Suasana lebaran di desa Somakaton

Suasana lebaran di desa Somakaton

Diposting pada

Suasana  lebaran di desa SomakatonSuasana lebaran di desa Somakaton  menjadi istimewa saat kita bisa merayakannya. Desa Somakaton merupakan salah satu Desa di Kecamatan somagede Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Terletak di dekat alian sungai Serayu yang terkenal. Sebagian besar anak muda di desa ini pergi merantau. Jadi jangan harap menemukan pemuda di desa ini kecuali yang masih sekolah, terutama  di luar hari lebaran.

Lebaran menjadi  salah satu moment bagi seluruh anak muda yang kebanyakn merantau untuk berkumpul. Salah satu acara yang banyak di ikuti saat lebaran adalah sholat Ied yang diadakan di lapangan.

Suasana lebaran di desa Somakaton Banyumas

Masyarakat berbondong bondong ke lapangan untuk melaksanakan sholat. Tua muda bercampur dan boleh dibilang sebagian besar adalah anak muda desa ini. pelasnaannya sendiri dilakukan secara bergotong royong dengan secara bersama sama  menyiapakan perlengkapan mulai alas sholat. Tali rafia untuk penunjuk kiblat dan lainnya.

Pelaksanaan  sholat Ied Fitri di desa Somakaton ini sebernarnya dilakuakan di dua tempat satu di masjid dan satu lagi di lapangan.  Jam 07:00 sholat Ied Fitri di mulai. Dilanjutkan dengan khotbah Ied dan saling maaf memaafkan. Untuk atur salam maaf khususnya antara kaum wanita dan pria di wakili oleh masing masing perwakilan dari kaum wanita dan pria. Setelah itu dilanjutkan dengan salam salaman berkeliling. Untuk pria dengan pria dan wanita dengan wanita.

baca : MUDIK 2016 : lintas selatan mulus

Untuk keluarga goozir .com sendiri sehabis sholat Ied Fitri pulangnya  mampir ke sanak keluarga lainnya. Ada Uwa, paman dan bibi.  Diselingi dengan makan di masng-masing rumah. Entah ngemil ataupun makan ketupat. Pulang shalat Ied kenyang  he 😀

Itulah suasana lebaran di desa Somakaton. Dengan segala kegiatannya. Secara umum sama dengan acara di daerah lain.

Baca juga :

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"