Tips Teknik Berkendara Irit Bahan Bakar Ramah Lingkungan
Tips berkendara irit BBM

Tips Teknik Berkendara Irit Bahan Bakar Ramah Lingkungan

Diposting pada

Goozir.com – Mobilisasi orang terjadi setiap hari. Ada yang menggunakan kendaraan ada juga yang menggunakan sepeda. Untuk pengguna kendaraan goozir punya tips teknik berkendara irit bahan bakar dan ramah lingkungan dalam kegiatan mobilisasi tiap hari.

Berkendara menggunakan mobil atau motor butuh bahan bakar. Menggunakan bahan bakar seminimal mungkin dengan jarak tempuh yang sama perlu dipelajari.

Tips Berkendara Irit Bahan Bakar

Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk bisa berkendara irit bahan bakar.

1. Jangan Berakselerasi Secara Mendadak

Akselerasi secara berlahan (20kpj dalam 5 detik) mampu mengirit bahan bakar hingga 11 persen. Dengan kata lain untuk meraih kecepatan yang diinginkan Anda harus sabar mengurut gas.

2. Jaga Kecepatan Konstan

Setalah mencapai kecepatan yang diinginkan jagalah ritme berkendara dengan kecepatan konstan tanpa megesampingkan jaga jarak aman dengan kendaraan lain.

3. Gunakan Engine Brake

Gunakan engine brake untuk mengurangi kecepatan dibanding dengan menggunakan rem terlebih dulu. Hal tersebut dilakukan agar saat berakselerasi kembali tidak terlalu dalam ngegas. Engine brake bisa mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 2 persen.

4. Gunakan AC Sewajarnya

Menggunakan AC dengan suhu terlalu dingin bakal meningkatkan penggunaan bahan bakar sekitar 12 persen. Jadi setel suhu kabin sewajarnya jangan terlalu dingin.

5. Gunakan Stop Idling Sistem

Untuk mobil yang sudah support stop idling sistem gunakan fitur tersebut sehinggga saat idle mesin bisa mati secara otomatis. Menurut informasi 10 menit mesin kendaraan hidup dalam keadaan idle + AC mati, konsumsi bahan bakar mencapai 130cc.

6. Panaskan Mesin Kendaraan Dengan Benar

Jangan terlalu lama memanaskan mesin, cukup 3 menit atau jarum penunjuk suhu mesin mulai bergerak. Mesin menghabiskan sekitar 160cc saat mesin dipanaskan.

7. Pantau Lalu Lintas Sebelum Berkendara

Habis waktu 10 menit karena macet maka konsumsi bahan bakar meningakt 14 persen. Jadi pantau lalin sebelum bepergian perlu dilakukan untuk bisa menghindari kemacetan.

8. Cek Tekanan Udara Ban

Tekanan ban berkurang 50kPa dari tekanan normal ban bisa meningkatkan konsumsi bahan bakar kendaraan 2-4 persen.

9. Jangan Bawa Muatan Berlebih

Membawa muatan 100 kg dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar sebesar 3 persen.

10. Hindari Parkir Ilegal

Parkir ilegal biasanya membuat jalanan macet. Jika Anda berkendara 40kpj menjadi 20 kpj karena ada parkir ilegal yang membuat macet maka konsumsi bahan bakar meningkat sekitar 31 persen.

11. Eco Driving/riding

Jika kendaraan Anda dibekali dengan indicator Eco maka Anda bisa berkedara dengan indicator eco yang terus menyala. Artinya Anda berkendara dengan tingkat konsumsi bahan bakar yang rendah.

Demikianlah bro and sis tips teknik berkendara irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Makin irit Anda berkendara makin ramah lingkungan sebab makin sedikit carbon monoksida yang tebentuk.

Baca juga info pilihan dibawah ini

Follow us

IG : GOOZIRBLOG

FB Page : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"