Cara Terbaik Menangani Motor Terendam Air Banjir
Poto : Fb Putra Anugrah

10 Cara Terbaik Menangani Motor Terendam Air Banjir

Diposting pada

Goozir.com – Banjir menjadi musibah yang sering melanda masyarakat terutama saat puncak musim hujan. Sudah menjadi pemandangan umum jika saat ada musibah banjir ada motor yang terendam air banjir. Ada tips cara terbaik menangani motor yang terendam air banjir agar motor bisa sehat kembali.

Motor yang terendam air banjir apalagi yang memiliki ketinggian banjir lebih dari 1 meter pastinya motor kelelep dengan sempurna alias tenggelam seluruhnya.

Motor yang tenggelam karena banjir dipastikan banyak bagian yang harus melewati pengecekan untuk bisa kembali digunakan dengan sehat.

Tips Terbaik Menangani Motor Terendam Air Banjir

Pengecekan bisa saja dengan hanya membersihkan, mengeringkan atau parahnya harus melakukan penggantian part yang tentunya bakal membuat ongkos perbaikan jadi makin mahal.

Untuk itu goozir.com mencoba merangkum beberapa tips terbaik cara menangani motor yang terendam air banjir. Jika Anda memiliki peralatan yang lengkap maka bisa dilakukan sendiri namun jika tidak punya atau takut rusak bertambah parah maka bisa dibawa kebengkel saja.

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk merawat motor yang terendam air banjir.

1. Pastikan motor dibawa ke tempat kering

Kalau masih di tempat yang terkena banjir maka apa yang akan Anda lakukan bakal sia-sia belaka. Bawa motor ke tempat yang tidak terkena banjir, selain mudah dalam melakukan perawatan, Anda juga tidak perlu kedinginan karena selalu bersinggungan dengan air.

2. Pastikan motor tidak terkena water hammer

Jika motor Anda yang terendam air banjir tadinya motor yang bukan habis dipakai alias motor yang parkir dan mesin tidak menyala, kemungkinan terjadi water hammer sangat-sangat kecil.

Water Hammer sendiri adalah keadaan dimana air masuk ke ruang mesin yang mana mesin sedang beroperasi. Mesin yang sedang hidup tentu panas dan saat air masuk ke ruang mesin itulah yang namanya water hammer.

Efek terparah karena water hammer adalah stang piston bengkok dan bisa pecah. Maka dari itu jika motor memang tidak dalam keadaan hidup dan mesin masih dingin, seandainya ada air yang masuk ke ruang mesin maka tidak terjadi water hammer.

3. Keringkan knalpot

Motor yang terendam air banjir tentunya knalpot menjadi sarang air. Cara termudah mengeringkan knalpot adalah dengan mencopot kemudian menggantungnya agar air cepat keluar dari knalpot dan knalpot cepat kering.

4. Bersihkan mesin

Terendam air banjir tentu meninggalkan kotoran pada bagian mesin baik di dalam maupun di luar mesin. Untuk bagian luar bisa membersihkannya dengan air sementara untuk bagian dalam harus ganti oli.

Penggantian oli mesin motor yang terendam air banjir maka tidak bisa hanya sekali dilakukan. Anda harus mengurasnya beberapa kali sampai air benar-benar bersih dari ruang mesin.

Gunakan oli murah untuk membersihkan mesin bagian dalam, buang oli yang bercampur air kemudian tuang oli baru kedalam mesin. Pastikan tidak ada lagi air di dalam mesin dengan melihat kondisi oli yang dibuang.

Jika oli masih keruh seperti warna susu atau kopi susu maka air masih ada di dalam mesin, buang kembali oli dalam mesin dan isi kembali dengan oli baru.

Penggantian oli juga harus dilakukan lagi dalam waktu 2-3 hari setelah motor bisa berhasil dihidupkan kembali.

5. Cek sikring, saklar dan soket pengkabelan

Bersihkan dan keringkan bagian sikring untuk menghindari korslet, demikian juga dengan saklar starter, saklar lampu dan juga socket-socket sambungan kabel, pastikan semua benar-benar bersih dan kering.

Jangan lupa bagian aki juga di cek jangan sampai ada kotoran dan air, sebab bisa menyebabkan korslet.

6. Bersihkan rantai atau CVT

Untuk motor matik bersihkan juga CVT agar tidak menimbulkan karat dan bersih dari air. Ganti grase agar tidak mudah berkarat. Untuk tips menangani motor matic kena banjir bisa baca pada artikel berikut.

Baca : Tips Menangani Motor Matic Kena Banjir

Bersihkan juga bagian filter udara pada motor matic, jika masih bagus cukup dibersihkan saja jika sudah usang maka lebih baik ganti saja.

Pada motor bebek atau sport, bersihkan juga rantai kerena ada kotoran yang nyangkut. Jika dibiarkan maka rantai menjadi berisik dan bisa berkarat. Semprot dengan pelumas rantai setelah dibersihkan agar hasilnya maksimal.

7. Bersihkan busi

Bagian busi juga merupakan bagian penting apa lagi motor yang terendam banjir, bersihkan busi baik konektornya maupun businya itu sendiri. Pastikan bersih dan kering agar busi bisa kembali berfungsi.

8. Bersihkan Radiator

Sarang radiator harus bersih dari sisa-sisa lumpur yang menempel agar pendingian menjadi lebih sempurna. Untuk air radiator jika Anda yakin reservoir bebas dari kemasukan air banjir maka tidak perlu diganti namun jika sebalikanya maka Anda perlu menggantinya.

Untuk motor matic bersihkan juga kipas pendingin agar bersih dan bisa membantu pendingian mesin dengan makasimal. Biasanya kipas pendingin juga terhubung langsung dengan magnet maka bersihkan bagian tersebut dan pastikan bebas air.

9. Bersihkan injektor/karburator

Motor injeksi menggunakan throttle bodi dan injektor untuk mengkontorol suplai bahan bakar ke mesin. Bersihkan bagian ini dan pastikan kering dan bebas dari air agar bisa bekerja normal kembali.

Untuk motor karbu maka perlu membersihkan bagian karburator dari sisa lumpur dan pastikan juga kering dari air.

10. Test hidupkan motor

Setelah semua bersih dan kering maka langkah selanjutnya adalah mencoba menghidupkan motor. Jika part semua aman maka motor bisa dihidupkan kembali.

Setelah motor hidup sebaiknya ganti oli mesin kembali agar mesin benar-benar bersih. Jangan lupa juga ganti oli gardan jika memang memang perlu untuk motor matic.

Tips-tips menangani motor terendam air banjir di atas semoga berguna dan bisa menjadi ceklis untuk perbaikan. Semoga bermanfaat.

Baca juga info pilihan di bawah ini

IG : Goozirblog

Facebook : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom