Review Ban Corsa Platinum R99 Ring 14 Matic

Review Ban Corsa Platinum R99 Ring 14 Matic

Diposting pada

Goozir.com – Review ban Corsa Platinum R99 pada motor matic Xeon GT125. Goozir.com saat ini menggunakan ban Corsa Platinum R99 yang dibeli di PB. Harga Ban Corsa Platinum R99 sepasang harganya 400an ribu rupiah.

Pembelian dan pemasangan pada bulan September akhir 2019. Beli dan pasang di PB. Kenapa beli Corsa Platinum R99?

Review Ban Corsa Platinum R99

Awalnya goozir.com tidak berniat membeli Corsa Platinum R99 melainkan Aspira Premio Sportivo. Namun tenryata PB tidak stok.

Sebelumnya goozir.com menggunakan Aspira Premio Terenno lebih dari 2 tahun dan secara umum puas dengan ban tersebut.

Baca : Review ban Aspira Premio Terreno pada Skutik

Kembali ke pokok bahasan. Karena tidak ada Aspira Premio Sportivo akhirnya melirik beberapa ban merek lain. Liat Michelin, budget tidak cukup.

Oh iya budget yang goozir.com sediakan hanya Rp 500rb jadi harus mencari ban dengan harga dibawah 500rb sepasang.

Liat lagi Pirelli ternyata juga lebih dari budget. Akhirnya tanya harga Corsa Platinum R99 sepasang. Dan ternyata harga sesuai budget.

Akhirnya dieksekusi. Goozir.com membeli ban Corsa Platinum R99 dengan ukuran depan 90/80-14 dan belakan 110/80-14.

Tenryata jika di lihat ukuran lebaranya terlihat lebih besar dari ukuran dilabelnya. Jadi dengan membeli ukuran 110 terlihat seperti 120mm.

Review Ban Corsa Platinum R99
Ban corsa Platinum R99 Ukuran 110/80-14

Tips dari goozir.com sebaikanya kalau beli ban Corsa beli 1 tingkat dibawah ukuran yang di inginkan. Misal ingin beli Corsa 110 sebaikanya beli ukruan 100 saja.

Karena efeknya sedikit merepotkan kecuali kolong motor Anda memang lebar. Setelah dipasang akhirnya goozir.com bisa mengambil beberepa poin yang menarik.

Penampilan

Dari segi penampilan motor terlihat lebih kekar dengan ukuran ban Corsa 110 yang tampak seperti ukuran 120mm. Selain menggunakan ban tapak lebar goozir.com juga sudah mengganti velg ori dengan velg aftermarket Chemco

baca : 

Namun ada efek samping dari penggunaan ban Corsa 110/80-14 dibagian belakang. Yaitu kolong spakbor belakang kegerus oleh ban sehingga sobek dan bolong.

Kolong spakbor deket suspensi ke arah depan kegesrek ban sehingga ngelupas dan lingir-lingirnya sobek jadinya belah.

Hal tersebut kemingkinan karena suspensi terlalu empuk sehingga saat boncengan ban bergesekan dengan kolong spakbor. Kalau buat dikendarai sendiri tidak gesrek.

Goozir.com memang sudah menganti suspensi dengan produk Kayaba Zeto yang ternyata memiliki tingkat keempukan berlebih.

Baca : Review Kayaba Zeto Pada Motor Matic

Kemungkinan dengan menggunakan Suspensi lebih tinggi dan lebih keras bisa mencegah gesekan antara ban dengan kolong spakbor.

Handling

Dari website Corsa Platinum R99 ternyata ban yang dibuat untuk keperluan Touring. Compoundya medium yang diracik khusus sebagai ban premium dengan extra grip dan extra life.

Bagian dinding ban samping dibuat dengan konstruksi semi V-Profile yang kokoh dan menambah daya cengkram dan handling.

Desain telapak ban memang terlihat sporty dengan bentuk memanjang. Selain itu permukaan ban sudah dilengkapi dengan teknologi Blacktooth yang berfungsi menambah daya cengkram dan keawetan ban.

Dilihat dri poin performa dari 1-5 Ban Corsa Platinum R99 memilik nilai Dry grip:5, Wet grip :4, Braking :4, Handling :5, dan tread wear :4.

Bagaimana dengan yang goozir.com rasakan?

Dari segi grip dipermukaan jalan yang kering memang tersa lengket dengan aspal. Sedangkan di permukaan jalan basah selama yang goozir.com rasakan selama kurang lebih 2 bulan masih ok buat jalan basah.

Penggunaan wajar wajar saja saat basah tidak berani cornering eskstrim. Namun kalau kering enak sih buat sedikit miring- miring saat cornering.

Ban Corsa Platinum R99
Ban Corsa Platinum R99 depan ukuran 90/80-14

Untuk jalanan basah saat hujan deras sepertinya perlu digali lebih banyak lagi namun jika melihat profil ban sepertinya si oke-oke saja untuk jalanan basah.

Performa

Dengan grip yang nempel kuat keaspal buat akselerasi memang tergolong cepat. Goozir.com sendiri merasakan enak buat diajak lari kencang.

Pengereman juga cukup enak dan tidak selip walapun digunakan pada permukaan jalan yang basah, itu yang goozir rasakan selam kurang lebih 2 bulan ini mengunakan ban Corsa Platinum R99.

Harga

Dengan harga di angka Rp 400an ribu untuk ukuran 90/80 dan 110/80 ring 14 cukup terjangkau apalagi dengan spek ban yang terlihat cukup baik.

Dari segi tampilan juga tampak bagus dan sporty dan tidak terlalu terlihat sebagai ban dengan harga hanya Rp 400an ribu.

Berikut ukuran ukuran yang tersedia untuk Ban Corsa Platinum R99

Ukuran Ban Corsa Platinum R99

Velg 14 inci : 80/80 T/L, 90/80 T/L, 100/80 T/L,110/8 T/L, 120/70 T/L.

Velg 17 inci : 90/80 T/L, 100/80 T/L, 110/70 T/L, 130/70 T/L

Demikian review CORSA Platinum R99 ukuran 14 inci untuk Xeon GT125 yang sudah digunakan kurang lebih 2 bulan. Semoga berguna.

Baca juga info pilihan di bawah ini

Follow us

IG : GOOZIRBLOG

FB Page : Goozircom

Twitter : Goozircom

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"