Pilihan Kiprok DC

Pilihan Kiprok Untuk Ubah Arus AC Jadi DC

Diposting pada

Goozir.com – Untuk biker yang ingin merubah kelistrikan Motor dari AC ( Alternating Current) menjadi DC (Direct Current) harus memilih kiprok yang tepat. Pilihan kiprok untuk ubah arus AC jadi DC pada dasarnya untuk membuat arus listrik menjadi stabil secara keseluruhan. Dengan adanya kiprok yang sudah suport arus DC maka kelistrikan menjadi lebih aman karena suplai yang cukup. Disamping itu dengan kiprok DC kelistrikan bisa dibuat jadi full wafe.

Pilihan Kiprok DC

Walaupun secara umum untuk motor keluaran terbaru sudah mendukung arus DC namun untuk motor model lawas masih menggunakan arus AC. Arus  AC memiliki besaran dan arah arus yang berubah ubah sehingga untuk pemasangan lampu LED misalnya menjadi kurang bagus.

Ciri paling mudah untuk mengetahui motor masih menggunakan arus AC adalah saat di motor di gas lampu depan ikut bertambah terang. jadi saat gas di turunkan lampu depan juga menjadi redup. Sedangkan pada motor dengan arus DC sejak motor dihidupkan lampu depan sudah menyala terang dan tidak terpengaruh dengan tarikan gas.

Sehingga saat di geber pada putaran tingi cahaya lampu depan tetap terang dan saat di turunkan tarikan gasnya lampu tetap menyala terang. arus DC tidak terpengaruh putaran mesin. Berbeda dengan arus AC yang masih terpengaruh putaran mesin karena lampu depan ambil arus dari spul.

baca : Kiprok rusak tanda dan ciri serta cara perbaikan

Kiprok favorit untuk mengubah arus AC jadi DC adalah dengan menggunakan kiprok Honda Tiger atau kiprok Yamaha NMAX.

Pada kiprok Honda Tiger sudah sejak lama terkenal sebagi kiprok modifikasi merubah arus AC jadi DC karena voltase yang besar hampir 15 volt. Kiprok Tiger memiliki 5 kaki dan kaki ke dua untuk memantau voltase. Maksimal voltase kiprok tiger adalah 14,5 V jadi aman buat aki.

Pilihan kedua adalah Kiprok NMAX. Tidak sedikit motor sport yang dimodif arus ac menjadi dc dengan menggunakan kiprok NMAX. Selain mudah di dapat harga juga tidak begitu mahal. Tahu sendiri kan mudahnya beli part motor Yamaha tidak perlu bawa STNK.

Kelebihan arus DC

Sepeda motor yang sudah mengunakan arus DC memiliki kelistikan dengan arus dan arah tidak bolak balik yang stabil sehingga lebih awet. Untuk memasang lampu LED juga lebih mudah dan tentunya lebih terang awet dan konsumsi listrik lebih kecil.

baca juga : Kiprok Xabre rusak ganti dengan kiprok NMAX

Itulah bro and sis pilihan kiprok untuk ubah arus AC jadi DC pada sepeda motor semoga berguna.

Baca juga info pilihan di bawah ini

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"