6 Tips Berkendara Aman Saat Hujan Dan Jalan Basah

7 Tips Berkendara Aman Saat Hujan Dan Jalan Basah

Diposting pada

Goozir.com – Bagaimana caranya agar berkendara motor saat hujan menjadi aman? Mungkin ada sebagian dari sobat yang bertanya demikian. Anda bisa mengikuti tips berkendara aman saat hujan sebagai referensi Anda.

Kami akan berbagi tips cara berkendara saat hujan dengan aman, lancar dan tidak menyengsarakan. Kebetulan kami mendapat ilmu tersebut dan apa salahnya kalau kami berbagi. Berbagi itu indah..

Tips Berkendara Aman Saat Hujan

Setidaknya ada 6 tips berkendara aman saat hujan. Bekendara saat hujan memang lebih berisiko dibanding dengan berkendara pada saat cuaca cerah dan kering.

Perlu diperhatikan beberapa hal agar berkendara saat hujan bisa tetap dilakukan. Semua butuh persiapan diri dan perlengkapan yang memadai.

Berikut beberapa hal yang harus di perhatikan saat mau berkendara saat cuacca hujan.

1. Siapkan Jas Hujan

Persiapan pertama adalah perlengkapan berkendara saat hujan. Anda membutuhkan sebuah pelindung tubuh disaat berkendara saat hujan.

Kita bisa memakai raincoat yang nyaman. Untuk merek silakan dicari sendiri, banyak merek dipasaran. Untuk model lebih disarankan yang memiliki bentuk sesuai badan Anda.

Sehingga rain coat dapat melindungi Anda dari badan bagian atas maupun bawah.

Kemudian belilah raincoat yang ukurannya 1 tingakat diatas ukuran yang biasa Anda pakai agar pergerakan Anda saat berkendara lebih leluasa dan bila membawa tas di punggung tetap nyaman.

Tidak disarankan memakai jas hujan atau raincoat ponco. Berbahaya!!!!!

2. Sepatu Tahan Air

Yang kedua adalah sepatu anti air. Anda bisa membeli sebuah sepatu boat yang kedap air sehinga kaki tetap kering dan nyaman serta tidak akan kedinginan.

Banyak model dan banyak bahan yang digunakan, dari berbahan plastik sampai yang mahal dari bahan kulit. Intinya cari sepatu yang waterproof dan aman.

Ttips Berkendara aman saat hujan

3. Sarung Tangan Tahan Air

Yang ketiga adalah sarung tangan waterproof.
sarung tangan waterproof ada yang murah sampai yang mahal.

Dengan memakai sarung tangan waterproof maka tangan akan menjadi lebih nyaman dan rasa dingin karena air hujan bisa diminimalisir.

4. Helm

Berkendara saat hujan berarti kita butuh helm. Sebisa mungkin memakai helm fullface karena akan melindungi kepala dan muka lebih sempurna. Di usahakan juga helm terebut memiliki visor yang anti kabut sehingga visibilitas mata tidak berkurang (bisa dengan pasang pinlock). Pastinya helm juga harus berstandar keselematan yang baik.

5. Siapkan Motor Dengan Baik

Ke lima siapkan motor Anda sebaik mungkin.
Cek semua bagian yang menunjang berkendara anda saat hujan.

Cek bagian Ban, rantai, lampu, bahan bakar dan pengereman. Pastikan semuanya lancar dan siap.

baca : Manfaat Mengendarai Sepeda Motor Untuk Kesehatan

Ban tidak boleh gundul, rantai berikan minyak biar tidak cepat kena karat, lampu harus nyala untuk signal bagi pengendara lain dan visibilitas Anda di jalanan.

Bahan bakar harus ada dan cukup selama perjalanan Anda.

Pengereman wajib bekerja dengan baik.

6. Kenali Kondisi Jalan

Bagian ke enam adalah kondisi jalan. Bagaimana kondisi jalan yang akan Anda lewati? Anda bisa persiapkan kendaraan sesuai kondisi jalan.

Jangan mengendarai motor dengan ban untuk aspal di jalanan yang off-road. Kemudian saat di jalanan yang basah sebaiknya mengikuti trek bekas ban dari mobil yang ada didepan Anda.

Itu akan lebih aman dari pada membuat jalur sendiri.

Tips Berkendara aman

7. Strategi Berkendara

Dan yang terpenting dalam berkendara adalah strategi. Kunci dalam berkendara saat hujan adalah “waktu”. Anda harus memberikan waktu untuk anda sendiri dan pengendara lain disekitar anda untuk bereaksi.

Berkendara dengan santai dan rileks namun tetap fokus dan konsentrasi. Itulah tips berkendara aman saat hujan agar tetap lancar dan tidak menyengsarakan.

Baca juga info pilihan di bawah ini

Follow goozir.com

IG : GOOZIRBLOG

FB Page : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"