Tarif Cas Kendaraan di SPLU PLN Terbaru

Tarif Cas Kendaraan di SPLU PLN Terbaru

Diposting pada

Goozir.com – Tarif cas kendaraan di SPLU PLN sudah memiliki tarif. Berbeda dengan SPLU milik pertamina yang masih di gratiskan. Jumlah SPLU yang terbatas menjadi salah satu batu sandungan untuk hadirnya Kendaraan listrik secara cepat. Disamping regulasi dari pemerintah yang belum ada. Tarif yang dikenakan oleh PLN terhadap pemiliki kendaraan listrik yang melakukan isi ulang baterai dikenakan tarif berdasarkan kWH.

Tarif Cas Kendaraan di SPLU PLN

Aturan yang dipakai oleh PLN untuk menentukan tarif isi ulang baterai kendaraan baik mobil maupun motor adalah berdasarkan Peraturan Menteri ESDM No. 28 Tahun 2016. Disana disebutkan SPLU masuk dalam kategori tarif listrik untuk layanan khusus dengan tarif Rp 165/kWH.

Dengan aturan tersebut maka PLN menentukan tarif cas kendaraan di SPLU PLN sebesar Rp 1650/kWH.

Belum adanya aturan khusus tentang kendaraan listrik masih menghambat kemjuan industri kendaraan listrik di Indonesia. Masalah masih bekutat pada penyeragaman bentuk cas atau baterai yang digunakan jika swap. Kurang efisien jika masing masing pejual kendaraan listrik membangun SPLU sendiri-sendiri.

Sementara itu Pertamina juga memiliki Green Energy Station (GES) yang memiliki fasiltas fast charging. Cukup 15 meit untuk isi full baterai begitu infonya. Untuk saat ini masih digratiskan oleh Pertamina untuk pengisian ulang baterai motor atau mobil listrik di GES.

GES miliki Pertamina saat ini baru ada di SPBU Kuningan Jakarta dengan jumlah 4 buah, 2 buah diantaranya sudah suspport fast charging.

PLN sendiri sudah membangun 1700 SPLU saat ini namun belum semuanya digunakan untuk fasilitas pengisian ulang baterai kendaraan listrik. Sebagian besar masih digunakan oleh pedagang kaki lima dan UMKM.

Itulah bro info singkat Tarif cas kendaraan di SPLU PLN yang di banderol Rp 1650 /kWH, semoga berguna.

Baca juga info pilihan di bawah ini

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"