Cara Mengatasi Starter Beat Karbu Jedeg Jedeg

Cara Mengatasi Starter Beat Karbu Jedeg Jedeg

Diposting pada

Goozir.com – Starter Beat Karbu hanya bunyi jedeg-jedeg merupakan masalah klasik. Jadi saat Beat karbu distarter hanya bunyi jedeg jedeg pada bagian bawah jok. Permasalahannya motor tidak mau hidup dan kalaupun harus ganti part harus merogoh kocek ratusan ribu rupiah.

Starter Beat Karbu jedeg jedeg akibat kerusakan pada CDI. Jadi saat mengerem dengan rem belakang atau depan arus dari kontak akan disalurkan ke lampu rem sekaligus paralel ke CDI.

Dari CDI tersebut ada konektor yang menuju relai starter (bendix). Bunyi jedeg-jedeg tersebut berasal dari bendix yang kekurangan suplai dari CDI.

Arus dari lampu rem belakang ke CDI mengalir melalui kabel warna kuning lerek hijau. Kemudian di CDI mengaktifkan relay dan menghantarkan arus ground (negatif) ke bendix melalui kabel kuning lerek merah.

baca juga : Kode Error 52 Honda BeAT, Penyebab dan Perbaikan

Saat terjadi bunyi jedeg jedeg di bendix karena relay dalam CDI lemah sehingga aliran arus negatif menjadi kurang maksimal, maka bendix bunyi jedeg-jedeg.

Bendixnya tidak rusak, untuk membuktikannya bisa menggunakan gunting dengn menghubungkan arus negatif dan positif secara langsung saat starter dalam posisi ON. Motor bisa hidup dengn baik dan greng.

Mengatasi Starter Beat Karbu Jedeg Jedeg

Untuk mengatasi permasalahan starter bet karbu jedeg jedeg jika punya uang bisa ganti CDI namun jika tidak punya maka bisa melakukan jumper dengan cara sambung arus negatif ke aki.

Caranya Anda ambil kabel kuning lerek hijau dari sub konektor CDI, kalau susah Anda bisa memotongnya.

baca juga : Harga dan Spesifikasi Honda Beat Terbaru

Pada bendix potong 2 kabel yaitu kuning lerek merah dan warna merah.

Kupas kabel yang mau dijumper

Kabel merah atau kuning lerek merah (pilih salah satu) sambung ke kabel kuning lerek hijau dari CDI yang dicopot tadi. Amankan dengan mengisolasinya.

Sisa kabel yang dari bendix sambungkan ke kutub negatif pada aki, Anda tambahkan sambungan kabel untuk memperpanjangnya.

Kemudian starter motor dan jreng, motor hidup dengan mudah.

Tidak perlu beli CDI yang mahal ataupun beli bendix, uang 100ribuan aman hanya perlu modal kabel bekas saja.

Untuk lebih jelas bisa lihat vidieo di sini

Demikian cara mudah mengatasi starter Beat Karbu jedeg – jedeg, semoga berguna.

Baca juga info pilihan berikut ini

Follow goozir.com

IG : GOOZIRBLOG

FB Page : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom