Rantai Motor Berisik, Penyebab dan Cara Mengatasi

Rantai Motor Berisik, Penyebab dan Cara Mengatasi

Diposting pada

Goozir.com –  Rantai motor berisik menandakan anda harus lebih memperhatikan kondisi rantai sepeda motor. Bukan hanya dipakai saja tapi juga harus dirawat. Rantai menjadi bagian penting sepeda motor yang menghubungkan mesin dengan roda belakang untuk membuat sepeda motor bisa berjalan. Merawat rantai sepeda motor tidaklah susah dan mahal. Saat rantai motor berisik apa yang harus di lakukan? Berikut tipsnya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Rantai Motor Berisik

Rantai motor berisik biasanya terjadi karena rantai motor kotor. Rantai motor kotor bisa disebabkan oleh debu yang menempel pada rantai. Bisa juga karena oli pada rantai sudah kering. Bisa juga karena sering hujan – hujanan sehingga rantai menjadi berkarat. Sisa air hujan di rantai bisa menimbulkan karat karena mengandung asam.

Cara Mengatasi Rantai Motor Berisik

Rantai motor berisik menjadi kurang enak untuk diajak jalan. Terkadang kita sebagai sesama pengendara motor di jalanan mendengar suara rantai motor yang berisik. Apa yang punya tidak melakukan perawatan? Apa tidak ada waktu buat mebersihkan rantai motor? Padahal mudah dan bisa dilakukan sendiri untuk membersihkan rantai.

Untuk membersihkan rantai sepeda motor agar bisa bersih maskimal bisa dengan cara mencopot rantai kemudian dibersihkan disikat dengan sabun colek atau bisa juga dibersihkan dengan bensin atau solar biar rontok kotoran.

Tapi ingat untuk rantai dengan O ring tidak boleh dibersihkan dengan bensin atau solar karena karet O ring akan melar. Setelah bersih pasang kembali rantai dan jangan lupa melumasi rantai biar lebih awet.

Untuk melumasi rantai selain dengan cairan chain lube bisa juga dengan oli. Bisa oli mesin, dengan catatan oli baru bukan oli bekas. Kalau oli bekas akan percuma karena bakal kotor lagi.

Baca : Modif ganti rantai pakai V-belt pada Vixion, CBR150R, CB150R, Ninja 250

Perawatab rantai penting untuk kenyamanan berkendara dan juga keamanan. Ranatai yang berisik dan dibiarkan lama kelamaan bisa putus dan itu lebih berbahaya kalau dalam posisi kecepatan tinggi.

Itulah bro tips mudah membersihkan rantai motor sehingga rantai motor berisik bisa hilang. Semoga berguna

Baca juga info pilihan di bawah ini

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"