Tips Membeli Ban Mobil Yang Benar Agar Awet

14 Tips Membeli Ban Mobil Yang Benar Agar Awet

Diposting pada

Goozir.com – Apakah Anda perah membeli ban mobil? Ban merupakan sebuah bagian dari mobil yang memiliki peran penting dalam mendukung kinerja kendaraan mobil tersebut. Jika mobil tidak punya ban, bisa dibayangkan sendiri, mobil tersebut tentunya tidak layak jalan .

Untuk itu kali ini goozir.com ingin berbagi informasi mengenai pemahaman dan mengenal spesifikasi ban mobil,jadi sebelum membeli ban mobil perlu dipelajari sedikit mengenal seputar ban mobil agar saat membeli ban mobil tidak salah beli.

Permasalan yang sering terjadi pada ban mobil juga harus Anda ketahui dan cari perbaikannya. Jika ada trouble Anda juga harus bisa mengatasi agar tidak menyusahkan orang lain.

Tips Membeli Ban Mobil

Di indonesia banyak ragam spesifikasi ban yang terkadang membuat bingung dalam menentukan pilihan. Dan yang umum menjadi panduan untuk memilih ban mobil yaitu menyesuaikan dengan ukuran velg yang digunakan, merek dan juga harga.

Ban yang mahal biasannya menawarkan berbagai kelebihan, namun perlu mas bro and mbak sis ketahui jika ban tersebut tidak memiliki kinerja yang baik maka ban tersebut saat digunakan bisa membuat masalah baru.

Untuk itulah , goozir.com berikan beberapa referensi sebelum membeli ban mobil yang baru, berikut diantaranya…

1. Kebutuhan

Belilah ban mobil karena butuh. Dalam memilih ban mobil harus disesuaikan dengann kebutuhan. Ban mobil yang digunakan beraktifitas sehari hari tentunya memiliki standard yang berbeda beda dibnding dengan ban yang digunakan untuk ajang kompetisi misalnya balap.

Untuk sehari-hari Anda bisa menggunakan merek ban yang sudah populer di Indonesia dan juga memiliki pembeli yang banyak. Kasarannya bergitu bro and sis walaupun bukan berarti ban yang jarang dibeli tidak bagus.

2. Tipe dan Ukuran

Ban yang menghasilakn performance dan juga kinerja pada mobil tentunya gunakanlah ban mobil yang di rekomendasikan oleh manufaktur atas dasar berbagai perhitungan , atau serahkan ke ahlinya yaitu bengkel mobil yang Anda percayai.

Untuk mengetahui tipe dan juga ukuran ban mobil maka anda bisa melihat di buku panduannya.

Sebagai contoh ukuran ban yang direkomendasikan di buku panduan adalah : 195/55/R15

Baca juga : Daftar Ukuran Ban Mobil Velg Standar OEM Mobil

Kode tersebut bukan tanpa makna namun memiliki arti yang penting.

Angka 15 adalah ukuran diemeter velg dalam satuan inchi.
Angka 195 adalah ukuran lebar ban dengan satuan milimiter.
Angka 55 adalah ukuran aspek ratio untuk ketebalan ban dalam persen (%) dari lebar telapak ban.

3. Variasi Ban

Perlu diketahui bahwa umunya ada 2 jenis ban yang beredar di pasaran yaitu jenis ban radial dan juga bukan radial(bias) .

Jika dilihat secara langung kedua ban tersebut hampir sama, namun sebenarnya kalau diteliti sebenarnya sangat berbeda pada bagian konstruksinya. Perbedaan kontruksi ban itu sendiri yang sangat erat hubungannya pada jenis mobil apa apa ban tersebut dapat digunakan.

Ukuran Ban
gambar : kitapunya.net

Sebagai contoh adalah ban ukuran P195/55/R15 84V.

P di bagian depan adalah symbol yang berarti Passenger atau dengan kata lain ban tersebut diperuntukan bagi mobil penumpang seperti City Car, SUV, atau MPV. Contoh lai : LT (Lite Truck) digunakan pada truk yang bobotnya sedang, ST (Special Trailer) untuk mobil trailer, T (Temporary) seabagai ban cadangan.

Sedangkan lambang R artinya jenis ban radial.

Angka 15 berati diameter velg dalam inci, yang artinya ukuran velgnya 15 inci.

Kemudian angka 84 merupakan indeks berat beban yang bisa ditahan oleh ban itu sendiri.

  • 62 beban maksimal 265 Kg.
  • 63 beban maksimal 272 Kg.
  • 64 beban maksimal 265 Kg.
  • 66 beban maksimal 300 Kg.
  • 68 beban maksimal 315 Kg.
  • 70 beban maksimal 335 Kg.
  • 73 beban maksimal 365 Kg.
  • 75 beban maksimal 387 Kg.
  • 80 – 89 beban maksimal 450 – 580 Kg.
  • 90 – 100 beban maksimal 600 – 800 Kg

Sedangkan huruf V adalah batas kecepatan.

4. Pola Tapak Ban

Untuk ban yang ada di Indonesia memiliki banyak ragam pola tapak ban sebab kontur tanah di Indonesia sanagat beragam.

Pola tapak ban berpengaruh pada daya cengkram dan juga tingkat kenyamanan mobil yang Anda kemudikan.

Pola tapak ban yang normal umumnya bisa memberikan daya cengkram yang cukup baik pada jalan aspal yang dilalui.

Berbeda dengan daerah dengan curah hujan yang tinggi (alias jalan yang becek , licin dan sebagainya) maka pilihlah model tapak dengan alur V , untuk daya cangkram yang lebih baik pada permukaan jalan licin.

Membe;i ban mobil
bentuk tapak ban mobil

Ban dengan model ini mampu mereduksi suara dari putaran ban, kelebihan untuk ban yang berjenis V yaitu mempunyai kemampuan untuk pengendalian yang lebih baik terhadap kondisi jalan yang basah, dan saat berbelok.

5. Memilih Profil Yang Benar

Ban yang memiliki profil tebal (>50),maka akan bisa memberikan kenyamanan yang lebih selama berkendara dan akan jauh lebih tahan lama untuk pemakainnya terutama untuk melewati jalan yang tidak rata.

6. Indikator Kecepatan Ban

Membeli ban mobil dengan performa yang maksimal memiliki peran yang sangat penting. Untuk Anda yang menyukai kecepatan bisa memilih jenis ban dengan indikator kecepatan yang sesuai dengan keinginan Anda .

Lihat kode ban berikut ini:

  • Q kecepatan maksimal = 160 km/jam.
  • S kecepatan maksimal = 180 km/jam.
  • T kecepatan maksimal = 190 km/jam.
  • U kecepatan maksimal = 200 km.jam.
  • H kecepatan maksimal = 210 km/jam.
  • V kecepatan maksimal = 240 km/jam.
  • W kecepatan maksimal = 270 km/jam.
  • Y kecepatan maksimal = 300 km/jam.
  • Z kecepatan di atas = 240 km/jam.

7. Usahakan Ganti 4 Ban Sekaligus

Kenapa harus mengganti ban mobil sekaligus empat, kenapa tidak 2 atau satu saja? Perlu diketahui bahwa pada dasarya tidak ada kewajiban untuk mengganti empat ban mobil sekaligus, hanya saja tujuanya hanya agar kondisi cengkraman ban sama pada tiap rodanya.

Jika terpaksa ada baiknya Anda mengganti ban sepasang , contoh pada bagian ban depan habis ,maka gantilah bagian kanan depan dan juga bagian kiri depan.

Baca info : Tips Jitu Ban Mobil Awet : Spooring, Balancing

Beberapa orang mengatakan bahwa sepasang ban baru tersebut sebaiknya di tempatkan dibagian belakang untuk membantu mempertahankan stabilitas mobil , namun beberapa yang lain berpendapat bahwa sebaiknya di tempatkan di bagian depan karena ban mobil bekerja lebih extra pada bagian depan.

Ada kalanya ban masih bagus namun udah tidak nyaman, itu artinya mobil Anda butuh perawatan yaitu dengan melakukan spooring dan balancing.

Nah itulah mas bro beberapa tips mengenai wawasan sebelum anda membeli ban mobil yang bagus ,berkualitas dan tentunya cocok untuk mobil yang Anda miliki.

Selanjutnya adalah bagaimana merawat ban mobil agar awet serta aman digunakan.

Tips Merawat Ban Mobil

Setelah membeli ban mobil dan memasangnya jangan lupa untu melakukan perawatan agar mobil tetap memiliki performa yang maksimal.

Ada beberapa tips juga yang bisa Anda lakukan untuk merawat ban mobil, diantaranya:

1. Jangan menunggu ban mobil rusak

Biasakan diri Anda untuk selalu memeriksa tekanan ban yang terdapat pada mobil mas bro atau mabak sis Periksa tekanan angin paling sedikit sekali selama satu bulan.

Yang juga penting adalah bagi Anda yang ingin berkendara jarak jatuh cek betul-betul ban mobil Anda. Ban mobil dengan tekanan yang kurang memadai akan menyebabkan ban mudah panas karena gesekan yang besar dengan aspal sehingga ban cepet aus dan bisa membahayakan keselamatan Anda dan penumpang.

Mas bro juga harus hapal dengan tekanan yang proposional dari ban mobil yang mas bro miliki. Ukuran tekanan ban mobil yang pas bisa dilihat pada stiker yang menempel dibagian dalam dari pintu kendaraan Anda atau biasanya juga terdapat pada bagian buku petunjuk pemilik kendaraan.

Untuk pengukuran yang benar/valid terhadap tekanan ban mobil yang Anda miliki, periksalah selalu saat suhu mereka dingin. Jika mobil mas bro habis menempuh perjalanan jarak jauh, tunggulah kurang lebih tiga jam.

2. Selalu periksa ban mobil berkala

Selain menjaga tekanan ban tetap sesuai dengan ketetuan pabrik, Anda juga bisa gunakan uang koin sebagai alat petunjuk bahwa ban mobil sudah gundul, caranya adalah letakan uang koin di tapak ban mobil Anda.

Jika mas bro bisa melihat seluruh gambar uang koin tersebut ,maka sudah saatnya ban mobil mas bro sudah diganti dengan yang baru.

3. Perhatikan lobang jalan.

Jika lobang jalanan yang Anda lalui memiliki lobang cukup besar maka tak hanya merusak ban mobil saja tapi juga akan mengganggu keseimbangan.

4. Lakukan Rotasi

Pastikan Anda melakukan penukaran ban mobil antara ban mobil bagian depan dan juga bagian belakang setiap 10000 km , agar menyeragamkan kondisi seluruh ban dan juga mempertahankan masa pakai ban lebih lama .

Baca infonya : Cara Rotasi Ban Mobil Yang Benar Depan Belakang dan Silang

5. Tutup pentil

Jangan mengendarai mobil dengan ban yang tidak menggunakan penutup pentil . Mengemudi mobil dengan ban tanpa penutup pentil bisa menyebabkan kebocoran udara dalam ban dan bisa mengakibatkan ban kekurangan tekanan.

6. Bobot beban mobil

Perhitungkan bobot yang harus dimuat oleh mobil Anda, jika muatan melebihi batas kapasitas maksimal maka dapat menimbulkan tekanan yang berlebih pada ban mobil mas bro dan itu bisa sangat membayakan.

7. Cuci Roda

Mencuci roda mobil otomatis Anda juga akan memebersihkan kotoran yang menempel pada ban. Misal habis melaju di jalanan tanah becek biasanya membawa sisa-sisa tanah pada alur ban.

Tanah tersebut harus di bersihkan agar grip ban kembali maksimal.

Demikian tips menjaga ban mobil agar tetap awet.

Dengan demikian selesai sudah informasi tips membeli ban mobil agar ban awet dan berkualitas, semoga berguna… jangan lupa ikuti sosial media goozir.com di bawah ya….

Baca juga info pilihan berikut ini

Follow goozir.com

Instagram : GOOZIRBLOG

FB Page : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom

Gambar Gravatar
Otomotif adalah salah satu topik yang sangat dinamis berubah dari waktu ke waktu sehingga menulis dengan topik otomotif menjadi sangat menarik