Tips Berkendara Motor Yang Aman Untuk Wanita Berhijab
edorusyanto.wordpresss.com

Tips Berkendara Motor Yang Aman Untuk Wanita Berhijab

Diposting pada

Goozir.com – Tips Berkendara Motor yang aman untuk Wanita Berhijab selama perjalanan. Berkendara dengan menggunakan motor lebih riskan, lebih berbehaya jika di banding dengan berkendara dengan mobil. Tidak ada pembatas antar pengendara dengan lingkungan sekitar, hanya baju atau jaket dan helm yang melindungi, jadi saat sesuatu yang tidak di inginkan terjadi berefek langsung pada diri pengendara. Untuk itu bagaimana caranya agar berkendara dengan sepeda motor bisa lebih aman. Apa lagi untuk wanita berkerudung yang memiliki pakaian khusus dan menggunakan penutup kepala yang dibernama hijab. Dandananya saja sudah bisa dibilang ribet gimaan mau naik motor? Belum lagi dengan segalapernak pernik yang dipakai pada pakaiannya.

Tips Berkendara Motor Yang Aman Untuk Wanita Berhijab

Berkendara menggunakan sepeda motor sudah di atur dalam undang – undang. Jadi lakukanlah apa yang diatur dalam undang – undang. Selain itu untuk wanita berhijab ada perhatian khusus terutama untuk bagian pakainnya atau pun dengan hijab yang digunakan.

  1. Bawa STNK & SIM

STNK dan SIM merupakan 2 dokumen vital untuk kita sebagai pengendara bahkan bukan hanya untuk mengendarai sepeda motor, namun juga mobil. STNK  sebagai tanda legal dari kendaraan yang kita gunakan. SIM sebagai tanda bahwa kita memiliki kemampuan untuk membawa kendaraan sesuai dengan SIM yang kita gunakan. Untuk mengendarai sepeda motor pastikan kitas sudah memiliki SIM C ya sis…

2. Gunakan Helm

Helm menjadi salah satu kewajiban yang harus dipakai saat berkendara sepeda motor. Ini sudah di atur dalam undang-undang. Bahkan dalam undang-undang tersebut diatur untuk menggunakan helm minimal yang ber-SNI. Pastikan helm di ikat dengan baik sampai ada bunyi klik. Untuk helm yang digunakan oleh seorang hijaber biasanya ada sedikit effort nah goozir sudah pernah menulis tips memilih helm untuk wanita berhijab.

Baca : 5 Tips memilih Helm untuk wanita berhijab

3. Menggunakan Jaket

Jaket menjadi salah satu perlengkapan berkendara yang bisa melindungi saat berkendara. Melindungi dari angin, dari hujan dan dar yang tidak kita inginkan seperti terjatuh. Minimal kita ada proteksi tambahan untuk menghindari cidera yang lebih parah.

Jaket ada yang memiliki pelindung siku dan juga punggung. Kalau bisa gunakan jaket yang memiliki pengaman tersebut sehingga berekendara dengan motor makin aman.

Jaket juga ada yang memiliki kemampuan anti angin. Ini berguna untuk berkendara saat cuaca dingin ataupun bagi yang tidak mau dirinya tertepa angin berlebihan. Walaupun jaket anti angin biasanya panas saat digunakan saat siang harin namun biasanya ada ventilasi yang membantu sirkulasi udara.

Jaket juga ada yang anti air, biasanya jaket anti air masih bisa di gunakan dalam kondisi hujan yang tidak begitu lebat. Tinggal menyesuaikan saja sista mau menggunakan jaket yang mana. Soalnya ada juga jaket anti angin sekaligus anti hujan.

4. Gunakan sepatu

Menggunakan sepatu akan lebih aman saat berkendara karena dapat melindungi kaki terutama bagian telapak kaki, jari kaki dan pergelangan kaki. Untuk perjalanan jauh menurut goozir wajib pakai sepatu.

5. Gunakan sarung tangan

Tips berkendara motor yang aman untuk wanita berhijab yang kelima adalah gunakan sarung tangan. Banyak sarung tangan yang beredar mulai dari bahan katun hingga bahan kulit. Gunakan yang nyaman untuk perjalanan anda. Sarung tangan bisa melindungi jari dan telapak tangan kita dari hal yang tidak diinginkan mapun dari hujan dan panas. Selain itu juga bisa melindungi telapak tangan dari melepuh terutama saat perjalanan jauh.

6. Jangan gunakan bros

Hindari pemakaina bros terutama bros yang letaknya di hijab atau kerudung. Sebab akan mengganggu kenyaman saat sista menggunakan helm. Kalau dipaksakan bisa-bisa bros nyangkut dibagian inner helm. Bahaya lainnya jika hal yang tdak diinginkan terjadi misal ada benturan, bros bisa meluakai kepala sista. Jadi jika memakai bros di hijab atau kerudung, copot dulu saat berkendara dan pakai lagi saat sudah sampai di tujuan.

7. Jangan menggunakan ciput yang ada tojolan

Gunakan ciput yang rata sista, sehingga tidak ada rongga antara helm dengan kepala sehingga lebih aman. Hindari juga pemakaian ciput Maroko karena mudah rusak saat menggunakan helm.

8. Pakai inner yang lebut dan menyerap keringat dan cepat menguap

Berkendara menggunakan motor pasti akan berkeringat. Dengan menggunakan inner yang mudah menyerap keringat dan cepat menguap akan membuat badan menjadi lebih nyaman selama berkendara terutama pada siang hari.

9. Jangan menggunakan hijab yang terlalu panjang.

Selama berkendara angin pasti terasa sangat besar menerpa tubuh sista nah saat sista menggunakan hijab yang terlalu panjang bisa membahayakan. Karena bisa menutupi pandangan sista maupun pengendara lain. belum lagi jika panjang hijab bisa mencapai roda motor bisa sangat berbahaya jika masuk ke roda atau ke rantai.

Gunakan hijab yang masih sesuai dengan aturan agama dan nyaman digunakan serta tidak terlalu panjang serta aman untuk digunakan selama perjalanan.

10. Pastikan diri anda sehat dan siap berkendara

Jika semua tips sudah dipenuhi pastikan diri sista sehat dan siap berkendara. Mengunakan sepeda motor butuh konsentrasi penuh dan tenaga jadi sehat menjadi syarat utama. tips berkendara motor yang aman untuk wanita berhijab yang ke 10 ini lebih kepada mengtahui kondisi badan si pengendara. jika tidak sehat mending dibonceng atau naik kendaran umum saja atau lebih baik istirahat.

11. Berdoa

Semua sudah di lakukan, persiapan diri, perlengkapan sudah di gunakan. Terkhir jangan lupa berdoa demi keselamatan sista dalam perjalanan dan bisa mendapatkan ridha Allah SWT, sehingga perjalanan kita selamat dan juga berkah.

Itulah bro and sista Tips Berkendara Motor Yang Aman Untuk Wanita Berhijab semoga berguna untuk anda para sista dan bisa dipelajari dan diajarkan kepada anak permpuan atau istri bro yang membaca tips ini.

Semoga berguna…

Baca juga info pilihan dibawahi ini

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"