Sejarah Honda Civic Generasi 1 Hingga Generasi 11

Sejarah Honda Civic Generasi 1 Hingga Generasi 11 Terbaru

Diposting pada

Goozir.com – Sejarah Honda Civic sejak generasi pertama hingga saat ini telah menyusuri waktu menginjak 50 tahun. Sejak 1972 hingga saat ini sudah ada 11 generasi Honda Civic yang beredar diseluruh dunia.

Tentunya Honda Civic bisa bertahan begitu lama bukan tanpa sebab. Desain dan ciri khas tentu menjadi salah satu keunikan walaupun saat ini desain telah berubah lebih menyesuaikan jaman.

Sejarah Honda Civic

Seajrah Honda Civic dimulai Dari saat merek Honda diluncurkan pada tahun 1946 hingga penciptaan Civic pada tahun 1973, Honda dikenal sebagai produsen sepeda motor.
Mereka memproduksi mobil seperti Honda N1300 dan N360 yang berbasis di Jepang.

Tetapi mereka tidak diterima dengan baik karena berbagai alasan termasuk harga tinggi, gaya yang kurang, dan tuduhan cacat.

Honda mempertimbangkan untuk mematikan manufaktur mobil, tetapi mereka memutuskan untuk melakukan satu upaya terakhir
untuk menyimpan merek.

Sejarah Honda Civic

Mereka tahu bahwa mereka perlu melakukan sesuatu yang berbeda kali saat itu, yaitu untuk merancang dan membangun model mutakhir yang tidak hanya berkinerja baik di semua aspek, tetapi juga mengakomodasi
meningkatnya permintaan akan variasi di pasar mobil Jepang.

Tim pengembangan Honda menghabiskan dua tahun brainstorming, meneliti, merancang,teknik, dan membangun mobil ideal yang mencerminkan semua kebutuhan pasar, dan mereka akhirnya memperkenalkannya pada 11 Juli 1972.

Mereka menamainya Civic, yang hadir sebagai “mobil yang dibuat untuk warga dan kota” dan mengukir sejarah Honda Civic hingga saat ini.

Segera setelah debut, Civic meroket dalam popularitas dan mengubah landscap tidak hanya untuk Honda, tetapi juga untuk industri mobil secara keseluruhan.

Keterjangkauan, keandalan, interior yang nyaman, dan akhirnya
teknologi CVCC mutakhir membawa banyak inovasi ke industri, yang pada gilirannya melambungkan Honda ke garis depan teknik mobil dan membantu Honda berubah menjadi tepercaya dan dapat diandalkan di seluruh dunia.

Baca juga : Honda Civic Hatchback RS Terbaru

Honda Civic Generasi Pertama 1972-1979

honda civic generasi pertama

Sejarah Honda Civic dimulai sejak generasi pertama yang diproduksi pada tahun 1972. Honda Civic generasi pertama di Indonesia dikenal dengan Honda Civic Koper.

Meskipun Civic generasi pertama paling baik digambarkan sebagai unembellished dengan hanya fitur yang paling dasar
tersedia, banyak konsumen masih menemukan banyak nilai di dalamnya.

Konsumen merasa bahwa Civics generasi pertama memberikan banyak bang untuk uang dengan harga dasar rendah, keandalan, penghematan bahan bakar, tingkat penyusutan rendah dan interior yang nyaman.

Selama beberapa tahun pertama generasi ini, Honda terutama berfokus pada pengembangan mesin CVCC dan meningkatkan kinerja mesin dasar. Setelah mereka memiliki aspek-aspek tersebut mereka menggeser fokus mereka.

Fokus berikutnya yaitu detail kosmetik dan membuat sedikit perubahan pada tubuh model 1978. Mereka mendesain ulang grille,
memindahkan ventilasi kap mesin dari samping ke belakang, dan menurunkan sinyal belokan ke bumper.

Honda Civic Generasi Dua 1980 – 1983

honda civic generasi kedua

Dikenal dengan Honda Civic Excelelent, Generasi 2 Honda Civic hadir lebih modern dengan model plastik pada lampu bagian depan, belakang dan bumper.

Terlepas dari kenyataan bahwa Honda memberi facelift hanya beberapa tahun sebelumnya, mereka masih melakukan perubahan model penuh
ketika generasi kedua bergulir pada tahun 1980.

Generasi baru Civic menerima bodi yang lebih ramping, interior yang lebih nyaman, jarak sumbu roda yang lebih besar, sistem suspensi yang ditingkatkan, dan penghematan bahan bakar yang lebih baik.

Honda Civic model 1980 menerima peringkat EPA dari 36 kota
MPG dan 49 MPG jalan raya, meningkat 9% di atas model 1979. Salah satu alasan di balik peningkatan
kinerja dan peningkatan penghematan bahan bakar pada generasi ini adalah fakta bahwa Honda mengubah CVCC
desain dan memasukkannya ke semua Civics baru.

Honda memulai generasi kedua hanya dengan satu model bodi yaitu hatchback, karena mereka telah menjatuhkan sedan dua pintu dari generasi pertama.

Pembeli model 1980 dapat memilih antara tiga pintu
hatchback dan hatchback lima pintu. Namun, Honda memperkenalkan sedan empat pintu dan bodi station wagon pada tahun 1981.

Pada tahun 1982, Civic mengalami facelift lain yang menampilkan lampu depan persegi panjang, grille baru, dan lebih besar
bumper plastik.

Civic generasi kedua datang dengan sejumlah tingkat trim, yang paling terkenal adalah FE (bahan bakar ekonomi) dan trim olahraga S.

Tingkat trim dasar mendapat transmisi manual empat kecepatan, sementara lima kecepatan transmisi manual disediakan untuk trim yang lebih mewah. Trim S muncul pada tahun 1983, dan menampilkan bagian kinerja yang ditingkatkan seperti sistem suspensi yang lebih tegas, bilah stabilizer belakang dan 13″ Ban Michelin.

Honda Civic Generasi Tiga 1984 -1987

honda civic generasi ketiga

Generasi ke tiga Honda Civic memiliki sebutan Civic Wonder di Indonesia. Pada tahun 1984, Honda memulai generasi ketiga dengan Civic baru.

Mereka memutuskan untuk mendesain ulang dengan tujuan memaksimalkan ruang interior dan meminimalkan ruang untuk mekanisme mobil. Thier
desain baru yang revolusioner sangat sukses sehingga memenangkan European Torino-Piedmonte Car Design Award dan Penghargaan Car of the Year Jepang pada tahun 1984.

Baca juga : Harga Honda Civic Estilo Wonder, Nouva Bekas

Yang terpenting, desain baru membuat Civic semakin populer. Civic 1984 menerima atap yang diperpanjang, dan jarak sumbu rodanya tumbuh sebesar lima inci.

Honda juga membuang level trim FE, tetapi untuk alasan yang baik. Pada titik ini, efisiensi bahan bakar Civic dianggap hebat. Bahkan, model 1984 keluar menjdi yang teratas dalam uji efisiensi bahan bakar yang dilakukan oleh Badan Perlindungan Lingkungan.

Ketika 1986 bergulir, Honda memberikan Civic pembaruan kosmetik kecil, termasuk penutup roda baru desain dan lampu depan yang dipasang di flush.

Pada tahun 1987, Honda menerapkan sistem 4WD otomatis yang
memungkinkan roda belakang untuk terlibat secara otomatis setelah roda depan kehilangan traksi.

Honda Civic Generasi Empat 1988 – 1991

honda civic generasi keempat

Generasi ke 4 Honda Civic disebut dengan Grand Civic. Pada tahun 1984, Honda memutuskan untuk mengembangkan mesin yang efektif dengan teknologi terbaru untuk pasar, sehingga mereka mendirikan program New Concept Engine.

Lima tahun kemudian, program akhirnya menyempurnakan teknologi yang dibutuhkan setiap pengemudi: Variable Valve Timing dan Lift Electronic Control (VTEC). VTEC memberikan tingkat kinerja dan efisiensi bahan bakar yang sama sekali baru untuk mesin yang ringkas.

Keluarga mesin VTEC menandai salah satu perubahan terbesar pada generasi keempat. VTEC sangat baik diterima oleh driver Civic secara global, yang bukan kejutan.

Mesin VTEC memberikan penghematan bahan bakar yang lebih baik,
idle lebih halus, dan start-up yang lebih mudah.

1989 adalah tahun yang baik untuk VTEC. Civic SiR, yang menampung mesin revolusioner, dibawa pulang Golden Steering Wheel Award (dari surat kabar Jerman) dan peringkat kualitas tertinggi dan
mobil paling dapat diandalkan dalam survei yang dilakukan oleh “L’Automobile Magazine” Prancis.

Honda Civic Generasi Lima 1991 – 1995

honda civic generasi kelima

Generasi kelima Honda Civic dikenal dengan Honda Genio. Civic memulai generasi kelima pada tahun 1992 dengan beberapa penghargaan “Car of the Year Japan”.

Semua pembeli Civic generasi kelima harus menikmati desain aerodinamis futuristik baru yang mencakup jarak sumbu roda yang meningkat sekali lagi, kesenjangan yang lebih sedikit, dan jahitan yang lebih ketat.

Garis bodi yang lebih halus dan konstruksi yang kuat menyebabkan berkurangnya kebisingan drag dan cabin, serta platform yang solid untuk sistem suspensi.

Pada tahun 1993, Honda memperkenalkan model baru, Civic coupe, yang merupakan coupe dua pintu pertama pada sejarah Honda Civic yang tersedia dalam tiga tingkat trim yang berbeda yaitu DX, EX, dan EX-S.

Pada tahun 1995 – tahun terakhir generasi kelima – Honda mencapai tonggak utama Civic yaitu produksi di seluruh dunia melebihi 10 juta unit.

Honda Civic Generasi Enam 1995 – 2000

honda civic generasi keenam

Generasi Keenam Honda Civic di Indonesia dikenal dengan Honda Civic Verio. Generasi 6 Honda Civic lahr pada September 1995

Honda Civic gen 6 didesain ulang dengan teknologi baru termasuk Mesin VTEC tiga tahap baru dengan output tinggi dan efisiensi bahan bakar tinggi (mulai dari 106 tenaga kuda dan 39 mpg kota/45 mpg jalan raya)

Kemudian sistem transmisi CVT baru yang disebut Multimatic, yang dirancang untuk menciptakan perjalanan yang lebih lancar menyerap guncangan selama perpindahan gigi.

Dalam sejarah Honda Civic, generasi 6 tersedia dalm model Hatcback dan sedan sayangnya yang masuk Indonesia hanya model Sedan.

Honda Civic Generasi Tujuh 2000 – 2005

honda civic generasi ketujuh

Honda menyapa milenium baru dengan berita menarik: mereka telah secara resmi mengubah Civic menjadi sebuah mobil kompak.

Cukup lucu, Honda membawa jarak sumbu roda 103,2″ dari generasi sebelumnya, tetapi Panjang keseluruhan Civic meningkat antara satu sampai empat inci, tergantung pada bodi mobil.

Civic memulai tahun pertamanya sebagai mobil kompak dengan beberapa peningkatan kinerja yang bagus. Honda mendapat menyingkirkan sistem suspensi depan control-arm dan menggantinya dengan pengaturan strut untuk menurunkan biaya dan untuk memberikan ruang lebih untuk mesin Baru Honda K-series.

Pada tahun 2002, Honda sedikit meningkatkan handling civic dan kualitas berkendara dengan sistem suspensi yang ditingkatkan
dan kotak kemudi yang direvisi, serta lebih senyap dengan bahan peredam yang ditingkatkan.

Pada musim semi 2002, Honda meluncurkan Civic versi hybrid sebagai model 2003. Civic Hybrid 2003 adalah kendaraan pertama yang menerima
sertifikat Advanced Technology Partial Zero-Emissions Vehicle (AT-PZEV) dari California Air Papan Sumber Daya (CARB).

Honda menambahkan kursi yang dapat disesuaikan tinggi ke sedan Civic Hybrid pada tahun 2004, dan terus meningkat model sampai mereka menghentikannya pada tahun 2015.

Penjualan yang buruk sebagai alasan di balik keputusan Honda untuk
mendiscontinue Civic Hybrid. Meski dihentikan, Honda tetap membuka jalan dalam efisiensi bahan bakar dan teknologi hibrida dengan Honda Civic GX dan hibrida lainnya.

Honda Civic Generasi Delapan 2006 – 2011

honda civic generasi kedelapan

Disinilah sejarah Honda Civic FD dimulai. Fitur aerodinamis futuristik memimpin jalan untuk model Civic 2006. Jika dibandingkan dengan model 2005, model 2006 menunjukkan perbedaan yang nyata.

Honda memperpendek kap mesin, memperluas kaca depan, meningkatkan
ruang jendela kursi belakang, dan penambahan sayap belakang.

Honda tidak hanya mengubah gaya Civic. Mereka juga membuat perubahan positif pada kinerja mobil,penghematan bahan bakar, dan keselamatan.

Semua model dalam generasi ini mendapat kontrol stabilitas, berbagai kantung udara, dan mesin BARU DOHC i-VTEC yang berkinerja seperti mesin besar dengan efisiensi seperti mesin kecil.

Pada tahun 2008, Honda merilis 1.000 unit sedan Mugen Si, yang merupakan versi beefed-up dari tingkat trim yang sudah berkinerja tinggi.

Honda Civic Generasi Sembilan 2012 – 2016

honda civic generasi kesembilan

Generasi 9 Honda Civic walaupun diberikan fitur baru namun kurang diminati di Indonesia.

Terlepas dari semua perubahan menarik itu, banyak konsumen memandang Civic 2012 kurang nyaman. Honda pun segera merespons dengan memberikan Civic facelift tepat pada waktunya untuk
Rilis model 2013.

Facelift membawa banyak perubahan, yang paling terkenal adalah:
Kamera cadangan, Kontrol Bluetooth, peningkatan kualitas dan penanganan perjalanan serta peningkatan kualitas material interior

Kemudian Honda membawa lebih banyak penyempurnaan interior dan peningkatan lainnya ke model 2014,meliputi Monitor blind spot, LaneWatch, Entri Cerdas dengan tombol tekan mulai, Transmisi CVT baru untuk model bertenaga bensin, dan bagian eksterior restyled (misalnya, grille, hood, lampu depan, dll.)

Honda Civic Generasi Sepuluh 2016 – 2021

honda civic generasi kesepuluh

Honda memulai generasi kesepuluh pada tahun 2016 dengan sebuah kejutan. Mereka akhirnya melakukan apa yang mereka tidak mampu lakukan empat tahun sebelumnya yaitu mereka rilis Civic dengan model mobil ukuran menengah.

Tidak mengherankan karena pada saat ini, Civic telah diragukan lagi matang melewati tahap ekonomis. Meskipun MSRP-nya tetap terjangkau,
2016 Civic mengusung banyak fitur menarik juga ditemukan pada model Honda yang lebih mahal.

Meskipun Honda meningkatan baja kelas lebih tinggi untuk generasi kesepuluh, model 2016 masih 68 pon lebih ringan dari model tahun sebelumnya.

Untuk mengimbangi bobot yang lebih ringan dan meningkat
penanganan, Honda memperpanjang jarak sumbu roda, meningkatkan kolom kemudi, dan menurunkan bagian tengah
gravitasi 6 inci.

Honda juga membuat standar rem cakram belakang di semua model Civic. Civic terbukti berada di antara paling aman di kelasnya dengan teknologi SENSING mutakhir Honda yang dipasang di dalam mobil.

Terakhir, tapi tidak kalah pentingnya, mesin baru diluncurkan yaitu mesin I4 langsung disuntikkan turbocharged dikawinkan dengan transmisi CVT.

Honda Civi Generasi Sebelas 2021 – sekarang

honda civic generasi kesebelas

Honda Civic generasi ke-11 hadir dengan rangkaian sistem driving assistance Honda Sensing yang lebih lengkap. Honda Civic memiliki fitur Traffic Jam Assist, Adaptive Cruise Control yang telah direvisi, dan sistem Lane Keep Assist, sebagai standar.

Tipe terendahnya dibekali mesin empat silinder 2.000 cc naturally aspirated. Mesin yang dikawinkan dengan transmisi CVT itu memiliki tenaga maksimal hingga 158 daya kuda.

Perlengkapan baru Honda Civic gen 11 termasuk sistem infotainment 7 inci dengan Android Auto dan Apple CarPlay, instrumen cluster sebagian digital, dan lampu depan LED.

Jika ingin yang lebih bertenaga, ada trim EX yang dibekali dibekali dengan mesin 1.500 cc turbo empat silinder bertenaga 180 daya kuda dengan transmisi CVT. Honda mengklaim penggunaan CVT mengalami peningkatan respons yang lebih baik.

Selain itu ada Civic trim Touring sebagai tipe tertinggi dengan tambahan jok berbalut kulit yang bisa diatur posisinya secara elektrik, layar hiburan 9 inchi dengan sistem navigasi, Apple CarPlay dan Android Auto, sistem audio Bose, instrument cluster digital 10,2 inchi, hingga pengisian daya ponsel nirkabel.

Demikian bro and sis sejarah Honda Civic dari generasi pertama 1972 hingga saat ini, semoga berguna.


baca juga info pilihan berikut ini

Follow us bro…

 
 

IG : Goozirblog

Facebook : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom

Youtube : Goozirblog