Rem Belakang Ninja 250 Terlalu Pakem, Sebab dan Cara Mengatasi
Rem Belakang Ninja 250 (iwanbanaran)

Rem Belakang Ninja 250 Terlalu Pakem, Sebab dan Cara Mengatasi

Posted on

Goozir.com – Rem Belakang Ninja 250 Terlalu pakem bro and sis. Itulah salah satu keluhan dari pengguna Kawasaki Ninja 250. Mesin berperforma tinggi memang harus di imbangi dengan sektor pengereman yang mumpuni. Namun bagaimana jadinya jika rem yang di gukan kelewat pakem? Ngelock… ya itulah yang akan terjadi. Rem bakal sering ngunci. Dan akibatnya bisa fatal. Rem belakang Ninja 250 ternyata bisa membuat nge-lock roda belakang akibat rem yang terlalu pakem. Kenapa rem belakang Ninja 250 bisa terlalu pakem? Terus bagaimana cara mengatasinya?

Sebab dan cara mengatasi Rem Belakang Ninja 250 Terlalu Pakem

Rem ngeblong bahaya rem terlalu pakem juga bahaya bro and sis. Saat rem terlalu pakem maka saat melakukan pengereman roda yang di rem bisa ngelock. Artinya roda tidak berputar saking kuatnya pengereman. Ini berbahaya. Bukan motor berhenti namun bisa ndolosor. Paling ringan bisa ngepot…. Kalau terampil bisa ga jatuh tapi kalau baru belajar bisa jatuh.

Penyebab dari rem belakang Ninja 250 yang terlalu pakem karena pemakaian kampas rem Original dari Ninja 250. Kemungkinan kampas rem yang digunakan terlalu lunak. Jika terlalu lunak memang lebih nggigit dan pakem namun bisa berbahaya kalau membuat roda nge-lock.

Untuk mengatasi rem belakang Ninja 250 terlalu pakem bisa menggunakan kampas rem yang lebih keras. Sobat bro and sis bisa membeli kampas rem after market yang banyak di jual.

Salah satau kampas rem yang alternatif untuk mengatasi rem yang telalu pakem dari Ninja 250 adalah menggunakan kampas rem Suzuki Satria 120.  Untuk kapas rem aftermarket bisa dibanderol Rp 80-100 ribuan maka untuk kampas rem Suzuki Satria 120 bisa di tebus dengan harga Rp 70 ribuan saja.

Ternyata kepakeman rem dari Kawasaki Ninja juga di terjadi pada adiknya yaitu Ninja 150 2 tak. Ninja 150 2 tak juga memiliki rem belakang yang terlalu pakem. Akibatya juga sama seperti pada Ninja 250 dan penyebabnya juga sama. Untuk solusinya lebih murah dari Ninja 250. Cara mengatasi rem belakang Ninja 150 2 tak yang terlalu pakem bisa menggunakan kampas rem Honda Supra . harganya sekitar Rp 35 ribuan saja.

Sebenarnya dengan melatih feel pengereman dan sudah kulina (sudah terbiasa) memakai Ninja 250, rem belakang yang terlalu pakem bisa di siasati dengan pengereman yang proporsional. Memang tidak mudah. Harus bisa merasakan dan bereaksi dengan cepat terhadap keadaan yang akan di hadapi.

Baca juga info pilihan di bawah ini bro and sis

referensi : gridoto

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"