Review Pemakaian Sakpole, Aplikasi Bayar Pajak Kendaraan Online

Review Pemakaian Sakpole, Aplikasi Bayar Pajak Kendaraan Online

Posted on

Goozir.com – Bro dan sis pecinta otomotif, bagi sobat yang berdomisili di Jawa Tengah atau ber-KTP  Jawa Tengah kini sudah ada aplikasi pembayaran pajak kendaraan secara online SAKPOLE. Goozir sendiri sudah menggunakan aplikasi tersebut. berikut Review Pemakaian Sakpole aplikasi pembayaran pajak kendaraan secara online yang di kembangkan Polda Jateng.

Review Pemakaian Sakpole oleh goozir.com

Setelah install dari play store kita bisa langsung menggunakan aplikasi ini. Saat akan melakukan pembayaran kita akan di suguhi menu resgistrasi. Dengan isi NIK sesuai KTP dengan mengisi nomor kendaraan sebelumnya. kemudian no rangka 5 digit terakhir.

Saat semua sudah selese kita submit. Dan anehnya no rangka kita tidak sesuai. Kita wajib hubungi no wa untuk melakukan verifikasi no rangka dan identitas secara manual atau datag langsung ke samsat induk dimana kita tinggal

Dari sini sebenarnya sudah terlihat bahwa aplikasi jadi tidak praktis. Dan bikin ribet, dengan aplikasi harusnya kebih mudah. Kalau udah cocok ya sudah langsung ok submit. Keluar billing ga usah pakai konfirmasi data segala.

Itu kelemahan pertama aplikasi Sakpole. Untuk pembayaran dan langakah selanjutanya bisa di baca pada tautan di bawah ini

Baca :     Cara Bayar Pajak Kendaraan Motor Lewat Aplikasi Sakpole

Cetak STNK dari aplikasi Sakpole

Untuk mencetak STNK pengesahan dari pajak kendaraan yang kita bayar melalui aplikasi sakpole kita bisa langsung datang ke Samsat induk yang ada di tiap daerah kabupaten di Jateng. Pengalamana menarik goozir peroleh saat akan melakukan cetak STNK pengesahan dari pembayaran pajak melalui aplikasi Sakpole.

Setelah goozir melakukan pembayaran pajak melalui aplikasi Sakpole pada taggal 10 Juni 2018, akhirnya tanggal 21 Juni Goozir datang ke Samsat paten di kecamatan Sokaraja. Dan setelah beberapa lama menunggu terlihat memang petugas mengalami kesulitan dari gerak – gerik mereka. Terlihat saat mengurus STNK goozir.

Dari gerak gerak mereka sepertinya petugas berusaha mengkonfirmasi bahwa STNK saya bermasalah atau apa saya ga tau. Setelah di poto dan uplod oleh petugas (kayaknya lewat WA) kemudian saya dipanggil,

Petugas : goozir……!

Goozir : Ya Siap… 

Petugas : ini STNK statusnya sudah bayar jadi kami tidak bisa mencetak lembar pengesahan. (tidak muncul apa gitu..)

Goozir : iya pak saya sudah pakai Sakpole untuk bayar pajaknya.

Petugas : ohh pantes… anda harus datang langsung ke samsat Induk…

Goozir : yang di Purwokerto?

Petugas : Iya…

Goozir : ok pak siap…

Dan akhirnya gagal ngeprint STNK pengesahan bayar pajak tahunan di Samsat paten Sokaraja. Keluar samsat geber motor ke samsat Purwokerto. Dari arah terminal lama (sekarang jadi taman) lurus terus ke utara. Ada perempatan yang ada dealer Yamaha Mataram Sakti sebelah kanan, belok kiri. Lokasi Samsat Purwokerto ada di sebelah kiri jalan.

Sampai di Samsat Purwokerto langsung liat antrian banyak bener dan mengular sampai kedepan. Terus saya lihat ada tulisan Sakpole pada bagian pos Jaga satpam. Setelah cari info ternyata disitulah seharunya kita tinggal print tanda bukti lunas bayar pajak dari aplikasi Sakpole.

Namun sayang saya malah di arahin ke belakang di mobil layanan STNK. Di situ goozir harus antri lagi bersama pembayar pajak lainnya. Kok begini ya… (dalam hati..)

Akhirnya ada petugas yang datang entah siapa. Dia berseragam coklat. Sepertinya bukan pegawai biasa. dia ngasih tau kalau pembayaran Pajak kendaraan juga bisa di gerai samsat di Rita supermall depan alun alun Purwokerto. Lokasinya di area ATM center. Buka jam 09:00-21:00 setiap hari.

Terus goozir tanya ke petugas tersebut.

Goozir: pak saya mau ngeprint dari Sakpole bener disini pak..

Petugas : bukan mas… tapi di depan di pos satpam…

Goozir : saya tadi dari sana pak, saya di arahin kesini ke loket dekat mushola.

Petugas : harusnya di pos satpam… ya usdah sini ikut saya….

Saya ikuti petugas tersebut, selama perjalanan

Petugas : pakai sakpole seharusnya cepat ya mas…

Goozir : iya pak, tadi aja di Samsat paten Sokaraja tidak bisa, malah disuruh ke sini. Ehh malah disuruh ngantri lagi.

Petugas : harusnya pakai sakpole lebih cepat ya….

Goozir : iya pak….

Akhirnya nyampe di dalam lewat belakang, masuk, di tunjuklah salah satu petugas oleh petugas yang antar goozir agar mengeprint tanda lunas dari aplikasi Sakpole. Tunjukin bukti pembayaran yang goozir unduh dalam bentuk PDF. Saya kasih HP nya karena belum di print.

Goozir tunggu di luar. Sekitar 4-5 menit petugas datang dan STNK pengesahan bayar pajak sudah di print. Bentuknyanya sesuai bukti bayar. GT125 2014 pajak Rp 218.000.

Kemudian goozir disuruh kirim bukti bayar by WA ke nomor yang sudah di tunjuk. Dan DONE….! Bayar pajak motor goozir.com melalui Sakpole dengan sukses dengan beberapa catatan.

Ada beberap point yang menurut goozir masih lemah dari penggunaan aplikasi Sakpole. Yaitu :

Masih perlu verifikasi manual saat daftar bayar pajak, ini bikin lama dan ribet. Kita harus uplod foto STNK dan KTP by WA. Harusnya udah sesuai ya ok saja. ini terjadi pada goozir, padahal data sudah cocok semua. Mungkin aplikasi ini disetting demikian. Jadi tetep verifikasi manual.

Bintang : 3

Pelayanan Saat ngeprint bukti lunas bayar tidak bisa di sembarang loket online Samsat di daerah polda yang bersangkutan. Bukti goozir tidak bisa print di Sokaraja, dan harus ke Samsat Purwokerto.

Bintang : 3

Loket khusus Sakpole tidak berfungsi di Samsat Purwokerto. Bukti saya di arahkan ke mobil STNK keliling. Untungnya tidak di arahkan ikut antri sama yang lain yang sampai di luaran.

Bintang: 3

Dari review pemakaian Sakpole dari saat daftar sampai cetak lembaran pengesahan bayar, goozir kasih bintang 3 dari seharusnya bintang 5 kalau memuaskan.

Masih perlu perbaikan terutama di sektor pelayanan paska bayar via Sakpole. Seharunya di tiap gerai samsat online bisa print lembar pengesahan dari pembayaran Sakpole. Kalau di cek status sudah bayar yang ada tombol print. Bukan di lempar ke samsat induk.

Kesimpulan :

Berdasar review pemakaian Sakpole, yang goozir alami pelayanan samsat biasa lebih cepat dari penggunaan aplikasi Sakpole. Untuk aplikasi sakpole secara umum sudah bagus, tinggal di tambah security keamanannya mengingat aplikasi ini mengharuskan kita bertransaksi melalui perbankan.

Baca juga info pilihan goozir.com di bawah ini bro and sis

Itulah review pemakaian Sakpole yang masih butuh peningkatan baik secara aplikasi atau pun pelayanan.

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"