RX King Reborn, Nih Kata Yamaha Indonesia
Yamaha RX King (Tribunnews)

RX King Reborn, Nih Kata Yamaha Indonesia

Posted on

Goozir.com – apa kabar bro dan sis semuanya… semoga sehat selalu. Segmen motor jadul gelagatnya sedang  naik daun kembali bro and sis. Baru-baru ini Honda Grand laku 80an juta. RX King gress juga laku puluhan juta. Penjualan Kawasaki W175 juga melebihi ekspektasi. Bagaimana kalau RX king di produksi kemabali alias Yamaha RX King Reborn? Kita tahu peminat RX King hingga saat ini masih cukup besar. komunitasnya juga masih ada.

Tanggapan YIMM berkaitan dengan Yamaha RX King Reborn

Menurut keterangan  General Manager Marketing YIMM Bpk. Eddy Ang, dilansir dari tribunnews, regulasi emisi gas buang menjadi kendala motor lawas untuk di produksi kembali. Itulah hambatan bagi pabrikan.

Motor lawas Yamaha hampir seluruhnya memakai mesin 2 tak dan mesin 2 tak memiliki emisi karbon yang tidak sesuai dengan aturan Euro 3 di Indonesia. secara pabrikan sulit untuk memproduksi ulang jika dihadapkan dengan regulasi emisi gas buang.

Pertimbangan lainnya adalah apakah segmen Vintage / retro alias jadul akan terus menjadi virus yang mewabah atau hanya anget – anget tai ayam? Walaupun begitu Yamaha akan terus mengamati perkembangan pasar.

Jika pun Indonesia mengizinkan diproduksi kembli motor 2 tak dengan menurunkan standar emisi gas buang tidaklah mungkin di lakukan. Hal tersebut adalah sebuah kemunduran. Kalau itu terjadi maka buakan hanya Yamaha dengan RX King, Kawasaki juga akan bangkit dengan Ninja 150 RR dan bisa juga Suzuki akan produksi motor 2 tak mereka kembali.

Secara regulasi tidak memungkinkan untuk Yamaha RX King Reborn, kecuali Yamaha mampu memberikan racikan mesin yang sesuai standar regulasi gas emisi di Indonesia dan tarikan mesin yang tetap galak.

Spesifikasi Yamaha RX King

Yamaha RX King adalah motor laki dari Yamaha yang booming pada jamannya. Tarikan mesin 1 silinder dua tak bikin motor jengat. Motor ini juga punya julukan motor jambret karena jambret menggunakan motor ini untuk aksinya. Pada jamannya RX King buat drag juga banyak menangnya. Lahirlah julukan “RX King Setan” pada dunia balap.

Semua tampak keunggulan RX King yang terlihat kentjang dan kentjang,,,, Berikut spesifikasi Yamaha RX King

Mesin

Yamaha RX King memiliki mesin 2 tak berpendingin udara dengan ukuran bore 58 mm dan stroke 50 mm. kapasitas mesin 132 cc dengan perbandingan kompresi mesin 6,9 : 1. Tipe kopling manual dengan lubricant tipe basah. Jumlah silinder 1 biji dikombinasikan transmisi 5 percepatan. Sistem bahan bakar masih karburator dari Mikuni tipe V26. Kapasitas oli samping 1 liter dengan busi BP 8HS-10, sistem pelumasan Autolube.

Sasis dan suspensi

Tipe rangka RX King double crandle, kapasitas tangki BBM 9,5 liter. Panjang x lebar x tinggi = 1970 x 735 x 1065 mm dengan jarak sumbu roda 1245 mm. jarak terendah ketanah = 160 mm dan tinggi jok 770 mm.  berat kosong RX king 100 kg.

Suspensi depan teleskopik biasa dan suspensi belakang swingarm. Roda depan ukuran 2,75 -18-4 PR dan ukuran roda belakang  3.00 – 18-3 PR.

Performa dan pengereman

Yamaha RX King memiliki power maksimal 18,5 PS pada raungan mesin 9000 rpm dan torsi 1,54 kgf.m pada putaran mesin 8000 rpm. Sistem pengereman roda depan cakram double piston dan rem belakang masih tromol.

Bisa dilihat spesifikasi Yamaha RX King masih memakai mesin 2 tak. Bisa di bilang sudah tidak ada pabrik yang memproduksi mesin 2 tak di Indonesia. nah bagaimana jika Yamaha RX King Reborn? Pakah masih mungkin?

Jadi bagaimana menurut bro dan sis apakah cukup bisa diterima alasan Yamaha tersebut?

Baca juga info pilihan goozir.com di bawah ini bro

Baiklah bro and sis sebagai penutup, Yamaha RX King Reborn sangat tidak mungkin untuk terjadi jika mengikuti regulasi gas emisi yang berlaku di Indonesia askarang.

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"