4 Penyebab Ban Mobil Pecah, Waspada No 4

Diposting pada

Goozir.com – Ban mobil menjadi bagian mobil yang berperan penting dan satu – satunya part yang bersentuhan dengan jalanan. Namun terkadang kita melihat ban mobil mengalami pecah. Kalau sudah pecah maka bisa berbahaya. Untuk menghindari pecah ban kita harus tahu penyebab ban mobil pecah.

Kulit bundar pada roda mobil walaupun lentur tetap bisa pecah. Sebab secara umum pecahnya ban karena penguat ban (kawat didalam ban) mengalami kerusakan. Sehingga karet tidak bisa menahan tekanan yang di hasilkan bobot mobil.

Jadi mengetahui penyebab pecahnya ban mobil, pada dasarnya kita mengetahui penyebab rusaknya penguat ban. Apalagi jika mobil dipakai untuk mudik kita harus prepare dengan sebaik baiknya.

Penyebab Ban Mobil Pecah

Tekanan Ban Kurang

Ban mobil bisa pecah disebabkan oleh tekanan ban yang tidak sesuai. Sobat perlu tahu nih bahwa ban yang tekanannya berlebih dari standar yang di tentukan pabrik jauh lebih aman dibandingkan dengan ban yang tekanan anginnya kurang.

Ban yang kurang tekanan udaranya menyebabkan kawat penguat ban pada dinding ban menjadi mudah putus. Karena kawat putus menyebabkan ban tidak kuat menahan beban kendaraan dan penumpang. Maka ban bisa pecah, apalagi kalau melintas di tol dalam kecepatan tinggi dengan ban yang kurang angin jadi sangat berbahaya.

Menghajar Lobang Jalanan

Ban ternyata membantu suspensi sebagai peredam kejut. Saat ban menghajar lubang jalan maka kawat penguat ban bisa putus.

Bagian ban yang kawatnya putuh menyebabkan area tersebut menjadi lebih rawan. Biasanya area yang putus kawat penguatnya menyebabkan ban menjadi benjol.

Ban yang benjol lebih rentan mengalami pecah ban. So jika ban mobil anda pernah menghajar lobang di cek saja takutnya benjol. Kalau udah benjol mending di ganti.

Tambalan Ban Kurang Bagus

Buat yang menggunakan ban tubeless bukan berarti bebas dari ban bocor. Menambal ban tubeless bocor bisa menyebabkan kawat penguat ban putus. Hal teesebut berlaku untuk tambal ban tubeless tusuk.

Biasanya tambal tubeless dengan cara tusuk melubangi bagian yang bocor lebig besar lagi. Proses melubangi ban agar lubang bocor lebih besar inilah yang bisa menyumbang kerentanan dan bisa menjadi penyebab ban mobil pecah.

Kerikil Pada Tapak Ban

Penyebab ke empat yang membuat ban mobil pecah adalah kerikil yang terselip diantara patern ban. Mungkin kelihatan simpel dan tak berbahaya namun justru anda harus waspada terhadap kerikil yang nancep di sela-sela patern ban.

Apa lagi untuk ban dengan kompon lembut dan kembangan yang rapat. Kerikil yang nyelip dibagian kembangan ban bisa membuat kawat pelindung ban menjadi berkarat.

Dengan kawat ban yang berkarat oromatis kekuatan ban makin lemah dan dengan tenkanan yang tidak mampu di tahan ban, ban bisa pecah.

Itulah bro 4 penyebab ban mobil pecah. Yang patut diwaspadai adalah bagian no 4 karena kita biasanya menggap sepele. Sebaiknya jika ada kerikil yang nyelip di bagian patern ban segera lepas. Mencegah lebih baik dari memperbaiki.

Baca juga info pilihan di bawah ini.

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"