Suzuki Satria F150 injeksi Turbo charger

Suzuki Satria F150 injeksi Turbo charger

Diposting pada

Suzuki Satria F150 injeksi Turbo chargerSuzuki Satria F150 injeksi Turbo charger mejeng di Pekan Raya Jakarta. Kalau di Kawasaki H2 ada supercharger nah di Satria F150 Injeksi ini pakai Turbo charger. Motor tersebut merupakan hasil modifikasi. Jadi bukan asli bawaan dan dipasarkan pabrik Suzuki. Dengan memakai turbo charger dipastikan power akan bertambah dan mesin makin galak.

Turbo charger sendiri merupakan sebuah kompresor sentrifugal yang mendapat daya dari turbin dimana sumber tenaganya berasal dari asap gas buang kendaraan. Manfaat turbo charger sendiri untuk memberikan asupan udara pada saat proses pembakaran di dalam mesin.

Pada putaran rendah kebutuhan udara di dalam mesin masih dapat dicukupi oleh daya hisap piston dalam silinder dengan memanfaatkan kevakuman. Namun pada saat mesin berputar cepat sistem kevakuman tidak dapat berkerja dengan baik. Pasalnya saat piston menghisap udara, udara belum masuk sempurna piston sudah mendorong lagi. Jadi terjadi kekurangn pasokan udara saat putaran mesin tinggi. Sehingga mesin tidak dapat melakukan pembakaran dengan sempurna.

Disinilah peran turbo charger tersebut. Turbo charger menyediakan udara ke dalam ruang bakar. Sudah disebutkan di atas bahwa Turbo charger adalah sebuah kompresor sentrifugal. Sudah tau kan fungsi kompresor?  Di sini turbo charger menghisap udara segar kemudian dihembuskan dengan kuat kedalam saluran intake manifold mesin sehingga tibul tekanan udara. Saat intake terbuka, udara akan masuk ke ruang bakar tanpa perlu disedot oleh sistem kevakuman akibat gerak hisap piston. Hasilnya udara yang dimampatkan dalam silinder lebih banyak.

Putaran tinggi mesin dicampur dengan asupan udara yang cukup dan bahan bakar kemudian di berikan api dari busi blurrrrrr….  terjadi ledakan dalam mesin yang mampu mendorong piston dan memutar poros engkol.

Kurang lebih seperti itu cara kerja turbo charger pada motor. Untuk lebih memaksimalkan kinerja turbo charger biasanya ditambahkan intercooler yang dipasang antara turbo charger dengan saluran intake mesin sebelum throttle body. Intercoocler ini berfungsi mendinginkan udara/ menurunkan suhu udara yang dihembuskan turbo charger menuju saluran intake mesin. Udara yang lebih dingin membuat kandungan molekul oksigen lebih rapat dan padat, sehingga power dan efisiensi bahan akar meningkat secara bersamaan.

Suzuki Satria F150 injeksi Turbo charger pastilah memiliki power lebih besar lagi. Yang standar saja di klaim memilki power lebih tinggi dibannding dengan motor lain sekelasnya wlaupun diajang balap Suzuki Injeksi belum bisa berbuat banyak.

Itulah Suzuki Satria F150 injeksi Turbo charger. Tertarik?

Silakan kalau ingin melihat penampakannya di PRJ bro….

Baca juga :

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"