Rangka dan Mesin Mobil Esemka Impor dari Cina, Pabrik Apa Karoseri?
Mobil Esemka (Antara)

Rangka dan Mesin Mobil Esemka Impor dari Cina, Pabrik Apa Karoseri?

Posted on

Goozir.com – Ternyata Rangka dan Mesin mobil Esemka impor dari Cina. Pabrik Esemka hanya untuk merakit komponen bodi dan interior saja. Apa bedanya dengan karoseri? Kita tahu bahwa karoseri seperti Laksana, Rahayu Santosa dan Adi Putro sudah berpengalaman merakit bodi dan interior bahkan untuk mobil dari Eropa dan Jepang. Nah ini yang kabarnya pabrik mobil nasional tapi rangka dan mesin impor dari Cina dan jika pabrik Esemka kerjanya merakit bodi dan interior maka pabrik tersebut tak berbeda dari sebuah Karoseri.

Rangka dan mesin mobil Esemka Impor dari Cina

Info yang goozir peroleh dari Tempo, bahwa ada 20 rangkaian kontainer yang masuk ke pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) di Boyolali yang digunakan untuk merakit komponen bodi dan interior mobil Esemka. 2 pekan permalam 20 kontainer mengangkut mesin sudah terpasang di rangka saat di impor dari Cina.

Alasan yang digunakan kenapa mesin dan rangka sudah dirakit saat di impor katanya karena pabrik Esemka terlalu kecil sehingga tidak memungkinkan untuk merakit mesin. Menurut mereka memasang satu roda saja butuh 2 orang.

Dengan diketahuinya pabrik Esemka yang hanya menjadi tempat perakitan mobil terutama untuk bagian bodi dan interior maka tidak salah jika kita meyebut pabrik Esemka tak lebih dari sebuah karoseri belaka. Hal tersebut di dasarkan kegiatan kerja karoseri yang juga hanya mengerjakan bodi dan interior saja.

Jika mobil Jepang yang produknya dibuat di Indonesia saja mesin juga sudah diproduksi di Indonesia tidak berani menyebut sebagai mobil nasional (diluar perkara merek) apa tidak malu jika Esemka yang hanya merakit bodi dan Interior dengan mesin dan rangka impor dari Cina nantinya menyebut mobil mereka sebagai mobil nasional?

Dan jika Ya mereka (Esemka) meenyebut mobil mereka sebagai mobil Nasional, kenapa Laksana, Rahayu Sentosa dan Adi Putro tidak diberi kesempatan untuk menyebut mobil buatan mereka sebagai mobil nasional. Apa lagi sasis an mesin yang dikerjakan oleh karoseri tersebut tidak main-main, merek eropa dan Jepang. Sekali lagi ini berdasarkan sistem kerja yang hanya sebagai perakit bodi dan interior saja.

Di atas hanya sekedar opini pribadi penulis saja. kok ya sampai segitunya membela belain bikin mobil apa ada agenda tersembunyi di balik dibuatnya mobil Esemka Ini.

Apa akan ada yang mau beli. Apakah 2020 akan tutup tuh pabrik?

Orang jualan mobil tidak mudah. Wuling saja yang dari Cina menanam modal triliunan di Indonesia membuat dealer dan pelayana after market untuk berjualan. Lah ini dealer belum punya, lah nanti belinya di mana? Kalau rusak mau service dimana?

Tapi kalau 2020 bubar memang ga butuh dealer si, ga laku juga ga masalah.

Kenapa tidak mencontoh Vietnam?

Sebagai pembanding, kita ambil Vietnam yang juga sudah memiliki mobil nasional VinFast. Mereka benar- benar serius menggarap mobil nasional mereka. Mereka berkerja sama dengan BMW untuk mesinnya dan berkerja sama dengan Pininfarina untuk desainnya.

Rangka dan Mesin Mobil Esemka Impor dari Cina, Pabrik Apa Karoseri?
VinFast (cnet)

Bahkan untuk memilih desain yang akan digunakan Vietnam melakukan jajak pendapat nasional. Rakyat di beri 20 desain dan dipilih. Dan jadilah VinFast yang sekarang. Berkarakter desain ciamik mesin BMW. Produk bahkan sudah dilauching di luar negeri dengan membawa David Beckham.

Melihat apa yang di lakukan oleh Vietnam jauh kontras dengan apa yang terjadi di Indonesia dengan Esemka yang kabarnya bakal jadi mobil nasional.

Apa iya Rangka dan Mesin Mobil Esemka Impor dari Cina, pabrik hanya mengerjakan bodi dan interior sudah cukup untuk menyadang titel mobil nasional kedepannya.

Ok bro and sis, itulah opini goozir.com kali ini semoga tidak bikin bingung.

Baca juga info pilihan di bawah ini

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"