TOGG Mobil Nasional Turki
Mobil sedan TOGG

TOGG Mobil Nasional Turki Lebih Canggih Dari Esemka

Diposting pada

Goozir.com – Turki mengumumkan 2 model mobil Nasional yang diluncurkan 27 Desember 2019 yaitu SUV Kompak dan sedan oleh presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Mobil nasional Turki disebut TOGG (Turkey Automobile Joint Venture Group). Mobil nasional Turki sudah menggunakan tenaga listrik.

Canggihnya TOGG Mobil Nasional Turki

Mobil Nasional Turki memiliki fitur otonom level 2. Selain itu juga akan dibekali dengan fitur Slow Traffic Pilot yang memanfaatkan teknologi 5G.

Fitur Canggih lainnya adalah hadirnya Holographic Assistan (asisten hologram) yaitu sebuah sistem yang menggunakan algoritma pelacakan mata dan pencitraan 3D holografik untuk memberikan pengalaman pengguna yang futuristik.

Teknologi asisten hologram akan menggantikan tampilan 2D yang saat ini digunakan menjadi tampilan citra 3D dan teknologi Augmented Reality.

Desain TOGG?

Untuk desain ternyata bukan kaleng-kaleng. Pendesain mobil nasional Turki ternyata sama dengan pendesain dari moil nasional Vietnam yaitu Pininfarina.

Pininfarina merupakan rumah desain asal Italia yang dimiliki oleh Mahindra India.

Jika mobil Nasional Turki sebegitu Canggihnya dan desain tidak kaleng kaleng, bagaimana  Indonesia dengan Esemka?

Masih di kuasai pabrikan Jepang, saat ini Indonesia belum memiliki mobil Nasional. Jangankan yang canggih yang biasa saja belum dimiliki Indonesia. Mobil Esemka memang memiliki sekian persen komponen yang disuplai dari Indonesia.

Dengan banyak vendor penyuplai dari mobil Jepang di Indonesia harusnya Indonesia bisa mulai untuk merancang bangun mobil nasionalnya sendiri agar bisa ikut bersaing di pasar. Minimal di pasar dalam negeri dan kedepannya bisa global.

Esemka ternyata memiliki mobil Andalan berupa mobil SUV dengan kategori VVIP dengan tingkat keamanan tinggi. SUV Esemka berlogo MOOSE. SUV Moose dilapisi dengan baja anti peluru.

SUV ESEMKA
SUV ESEMKA (VOLVO XC90) /gambar : 100kpj

Walapun peluru bisa menembus bagian bodi luar namun bagian dalam tidak bisa di tembus.Ibarat nembak karung isi pasir bagian luar (karungnya) sobek namun pasir mampu meredam pelurunya.

SUV VVIP Esemka bukanlah buatan asli dan desain sendiri dari Esemka, melainkan menggunakan mobil Volvo XC90 sebagai basisnya.

Esemka melakukan modifikasi saja bukan merancangnya. Bagian tertentu mobil juga masih bertuliskan merek Volvo seperti pada kaca lamp sein.

Menurut pihak Esemka masih adanya merek Volvo pada kaca lamp sein sebagai bentuk pertanggungjawaban atau jaminan terhadap kualitas produknya.

Yang artinya pihak Esemka belum percaya diri bahwa mereka mampu membuat produk sendiri yang berkualitas, sebab masih bergantung produk pabrikan lain bahkan masih menyertakan merek produk pabrikan lain tersebut.

Bila Turki dengan mobil nasionalnya butuh waktu 60 tahun untuk bisa mewujudkannya, bahkan ditengah jalan sempat terhenti maka Esemka menjadi cara kilat memiliki mobil yang di rakit sendiri.

Kemampuan TOGG

Dari bagian risetnya menginformasikan bahwa TOGG yang dibuat bakal memiliki kemampuan power hingga 200 horsepower dan bisa digedein samapai 400 horsepower dengan tambahan harga.

Sebagai mobil lisrik akselerasi hanya butuh waktu 4,8 detik untuk berlari dari 0 hingga 60 mil per jam dan bisa menempuh jarak hingga 3000 mil

untuk mewujudkan mimpi mobil nasionalnya sendiri, Turki menginvestasikan duit sebanyak 3,7 milyar dollar yang akan digunakan untuk memproduksi Crossover pada tahun 2022 dan sedan akan dilakukan kemudian (2024).

Kapasitas produksi nantinya sekitar 175.000 unit mobil pertahunnya. Tujuan Erdogan produksi mobil TOGG bukan hanya untuk kebutuhan negaranya sendiri namun akan tersedia juga untuk pasar global.

Artinya merek TOGG nantinya bukan hanya sebagai merek dalam negeri saja melainkan juga akan bersaing di pasar global.

Dengan kemampuan turki yang saat ini mampu meproduksi mobil berbagai tipe dari berbaagai merek dalam beberapa dekade, memiliki merek sendiri dan mendunia sepertinya bukan sebatas mimpi namun bisa jadi kenyataan.

Sangat jomplang dengan Indonesia yang belum memiliki merek yang diakui sebagai mobil nasional Indonesia. Semoga hadirnya TOGG bisa menjadi penyemangat RI untuk bisa juga berbuat seperti di Turki.

Ayoo Indonesia juga bisa…

Demikian informasi singkat TOGG mobil nasional turki, semoga berguna.

Gallery TOGG SUV dan Sedan

Baca juga info pilihan di bawah ini

Follow us

IG : Goozirblog

Facebook : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"

47 thoughts on “TOGG Mobil Nasional Turki Lebih Canggih Dari Esemka

  1. Kerenn sihh, tapi kalo mau fair harga togg dan Esemka apakah selevel..? Jika beda level yaa jgn di compare.. Yang bisa di compare lebih baik fokus ke policy dua negara saja Turki vs Indonesia cmiw

    1. sebenarnya maksud tersembunyi itu, kenapa Indonesia belum bisa seperti mereka, Ekonomi aja terlihat morat marit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *