Rute Bus AKAP Tujuan Jawa Sumatera Yang Beroperasi Dimasa Corona
Ggambar : kemenhub

Rute Bus AKAP Tujuan Jawa Sumatera Yang Beroperasi Dimasa Corona

Diposting pada

Goozir.com – Sejumlah bus AKAP tujuan Jawa Sumatera sudah beroperasi kembali untuk kebutuhan khusus. Kembali beropersinya Bus AKAP bukan untuk mudik namun hanya untuk mengangkut orang dengan kebutuhan khusus.

Ada 36 PO bus dengan 300 armada yang mendapat izin untuk beroperasi ditengah pandemi korona covid 19. Tidak semua orang bisa menggunakan bus khusus yang dioperasikan. Hanya orang – orang tertentu yang punya tugas dan keperluan khusus.

Kriteria Orang Yang Boleh Naik Bus

Yang berhak melakukan perjalanan dengan bus selama pademi corona adalah orang yang bekerja pada lembaga pemerintah atau swasta dengan tujuan untuk:

  1. Pelayanan percepatan penanganan Covid 19
  2. Pelayanan pertahanan, keamanan dan ketertiban umum
  3. Pelayanan kesehatan
  4. Pelayanan kebutuhan dasar
  5. Pelayanan pendukung kebutuhan dasar
  6. Pelayanan fungsi ekonomi penting

Nah jika Anda termasuk dengan salah satu kriteria di atas maka bisa menggunakan bus AKAP sebagai alat transportasi Anda selama pandemi covid 19.

Syarat Bisa Naik Bus

Namun tidak serta merta Anda bisa naik bus, mandi bawa koper terus beli tiket dan naik bus. Ada persyaratan yang harus Anda penuhi untuk bisa naik bus, yaitu:

  1. Menunjukan surat tugas bagi Aparatur Sipil Negara , TNI, Polri yang ditandatangani minimal pejabat setingkat eselon 2.
  2. Menunjukan Surat tugas bagi pegawai BUMN/BUMD/UPT/Satuan Kerja/organisasi non pemerintah/lembaga usaha yang ditandatangani oleh direksi/kepala kantor.
  3. Menunjukan hasil negatif covid 19 berdasarkan PCR Test/Rapid Test atau surat keterangan sehat dari dinas kesehatan/rumah sakit/puskesmas
  4. Untuk yang tidak mewakili lembaga pemerintah/swasta harus membuat surat pernyataan yang ditandatangani di atas materai oleh kepala desa/lurah setempat
  5. Menunjukan identitas diri yang sah

Melaporkan rencana perjalanan (jadwal berangkat, jadwal pada saat berada di daerah penugasan, serta waktu kepulangan)

Perjalanan menggunakan Bus AKAP tujuan Jawa Sumatera juga bisa dilakukan bagi yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat atau perjalanan orang yang anggota keluarga intinya sakit keras atau meninggal dunia dengan syarat sebagai berikut:

  1. Menunjukan identitas diri yang sah (KTP atau tanda pengenal lainnya)
  2. Menunjukan surat rujukan dari rumah sakit untuk pasien yang akan melakukan pengobatan di tempat lain.
  3. Menunjukan surat keterangan kematian dari tempat almarhum/almarhumah untuk keperluan mengunjungi keluarga yang meninggal dunia.
  4. Menunjukan hasil negatif covid 19 berdasarkan PCR Test/Rapid Test atau surat keterangan sehat dari dinas kesehatan/rumah sakit/puskesmas.

Rute Bus AKAP Tujuan Jawa Sumatera Yang Beroperasi

Untuk rute asal keberangkatan dari wilayah Jakarta semua bus mengangkut penumpang dari terminal bus terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur.

Untuk tujuannya sendiri tidak seperti pada kondisi normal. Jadi tujuan rute bus terbatas.

Untuk wilayah Sumater meliputi : Palembang, Padang dan Bengkulu. Sedangkan kan untuk wilayah Jawa meliputi : Bandung, Cirebon, Tasikmalaya, Purwokerto, Semarang, Solo, Yogyakarta, Ngawi, Surabaya dan Malang.

Harga Tiket Bus Naik

Berlakunya Physical Distancing menyebabkan bus hanya bisa membawa penumpang maksimal 50 persen dari kapasitas normal. Dengan aturan tersebut maka ada penyesuaian terkait dengan harga tiket.

Ada kenaikan tiket dibanding harga normal. Kenaikan tiket mulai dari 50 persen hingga 100 persen.

Contohnya PO SAN jurusan Jakarta-Bengkulu, harga tiket normal Rp 450.000 naik menjadi Rp 675.000

Sumber Alam jurusan Jakarta – Yogyakarta kenaikan harga tiket 100 persen lebih.

Harga tiket menjadi kompromi untuk PO Bus dalam melakukan pelayanan dimasa pandemi korona.

Demikianlah bro info singkat rute bus yang beroperasi di masa korona. semoga berguna

Baca juga info pilihan di bawah ini

Follow us

IG : GOOZIRBLOG

FB Page : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"