Starter Elektrik Motor Ngadat, Penyebab dan Cara Mengatasi
Starter elektrik motor

Starter Elektrik Motor Ngadat, Penyebab dan Cara Mengatasi

Diposting pada

Goozir.com – Pernahkan sobat mengalami starter elektrik motor ngadat? Lagi buru-buru motor di starter ngadat, sehingga sepeda motor tidak mau hidup?  Padahal klakson bunyi nyaring, lampu senja hidup, indikator mesin normal tapi motor tidak bisa distarter listrik. Atau saat starter di pencet Cuma ada bunyi cetek cetek.

Ternyata ada penyebab dan cara mengatasi yang bisa dilakuakn secara mudah bro and sis.

Penyebab Starter Elektrik Motor Ngadat

Penyebab yang paling umum terjadi kenapa starter ngadat adalah karena kotor. Kotoran atau kerak yang nempel di switch menghalangi aliran listrik ke dinamo.

Goozir sendiri pernah mengalami. Waktu itu karena saklar starter kotor atau bisa juga kerana habis di cuci jadi ada sisa cucian yang masuk ke tombol starter. Sisa air sabun juga bisa membuat tombol starter ngadat.

Penyebab kotor lainnya bisa karena debu kemudian kesiram air entah hujan atau saat di cuci. Sehingga mengendap dan membuat starter ngadat.

Setelah mengetahui penyebabnya tindakan selanjutnya adalah cara mengatasinya bagaimana?

Cara Mengatasi Starter Elektrik Ngadat

Sebagai pertolongan pertama karena mungkin anda buru – buru adalah dengan meyemprotkan cairan penetran (WD40, STP dan sejenisnya). Cari atau pinjam tetangga sebagai pertolongan pertama.

Caranya dengan meyemprot langsung pada celah starter hingga starter listrik tidak ngadat lagi dan bisa menghidupkan mesin motor.

baca juga : Cara Mengatasi Brebet Motor Injeksi, Cek Bagian Ini

Jika cara tersebut berhasil biasanya bisa bertahan beberapa waktu. Namun jika gejala ngadat kembali muncul dalam jangak waktu yang pendek anda harus membongkar starter elektrik tersebut.

Lepaskan switch dari rumahnya, lepas per pada switch dan bersihkan konektor dengan cairan penetran. Jika cairan penetran tidak ada maka bisa menggunakan amplas halus untuk membersihkannya.

Jangan lupa untuk merakit kembali dan pasang kemabli ya. Setelah dibersihkan dan di rapikan kembali dicoba, bila berhasil maka selamat anda sudah bisa melakukan perawatan motor sendiri. Semoga awet bro and sis.

Itulah penyebab dan cara mengatasi starter elektrik motor yang ngadat. Semoga berguna…

Baca juga info pilihan di bawah ini bro and sis

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"