Penyebab Mobil Mendadak Mogok di Jalan Tol
mobil mogok (liputan6)

Penyebab Mobil Mendadak Mogok di Jalan Tol

Diposting pada

Goozir.com – Mudik menjadi rutinitas tahunan para perantau.  Waspada bro jika mobil mendadak  mati, ap lagi sedang di dalam tol. Penyebab mobil mendadak Mogok di jalan bisa di sebabkan oleh beberapa hal.

Sebagai bekal buat sobat yang mau mudik dan melalui tol, perhatikan jika mobil Anda menglami mogok. Berikut goozir kasih beberapa penyebab mobil mogok secara mendadak, jangan panik bro and sis…

Penyebab Mobil Mendadak Mogok

Kunci menghadapi mobil mendadak mati adalah jangan panik. Walaupun anda tidak mengerti daleman mobil. Jika mobil tiba – tiba mogok dan setelah di cek bahan bakar masih banyak berarti ada penyebab lain yang membuat mobil mogok

Baca : 4 Penyebab Ban Mobil Pecah, Waspada No 4

Oli Gearbok Habis

Gearbox menjadi bagian penting mobil dalam perpindahan gigi. saat gearbox kehabisan oli maka kerja gearbox akan terganggu. Cek selalu oli gearbox jangan sampai kehabisan. Untuk kapasitas oli gearbox bisa di lihat pada buku manual kendaraan.

Overheat / Kepanasan

Mobil digeber terus menerus apa lagi mudik bisa bisa membuat mesin mobil overheat. Kalau sudah overheat maka mogoklah mobil.

Cek selalu air radiator sebelum mobil digunakan. Jika kurang bisa ditambahkan air radiator. Overheat yang parah bisa menyebabkan piston leleh atau fungsi menurun bahkan berhenti.

Catalytic Converter Rusak

Katalistik konverter berfungsi mengurangi residu  beracun gas buang, saat bagian ini rusak maka membuat adaptor bermasalah. Knalpot juga akan terbebani sehingga pembungan tidak optimal.

Akibatnya mesin mobil bisa mati mendadak.

Kelistrikan

Penyebab mobil mati mendadak di jalan juga bisa di sebabkan oleh kelistrikan. Bagian kelistrikan yang rentan rusak adalah bagian altenator sebagai penyuplai lisrik ke aki. Saat altenator rusak, suplai listrik ke aki jadi tidak optimal.

Altenator bisa rusak bisa karena usia, misal sudah lebih dari 5 tahun. Selain aitu juga bisa rusak akibat beban kerja yang bertambah misal pasang lampu berlebihan atau audio berlebihan.

Baut

Baut yang proses pengencangannya tidak sama tekananya bisa mengakibatkan mobil mogok. Baut yang dimaksud adalah baut yang digunakan pada bagian mesin. Misal setelah turun mesin pengencangan baut tida sama rata tekananya maka bisa terjadi kebocoran kompresi.

Kebocoran kompresi inilah yang bisa membuat mesin mobil mati mendadak.

Baca juga : 73 Mobil Dengan Mesin Terbaik di dunia 2019

Tips Menghadapi Mobil Mati Mendadak

Apabila anda mengalami mobil mati mendadak maka segera pinggirkan kendaraan Anda. Pasang segitiga pengaman  dan nyalakan lampu hazard.

Itulah tips praktis mengetahu penyebab mobil mendadak mogok di jalanan.

Baca juga info pilihan di bawah ini

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"