan berkaca pada pengalaman yang dulu dan ga mau terulang lagi. Paling tidak sudah berusaha kalaupun nantinya kalah juga.

Jadi kesimpulannya apa?

NMAX untuk saat ini masih unggul ga da lawan dis egmen 150cc skutik bongsor produksi lokal.

PCX CBU ga sanggup melawan NMAX

Vario 150 masih sebagai lanjutan test market dari AHM untuk skutik 150

Forza lokal bisa jadi di produksi bisa juga hanya sebagai isu untuk membuat panik YIMM atau untuk menutupi proyek besar AHM lain yang lebih besar khususnya di segmen 150cc skutik bongsor.

PCX lokal satu satunya kandidat yag cocok untuk melawan NMAX.

Nah dari semua tulisan di atas hanyalah opini pribadi penulis goozir.com. Jika ada benarnya hanya kebetulan belaka. Kalau salah ya harap di maklumi. Toh itu hanya sebuah analisa dan opini pribadi. Jadi apakah PCX akan di lokalkan oleh AHM? Kita akan lihat di bulan – bulan yang akan datang…PCX lokal VS NMAX ? (goozir.com)

HOTT: HONDA PCX LOKAL VS YAMAHA NMAX

yang lagi tren goozir.com

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"