Tips membeli sepeda motor bekas terbaru

Tips membeli sepeda motor bekas terbaru

Diposting pada

Tips membeli sepeda motor bekas terbaruTips membeli sepeda motor bekas terbaru diperuntukan bagi sobat goozir yang mau membeli sepeda motor bekas. Dari tahun ke tahun sepeda motor terus bertambah dan motor baru pun makin banyak diluncurkan oleh pabrikan. Ngomongin motor baru tentu duit yang dikeluarkan harus banyak. Lihat saja sepeda motor 150cc sekarang sudah menembus angaka 30an juta rupiah. Makin lama motor baru makin mahal. Salah satu solusi bagi sobat goozir yang ingin punya motor namun budget terbatas adalah dengan membeli sepeda motor bekas. Mau tahu bagaimana  tips membeli sepeda motor bekas terbaru, cekidot bro…

16 tips membeli sepeda motor bekas terbaru

Sepeda motor bekas menjadi salah satu incaran bagi konsumen yang memilki dana terbatas atau pun yang tidak mau terlilit utang. Harganya yang lebih murah dari motor baru menjadi salah satu faktor utama. Namun dalam membeli motor bekas juga tidak boleh sembarangan. Namannya motor bekas pasti ada sisi kekurangannya. Di sini kita belajar bersama untuk meminimalisir resiko dalam membeli motor bekas. Berikut beberapa tips membeli sepeda motor bekas terbaru.

  1. Anggaran dana

Yang utama adalah duit. Tentukan berapa dana yang akan dialokasikan untuk membeli sepeda motor bekas. Di sini kita harus bijak dan komitmen.  Jika punya anggaran dana 10 juta ya jangan tergiur untuk beli sepeda motor dengan harga diatas anggaran dana yang disediakan. Itu penting agar perekonmian rumah tangga tetap terjaga.

  1. Menentukan tujuan pembelian

Disini perlu kehati – hatian dalam menentukan tujuan pembelian sepeda motor bekas. Karena akan mempengaruhi model dan tipe dari sepeda motor yang akan dibeli. Selain itu juga harus disesuaikan dengan angggaran dana yang sudah disiapkan di poin pertama.

  1. Memilih sepeda motor bekas

Pada tahap ini kita harus  melihat poin pertama dan kedua. Jangan sampai salah pilih sepeda motor yang akan dibeli. Jangan membeli sepeda motor metik buat mengangkut barang berat karena tidak sesuai dengan peruntukannya. Jangan beli moge bekas karena   moge pasti harganya di atas 10 jutaan (misal budget 10 juta)

  1. Cek spesifikasi sepeda motor bekas yang akan dibeli

Cek spesifikasi sepeda motor mudah untuk dilakukan. Apa lagi jaman internet seperti sekarang ini. Cukup ketik di mbah google spesifikasi motor… dah akan tampil.

  1. Cek harga pasarannya

Setelah menetukan jenis motor dan spesifikasinya tinggal di cek berapa harga dari motor tersebut. liat poin satu. Tidak boleh lebih dari anggaran dana yang sudah ditetapkan. Syukur bisa lebih murah dari anggaran dana yang disediakan.

  1. Cari perbandingan

Cari perbandingan di sini, jangan sampai kita condong terhadap satu merek tertentu. Memang benar ada anggapan salah satu merek yang mungkin harga jual kembali lebih tinggi. Tapi ingat kita beli motor bekas buat keperluan tertentu bukan untuk jualan. Perbandingan juga bisa dilakukan dari segi harga untuk untuk model dan jenis yang sama. Membandingkan juga mudah karena sudah ada internet tinggal browsing aja.

  1. Beli sepeda motor bekas di tempat yang terpercaya

Ini penting. Jangan sampai kita membeli sepeda motor bekas tapi bukannya merasakan manfaat bagusnya malah susah dikemudian hari. Anda bisa pergi ke dealer motor sepeda motor bekas terpercaya di sekitart anda. Atau bisa juga beli dari teman yang memang sudah kenal. Bisa juga cara modern seperti jaman sekarang ini,  bisa dicari secara online. Banyak situs jual beli  sepeda motor bekas. Salah satunya adalah carmudi.co.id. Di sana kita bisa memilih dari berbagai merek yang dinginkan. Bisa diurutkan berdasarkan harga, jarak yang sudah ditempuh motor (km), iklan terbaru atau terlama dan sebagainya. Selain dapat memilih berbagai tipe dan model juga ada opsi fasilitas pendanaan serta asuransi yang di tawarkan. Lengkap deh.

  1. Cari penjual sepeda motor yang dekat

Hal ini dilakukan untuk mempermudah dalam bertransaksi, mutasi dan balik nama. Apa lagi sudah teman dekat sendiri pasti akan lebih mudah lagi.

  1. Mengetahui riwayat sepeda motor bekas

Disini pembeli harus tahu riwayat dari motor yang akan di beli. Namanya sepeda motor bekas pasti ada sisi kekurangannya kita harus tahu itu. Apakah motor pernah kecelakaan, turun mesin atau yang lainnya. Pembeli harus aktif di sini.

  1. Surat – surat sepeda motor harus lengkap

Ini penting untuk mempermudah kita dalam melakukan balik nama ataupun mutasi. Selain itu dengan surat – surat yang lengkap lebih menjamin bahwa motor terebut memang sepeda motor milik penjual bukan hasil curian. Kalau tidak lengkap mending tidak usah di beli.

  1. Cek kondisi fisik sepeda motor bekas.

Hal yang bisa di cek diantaranya, kecocokan warna motor dengan STNK, kecocokan plat nomor dengan STNK, kecocokan nomor mesin dan rangka sesuai STNK, cek apakah ada baret, cek kondisi mesin, cek komstir, cek roda dan cek bagian fisik lainnya. Jika tidak mengerti soal mesin bisa bawa montir sepeda motor kenalan untuk mengetahui kondisi mesin.

  1. Beli sepeda motor standar

Standar di sini  maksudnya adalah sepeda motor bekas tersebut tidak ada modifikasinya. Kecuali anda mengerti soal modifiksi hal tersebut tidak jadi masalah. Namun kondisi yang msih standar pabrikan jauh lebih baik dan utama untuk di beli.

  1. Tes drive sepeda motor bekas

Ini tips membeli sepeda motor bekas terbaru yang wajib dilakukan untuk mengetahui kondisi sepeda motor yang sebenarnya. Sekaligus untuk membuktikan hasil penngecekan secara fisik yang telah dilakukan sebelumnya. lakukan tes dengan berbelok, mengerem, tes suspensi dan tes pencahayaan/kelistrikan. Tingkat kenyamanan dan akselerasi juga harus di tes.

  1. Estimasi biaya perawatan

Sepeda motor bekas pasti lebih besar dalam biaya perawatan. Dengan melakukan tes drive kita akan tahu mana yang harus diperbaiki dan mana yang harus di ganti. Jika nantinya diperkirakan akan menghabiskan banyak biaya jika dibeli mending ga usah di beli.

  1. Nego harga

Dalam nego harga kita harus tenang dan tidak terburu buru. Jangan karena sudah cocok dengan motornya main bayar aja. Kalau bisa menawar dan dibayar lebih murah dari harga penawaran dan anggaran dana yang kita miliki, mengapa tidak. Motor ok harga  ok cocok dah. Bungkus..

  1. Selalu semangat

Kenapa selalu semangat, cari sepeda motor bekas yang cocok itu susah. Jika sudah mentok di motor satu ya sudah cari yang lain jangan jadi memble dan terpancang hanya dengan satu motor. Masih banyak motor lain yang mungkin lebih baik dan mungkin juga lebih murah dan lebih bagus lagi. Kaya broken heart aja ya.. 😀

Mungkin hanya sebatas itu yang bisa goozir.com share buat sobat goozir semuanya tentang tips membeli sepeda motor bekas terbaru. Jika memang artikel ini bermanfaat buat saudara/i anda bisa bantu kami dengan Like fanspage goozir.com di sebelah kanan. Tingal klik like, dan itu sudah membuat kami senang dan kami hargai itu.

Baca juga :

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"