Patent VTEC motor matic Honda

Teknologi VTEC Motor Honda PCX & Forza

Diposting pada

Goozir.com – Honda patenkan Teknologi VTEC motor Honda  matic. Itulah info terbaru yang goozir terima. Jadi menuju peraturan Euro5 yang akan akan berlaku, mau tidak mau pabrikan harus menyesuaikan dengan peraturan yang ada. Salah satunya Honda yang akan menggunakan teknologi VTEC untuk matic.

Teknologi VTEC juga di kabarkan akan diaplikasikan pada Honda FireBlade .

Baca : Honda CBR1000RR VVT (Variable Valve Timing) Patent

Euro5 tentu aturannya lebih ribet dengan emisi gas buang yang makin rendah. Tekonologi VTEC menjadi salah satu cara untuk bisa memenuhi standar Euro5 yang akan berlaku.

Vtec pada motor Honda lebih pada pengaturan timing bukan pada bukaan valve yang diatur sedemikian rupa.

Paten terbaru VTEC yang terdeteksi akan diaplikasikan pada motor matic. Menurut bro dan sis matic Honda yang urgent untuk menggunakan Vtec kira-kira apa coba?

Jika melihat perkembangan di pasar Indonesia saat ini lawan dari NMAX adalah PCX. NMAX sudah memiliki teknologi VVA  sednagkan PCX  belum punya Vtec atau sejenisnya. Jelas terlihat jomplang.

Satu lagi Honda belum menghadirkan teknologi Vtec atau sejenisnya pada motor mereka. Ini jelas  jadi PR besar untuk memenuhi regulasi Euro 5 yang akan berlaku kedepannya.

Selain PCX ada produk matic honda lainnya yang dijual secara global yaitu FORZA. Forza saat ini juga belum mengaplikasikan teknologi VTec atau sejenisnya. Sebagai produk global apa lagi di jual di Eropa memenuhi batas emisi terkini yang berlaku jelas harus segara direalisasikan.

Jadi 2 produk terebut yang kemungkinan akan segera mengaplikasikan VTEC  untuk segmen matic.

Gambar Paten Teknologi VTEC Motor Honda Matic

Teknologi VTEC Motor Honda PCX & Forza
Vtec Motor Honda

Dari gambar di atas 2 rocker arm terlihat digunakan pada Valve Intake (lihat no 49 & 50). Masing – masing akan mengenai 2 profil Camshaft berbeda. Sistem koneksi 2 rocker arm digerakan oleh aktuator selenoid ( no 80)  yang bekerja berdasar rpm atau indikator lain yang disetting pada ECU.

Diperkirakan penggunakan teknologi VTEC pada motor matic Honda akan direalisasikan pada tahun 2021. PCX dan Forza kemungkinan bakal menjadi yang pertama menggunakan teknologi tersebut.

Ok sob, kita tunggu saja gebrakan Honda dengan Vtec pada motor mereka. Semoga berguna.

Baca juga info pilihan di bawah ini

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"