Tangki Bensin Motor Bocor, Penyebab & Cara Mudah Meperbaiki
Tangki Bensin Sepeda motor bocor

Tangki Bensin Motor Bocor, Penyebab & Cara Mudah Meperbaiki

Diposting pada

Goozir.com – Bagi Anda pemilik motor sport waspada terhadap tangki bensin motor bocor. Walaupun bahan yang digunakan untuk tangki bensin keras dari besi namun tetap saja bisa bocor dengan berbagai sebab. Kebocoran tangi motor akan membuat bensin capat habis atau bahkan tidak bisa di gunakan lagi.

Tangki yang bocor menyebabkan penguapan bensin lebih cepat. Tangki motor yang bocor parah maka tangki tidak bisa di gunakan kembali. Solusinya tangki motor bocor harus di tambal atau di ganti baru.

Penyebab Tangki Bensin Motor Bocor

Tangki bensin yang bocor diakibatkan terjadinya korosi pada bahan tangki yang terbuat dari logam. Akumulasi korosi akibat tidak dibersihkan menyebabkan tangki bensin lebih cepat bocor. Penyebab korosi/karatan pada tangki motor bisa disebabkan oleh beberapa hal yaitu

1. Tutup Tangki Bensin

Pada tutup tangki bensin terdapat lubang ventilasi agar tekanan udara di dalam tangki tetap stabil. Namun berhati-hatilah terutama saat mencuci motor, karena lobang ini bisa sebagai jalan masuk air kedalam tangki.

Air yang masuk ke dalam tangki bisa menyebabkan korosi dan jika tidak di bersihkan maka akan menyebabkan kebocoran.

2. Air Hujan

Air hujan termasuk air yang cukup korosif. Kandungan asam dan oksigen pada air hujan membuat sifat air hujan lebih korosif.

Usahakan menyiram tangki atau bagian lain dari motor setelah terkena air hujan dengan air tawar. Setelah disiram terus keringkang dengan di lap. Itu menjadi cara pencegahan Tangki bensin motor bocor.

3. Embun di Tangki

Embun di dalam tangki bisa dihasilkan dari suhu panas cuaca sekitar. Udara di dalam tangki bisa mengembun dan embun akan menempal pada tangki. Jika dibiarkan maka bisa menyebabkan korosi.

Cara mencegah terjadinya pengembunan bisa dengan selalu isi full tangki dengan bensin sehingga udara yang ada didalam tangki tidak terlalu banyak.

4. Crash atau Jatuh

Tangki bensin juga bisa bocor gara-gara motor jatuh sehingga tangki bensin mengenai benda tajam atau bergesekan dengan benda lain. Namun untuk penyebab ini mungkin jarang terjadi.

Itulah  penyebab tangki bensin bocor yang biasa terjadi. Jika tidak melakukan perawatan tangki bensin maka karatan bisa tidak teredeteksi dan akhirnya tangki bocor. Kalau sudah bocor maka kita bisa memperbaikinya.

Cara Memperbaiki Tangki Motor Bocor

Kebocoran tangki bensin yang tidak telalu parah masih bisa dilakukan perbaikan yaitu menambal kebocoran yang terjadi. Berikut beberapa cara memperbaiki tangki motor yang bocor.

1. Lapisi Tangki Bensin Dengan Resin

Kuras tangki hingga benar – benar kering. Kemudian keringkan bagian dalam tangki hingga benar-benar kering.

Siapkan larutan Resin yang dicampur dengan thinner tetapi jangan terlalu encer. Setelah larutan jadi kemudian tuang larutan resin tadi kedalam tangki yang sudah bersih. Putar – putar, bolak-balik tangki hingga seluruh larutan melapisi bagian dalam tangki.

Jangan lupa untuk melubangi bagian saluran bahan bakar.

2. Tambal Lem G

Untuk tangki bensin yang bocor satu titik bisa menggunakan lem G untuk menambalnya. Caranya lubang tangki yang bocor dibersihkan area sekitarnya, kemudian tuang lem G di area yang sudah dibersihkan tadi.

Beri bedak atau pasir di arena sekitarnya. Setelah itu tutup dengan lem G pada area yang dikasih bedak atau pasir tadi. Jangan terlalu tebal menggunakan lem G agar cepat kering.

3. Patri

Mungkin Anda pernah menambal panci dengan patri? Kurang labih caranya sama. Bocor tangki yang memanjang lebih baik di tambal dengan  menggunakan patri. Jika anda tidak bisa melakukannya sendiri maka copot tangki bensin, kuras dan bawa ke tukang patri.

4. Ganti Tangki

Jika tangki yang korosi dan bolong tidak bisa diperbaikai lagi karena parahnya kerusakan maka bisa diganti dengan tangki baru. Bisa di ganti dengan membeli part original dibengkel resmi atau bisa juga custom di tukang tangki custom.

Umunya tangki bensin yang bocor lebih banyak terjadi pada motor sport karena letak tangki yang lebih terbuka dan bisa tekena matahari secara langsung. Berbeda dengan motor matic atau bebek yang biasanya lebih terlindung.

Itulah bro tips singkat kali ini berkaitan dengan tangki bensin motor bocor yang disebabkan oleh beberapa perilaku pengguna dan juga faktor alam serta cara perbaikannya. Semoga berguna.

Baca juga info pilihan di bawah ini

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"