Waktu Service Injektor Motor Honda Yamaha dan Suzuki

Kapan Service Injektor Motor Honda Yamaha dan Suzuki

Posted on

Goozir.com – Motor Injeksi menjadi sepeda motor paling mudah perawatan. Cukup mengganti oli secara berkala, ganti filter oli dan filter udara. Sangat praktis dan mudah. Namun ada yang terkadang luput dari perhatian yaitu service Injektor. Injektor dan throttle body menjadi bagian penting untuk sebuah motor injeksi. Setelah pemakaian beberapa waktu Injektor dan throttle body menjadi kotor, apa lagi dengan penggunaan BBM berkualitas rendah. Kapan waktu yang pas untuk service injektor motor?

Kapan Waktu Service Injektor  Motor Injeksi ?

Jika ada pertanyaan kapan waktu yang tepat service Injektor motor Injeksi? Maka jawabanya tidak pasti alias tergantung. Ya  kalau udah jawabannya tergantung biasanya orang sudah malas nerusin baca. Tapi memang keadaan demikian. Ada faktor yang menyebabkan kapan waktu membersihkan Injektor motor injeksi tidak bisa di pastikan.

  • Standar bahan bakar

Bahan bakar mempengaruhi kapan pembersihan injektor berkala pada sepeda motor. Semakin rendah kualitas bahan bakar yang digunakan maka biasanya injektor cepat kotor. Demikian juga throttle body. Semakin berkualitas bahan bakar yang digunakan maka service injektor secara berkala bisa lebih lama.  Kualitas bahan bakar di tandai dengan nilai oktan, makin besar nilai oktan maka bahan bakar makin berkualitas Namun jangan salah kaprah ya. Biar bagus dan awet motor jaman old dikasih pertamax turbo. Bukan salah tapi kurang tepat. Yang baik adalah guankan bahan bakar sesuai kompresi mesin motor sobat.

Baca : Tips memilih bensin sesuai kompresi mesin

  • Merek Sepeda Motor

Merek sepeda motor juga mempengaruhi kapan waktu service injektor motor injeksi. Beda ATPM beda ketentuan kapan harus membersihkan injektor dan komponennya. Nah inilah yang menjadi pokok bahasan goozir kali ini. untuk itu yuk kita lihat sama-sama bagaimana pabrikan menentukan kapan service injektor pada motor keluarannya.

Waktu service Injektor motor Honda

kerak sisa pembakaran dan bahan tambahan pada bahan bakar menjadi biang yang mengotori atau menyumbat lubang injektor pada motor injeksi. Letak injektor yang dekat dengan ruang bakar menyebabkan hal tersebut, sisa pembakaran bisa mengotori injektor. Pada motor Honda ini yang menarik bro and sis. Jadi menurut Honda, untuk motor Honda letak injektor jauh dari ruang bakar. Sehingga Honda tidak menyarankan untuk membersihkan injektor secara rutin. Itu untuk kondisi motor yangs sering di pakai. Namun sebaliknya jika motor lama tidak dipakai atau jarang banget dipakai, maka harus di bersihkan injektornya. Waktu Service Injektor Motor Honda Yamaha dan Suzuki Motor yang lama tidak digunakan menyebabkan sisa bahan bakar yang menempel pada saluran bahan bakar berubah menjadi deposit. Atas dasar itu pula Honda berani kasih garansi 50.000 km / 5 tahu untuk sistem injeksi. Jika dalam waktu garansi tersebut sistem injeksi ada yang rusak maka akan langsung ditangani atau diganti secara free. Jika dilihat pengalaman besosial media memang belum pernah melihat curhatan atau komplain masalah injektor pada motor Honda.

Waktu service Injektor motor Yamaha

Yamaha menyarankan untuk melakukan perawatan sistem injeksi dalam hal ini injektor dan TB untuk dibersihkan setiap 10.000 km atau setahun sekali. Namun jika konsumsi bahan bakarnya kualitas rendah maka bisa lebih cepat dari ketentuan yang disarankan. Pemebersihan sistem injeksi sendiri akan membuat aliran bahan bakar lebih sempurna dan lebih fokus. Sehingga pembakaran juga lebih baik. sistem injeksi yang kotor juga menyebabakan emisi gas buang menjadi jelek.

Waktu Service Injektor Motor Suzuki

Lain lagi dengan pabrikan Suzuki, Suzuki menyarankan maksimal setiap 20 ribu kilometer sekali untuk melakukan pembersihan injektor. Namun jika motor sering mengkonsumsi bahan bakar kualitas rendah dan performa motor juga terasa menurun maka service Injektor motor Suzuki  bisa lebih cepat dari waktu yang disarankan. Sebalikanya jika sudah menempuh jarak 20 ribu kilometer namun tidak ada masalah, performa motor tetap prima maka service injektor tidak perlu dilakukan juga tidak mengapa.

Biaya Service Injektor motor Injeksi

Untuk biaya service Injektor motor injeksi umumnya bervariasi. Dibengkel resmi Suzuki, service injektor di banderol Rp 30 ribu saja. sedangkana di Yamaha berdarakan pengalaman goozir sekitar Rp 90 ribu sudahs service ringan plus service sistem injeksi (motor matic). Sedangkan untuk honda sekitar Rp 100 ribu hingga 220 ribu untuk service ringan dan sistem injeksi. Harga mungkin saja berubah, untuk lebih jelasnya bisa datangi langsung dealer resmi masing masing pabrikan. Dari uraian di atas bisa di ambil beberapa point penting waktu service Injektor motor Injeksi yaitu

  • Service sistem injeksi dilakukan dalam jangka waktu per 10-20 ribu km sekali.
  • Jika sering meminum BBM kualitas rendah atau performa motor turun maka bisa lebih cepat dari waktu yang disarankan.
  • Biaya service Injeksi berbeda untuk masing-masing ATPM sesuai ketentuan masing-masing.

Baca juga info pilihan di bawah ini bro and sis

  Perawatan motor injeksi memang harus dilakukan untuk menjaga performa dan part dalam kondisi terbaik termasuk service injektor motor. Semoga berguna…

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"