Catat..!!! 3 Penyebab Umum Toyota Avanza Overheat

Catat..!!! 3 Penyebab Umum Toyota Avanza Overheat Terbaru

Diposting pada

Goozir.com – Toyota Avanza Overheat? Overheat berarti terllau panas. Artinya keadan suhu mesin melebihi suhe kerja yang direkomendasikan. Avanza Overheat biasanya ditandai dengan indikator temperatur yang meyala terus menerus. Setidaknya ada 3 penyebab umum Toyota Avanza overheat.

Penyebab Toyota Avanza Overheat

Sebagai mobil yang sudah lama dikenal sebagai mobil multifungsi, Avanza banyak diperuntukan bagi mobil keluarga. Harga Toyota Avanza cukup terjangkau sebagai LMPV masih mejadi pilihan banyak keluarga.

Banyak mobil Toyota Avanza yang digunakan keluarga di indonesia sebagai kendaraan untuk mudik ataupun perjalanan jauh. Tak jarang pengguna Avanza ada yang mengalami permasalahan overheat.

Dari kasus yang ada, mungkin 3 hal berikut bisa menjadi penyebab umum Toyota Avanza overheat.

Air Radiator Keruh

Air radiator memiliki peran penting dalam pendinginan mesin. Terkadang pengguna Avanza lupa dengan tidak mengecek kondisi air radiator secara rutin.

Padahal dengan pengecekan rutin bisa diketahui level posisi air radiator.

Apabila terjadi kekurangan pada air radiator tentu pendinginan pada pada mobil tidak akan bekerja secara optimal untuk itu Anda harus menambakan air radiator.

Selain level air radiator, kualitas air pada radiator juga perlu diperhatikan, pastikan air radiator tidak berwarna keruh. Apabila air radiator dirasa sudah cukup keruh segeralah lakukan pengurasan dan menggantinya dengan yang baru.

Selalu gunakan juga air yang memang diperuntukan khusu untuk mengisi radiator, jangan menggunakn air mineral apa lagi air kran karena bisa menimbulkan residu.

Selang Radiator Bocor

Kndisi dari selang radiator juga perlu mendapatkan perhatian khusus. Penggunaan selang radiator yang sudah lama akan mengakibatkan kondisi selang tidak prima lagi, biasanya selang menjadi kaku, retak dan bocor.

Pastikanlah kondisi selang tetap bagus, elastis da tidak retak serta tidak menciut maupun memuai. Kondisi selang rdiator yang mulai rusak akan mberakibat air pada radiator memuai dan mengakibatkan air radiator tersebut menjadi cepat habis.

Air radiator yang habis inilah yang dapat memicu overheat pada toyota avanza karena sistem pendinginan mesin tidak optimal.

Kondisi Radiator Bocor

Setelah air Radiator di kuras, selang radiator juga masih baik, cek juga radiator. Patikan tidak ada bocoran pada radiator sehingga air tidak cepat habis.

Kondisi tutup reservoir juga harus tertutup dengan rapat dan benar. Agar tidak terjadi penguapan yang mengakibatkan air cepat habis dan berefek pada kinerja radiator dalam mendinginkan mesin mobil.

Jika terjadi kebocoran biasanya terlihat ada bekas teteasan air pada bagian di bawah radiator, biasanya berwarna seperti warna air radiator.

Demikian 3 penyebab umum Toyota Avanza overheat. Sealalu lakukan service rutin untuk menjaga radiator dan bagiannya bekerja dengan baik.

Baca juga info pilihan berikut inilah

Follow us

Instagram : GOOZIRBLOG

FB Page : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom