Pilihan Jenis Ban Off-road Untuk Sepeda Motor
Jenis ban off-road (dari kiri ke kanan) : ban Trial, Dul Purpose dan MX

Pilihan Jenis Ban Off-road Untuk Sepeda Motor

Diposting pada

Goozir.com – Memilki motor untuk off-road butuh pilihan ban off-road yang tepat. Ada beberapa pilihan jenis ban off-road untuk sepeda motor yang bisa dipilih sesuai habitat motor yang Anda miliki. Setidaknya ada 3 macam jenis ban tahu/pacul yang bisa digunakan untuk off-road atau trabas dan adventure. Sejauh mana motor digunakan untuk melalui jalanan tanah, model ban pacul yang digunakan juga berbeda.

Pilihan Jenis Ban Off-road Sepeda Motor

Setidaknya ada 3 model ban off-road yang bisa digunakan pada motor adventure / trail. Model ban tersebut disesuaikan dengan jalur yang akan dilalui, apakah seratus persen jalanan tanah atau ada jalanan tanah dan aspal.

1. Ban Trial

Mungkin Anda pernah lihat seorang pengguna motor yang loncat-loncat dari batu satu ke batu lain dengan sepeda motor yang tempat duduknya ceper? Coba perhatikan ban motor yang digunakan.

Jika Anda perhatikan ban yang digunakan memiliki patern kembangan kotak dengan jarak hampir rapat dan teratur. Ban model ini memiliki daya cengkram yang baik di semua kondisi permukaan jalan yang dilewati bahkan dengan luas permukaan yang kecil.

Ban model Trial memiliki dinding samping yang tinggi dan lunak sehingga mudah mengikuti bentuk permukaan jalan yang dilewati. Selain digunakan pada motor Trial ban ini juga bisa digunakan pada motor Scrambler.

2. Ban Dual Purpose

Ban dual purposes atau dual sport biasa digunakan jelajah jalanan tanah maupun jalanan Aspal. Bentuk kembangan biasanya mengkotak dengan bentuk kotak yang melebar. Contoh Aspira Premio Terreno seperti yang digunakan goozir.com

Baca : Review ban Aspira Premio Terreno pada Skutik

Ban model dual purpose memiliki kemampuan melahap jalanan aspal maupun tanah. Namun anda bisa memilih apakah jalanan yang dilalui mayoritas aspal atau mayoritas tanah. Hal tersebut berkaitan dengan pola kembangan yang bisa anda pilih.

Jika jalanan yang Anda lalui sebagian besar jalanan aspal maka kembangan ban yang mengkotak agak lebar  dan lebih rapat bisa anda pilih.

Ban model dual sport banyak digunakan pada motor Scrambler, tourer, supermoto dan sebagainya.

3. Ban Motocross (MX)

Ban motocross memiliki pola kembangan kotak yang renggang. Fungsi kembangan kotak yang kecil namun dalam untuk mendapatkan traksi lebih di jalanan tanah. Apa lagi tanah yang dilalui gembur atau lumpur.

Ban MX ini tidak cocok digunakan pada jalanan aspal karena tidak memiliki grip yang cukup. Jika  dipaksakan jalan di jalanan aspal maka cenderung licin apalagi dijalanan aspal basah. Pola kembangan yang renggang dan luas permukan ban yang kecil yang menyentuh aspal menjadi penyebab tidak direkomendasikannya ban MX untuk jalanan aspal.

Ban model Motocross cocok untuk motor trail yang benar benar khusus untuk trabas.

Last semoga informasi 3 pilihan jenis ban off-road untuk sepeda motor bisa bermanfaat untuk Anda. Tinggal disesuaikan saja mana yang pas di motor Anda sesuai peruntukannya.

Baca juga info pilihan di bawah ini

ikuti goozir di medsos

IG : Goozirblog

Facebook : Goozircom

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"