recall r25 series

Recall R25 series

Diposting pada

Recall R25 seriesRecall R25 series secara resmi dilakukan oleh Yamaha Jepang sebagai rasa tanggung jawab terhadap produk yang di pasarkan. Recall dilakukan untuk YZF-R25 series untuk buatan tanggal 6 Oktober 2014 s/d 23 Mei 2016 yang meliputi model YZF-R3A, MT-320, YZF-R25A and MT-250. Permasalahan terjadi pada pompa oli, perangkat transmisi dan selang rem depan. Recall dilakukan lebih dari 15.000 unit.

Beberapa waktu lalu sebenarnya heboh dengan gear pompa oli yang rontok. Kabar tersebut menyebar lewat lini masa sosial media so cepat banget nyebarnya. Mungkin dari itulah Yamaha Jepang bertindak cepat demi melindungi konsumennya. Ini patut di acungi jempol. Jadi pabrikan bertanggung jawab penuh terhadap produk yang dipasarkan.

Sudah saatnya kita berpikir cerdas bukan BC atau apalah. Asal pabrikan bertanggung jawab itu sudah bagus.

Permasalahan yang menyebabkan Yamaha Recall R25 series

  • Oil pump/pompa oliRecall R25 series

Seperti sudah di singgung diatas ada bagian dari pompa oli. Pompa oli ini rentan rusak pada kecepatan tinggi. Jika rusak maka suplai oli tidak maksimal, tekanan oli menurun sehingga penyebaran oli tidak maksimal. Akibat seriusnya tentu over heating pada mesin.

  • Clutch pressure plate/perangkat transmisiRecall R25 series

Saat bearing kopling menjadi rusak selama pengoperasian sepeda motor, dapat berakibat pada kopling yang tidak berfungsi saat di tarik. Akibatnya pergeseran gigi bisa gagal. Bisa dibayangkan jika kopling gagal fungsi.

  • Selang rem depanRecall R25 series

Selang rem depan letaknya terlalu dekat dengan radiator.  Bagian ini tidak berpengaruh pada R25 melainkan pada R25 series lainnya  yaitu YZF-R3A, MT320, YZF-R25A dan MT-25. Jika terus kontak dengan radiator bisa berakibat selang bocor atau rusak. Bahaya kalau selang rem depan bocor. Rem bisa gagal fungsi bro… bahaya..

Penyelesaian untuk ketiga masalah di atas adalah  untuk pompa oli akan dilakukan penggantian pada oil pump dan oil pump idle gear. Kemudian pada permasalahan ke dua, akan dilakuakn pemeriksaan dan penggantian jika memang diperlukan. Untuk masalah selang rem depan akan di buatkan jepitan baru untuk mengamankan selang dari gesekan dengan radiator jika udah bocor /rusak diganti.

Untuk di Indonesia YIMM belum ada konfirmasi mengenai permasalahan recall R25 series. padahal R25 series merupakan buatan Yamaha Indonesia.

UPDATE:

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing akhirnya mengumumkan recall terhadap R25 dan MT25. Untuk waktu pelaksaan akan di umumkan kemudian.

Recall R25 SeriesKepada Yth.

Pelanggan, Pemilik dan Pemakai Yamaha YZF-R25 dan MT25.

Terima kasih atas kepercayaan nya memilih dan membeli Yamaha YZF-R25 dan MT25.

Pada tanggal 14 Juni 2016, Yamaha Motor Company Jepang mengumumkan mengenai perbaikan beberapa komponen pada Yamaha YZF-R25, YZF-R25A, YZF-R3A, MT250 dan MT320.

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, selaku produsen kelima produk global tersebut juga bertanggung jawab untuk menjamin kualitas sepeda motor Anda di Indonesia.

Dalam waktu dekat, kami akan segera mengumumkan tata cara penanganan pelanggan kami. Oleh karena itu, dimohon untuk menunggu sampai persiapan kami selesai. Pengumuman resmi akan kami sampaikan melalui website ini dan jaringan dealer resmi Yamaha.

Kami sangat menghargai bila Anda berkendara mengikuti buku petunjuk pemilik. Silahkan datang ke dealer resmi Yamaha terdekat bilamana Anda memiliki keluhan ini di sepeda motor Anda.

Terima kasih.

Salam Semakin Didepan

Baca juga :

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"