Tips Merawat Knalpot Motor Terbaru Agar Tidak Keropos

4 Tips Merawat Knalpot Motor Terbaru Agar Tidak Keropos

Diposting pada

Goozir.com – Tips merawat knalpot motor. Knalpot motor perlu dirawat agar awet dan tidak mudah keropos. Kasus knalpot keropos sering terjadi pada bagian leher knalpot. Hal tersebut karena minimnya perawatan pada motor yang digunakan.

Ada tips merawat knalpot motor dengan mudah yang bisa Anda praktekan sendiri dirumah maupun dimana saja. Perawatan ini tidak butuh duit banyak dan pastinya bisa membuat knalpot lebih awet.

Tips Merawat Knalpot Motor

Knalpot berfungsi untuk membuang hasil sisa pembakaran dari mesin. Knalpot yang bocor atau retak akan mengurangi performa motor.

Tarikan gas akan mengurangi tenaga yang dihasilkan. Hal tersebut terjadi karena terjadi kebocoran kompresi. 

Knalpot bocor atau rusak akan menyebabkan konsumsi bahan bakar juga menjadi boros.

Knalpot bocor juga menyebabkan suara motor menjadi tidak lagi adem dan mesin juga menjadi kasar.

Untuk itu Goozir.com sudah merangkumm beberapa tips merawat knalpot motor, sebagai berikut.

Baca Juga : 5 Penyebab Knalpot Nembak dan Perbaikannya Pada Sepeda Motor

1. Bersihkan Knalpot

Usahakan untuk rutin membersihkan knalpot. Menyikatnya hingga bersih terutama untuk bagian leher knalpot karena paling rentan keropos.

Apalagi setelah melewati hujan atau area berlumpur yang mudah sekali membuat knalpot kotor. Sisa – sisa kotoran tersebut akan mudah menimbulkan karat.

Jika tidak segera dibersihkan maka lambat lain leher knalpot bisa karatan kemudian keropos.

Baca Juga : Harga Knalpot Akrapovic ZX-25R Suara dan Spesifikasinya

2. Jangan Menaruh Oli Di Lubang Knalpot

Memberikan oli pada lubang knalpot menyebabkan knalpot ngebul. Hal tersebut terjadi karena keadaan didalam knalpot panas sehingga oli yang ditaruh dalam knalpot terbakar.

Oli yang terbakar tersebut yang menyebabkan knalpot ngebul. Jika memang mau melakukan pelumasan knalpot lebih baik dilakukan pada area luar knalpot.

Caranya cukup nyalakan motor selama beberapa saat dan biarkan mesin memanas dengan sendirinya. Selanjutnya, Anda bisa memberikan olesan oli pada bagian knalpot yang berkarat atau yang berpotensi timbul karat. Oli yang meleleh akan melumasi bagian tersebut dengan sempurna.

3. Periksa kondisi drainase secara berkala

Drainase pada knalpot memiliki fungsi untuk menampung air yang masuk ke knalpot untuk kemudian dialirkan pada saluran silencer agar tidak terjadi genangan.

Drainase ini cukup penting untuk selalu diperhatikan. Sebab, jika air masuk ke knalpot maka dapat menyebabkan mogok secara tiba-tiba.

Untuk memastikan drainase knalpot dalam kondisi baik, maka Anda harus memperhatikan kondisi drainase dan memastikan drainase knalpot tidak tersumbat agar dapat terus mengalirkan air tanpa hambatan.

Untuk memastikannya, Anda bisa menggunakan bantuan lidi yang dimasukkan ke dalam knalpot. Jika tidak ada hambatan, artinya drainase berada dalam kondisi baik.

4. Gunakan glasswool pada knalpot

Jika Anda merasa bahwa suara knalpot motor yang Anda gunakan pecah dan sangat berisik, itu artinya Anda harus menggunakan glasswool agar suara yang dihasilkan knalpot tidak pecah dan terkesan bising.

Glasswool berguna sebagai alat peredam suara pada bagian knalpot. Komponen tambahan yang satu ini biasanya dipasang dalam bagian silencer.

Baca Juga : 5 Pilihan Knalpot Racing ADV 150 Dengan Harganya

Tak perlu khawatir, meski terbuat dari serat seperti kain, glasswool cukup baik dalam menahan panas yang dihasilkan oleh proses pembakaran mesin.

Demikian tips merawat knalpot dengan mudah untuk mencegah keropos, pastikan untuk selalu memperhatiakn tiap kompoen motor agar berkendara And tetap nyaman. semoga berguna.

Baca juga info pilihan berikut ini

Follow us

IG : Goozirblog

Facebook : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom