www.goozir.com

Usia masa pakai helm

Diposting pada

www.goozir.com

Sobat goozir, helm adalah salah satu perlengkapan wajib dalam berkendara sepeda motor pada khususnya. Bahkan undang undang mewajibkan setiap pengendara motor untuk memakai helm. Jika tidak maka akan ditilang. Helm terdiri dalm dua varian umum yaitu full face dan half face.

Helm juga memiliki kriteria tertentu. Kriteria tersebut terlihat dari indikasi simbol sertifikasi pada helm. Ada sertifikasi DOT, SNI dan SNELL. Helm dengan sertifikasi lengkap menandakan helm tersebut semakin aman untuk di pakai.

Namun terkadang orang masih enggan memakai helm dan menyepelekan keselamatan, nah itulah pola pikir yang harus di rubah. Bahkan di Amerika sendiri yang dulunya wajib pakai helm terus di buang aturan tersebut, kini kecelakaan makin bayak terjadi akibat tidak pakai helm.

Pemakain helm juga tidak bisa sembarangan helm yang sudah berumur tidak direkomendasikan untuk tetap dipakai. Sebaiknya helm yang sudah berumur segera di ganti dengan yang baru. Menurut bapak Irwan dari Brand Technical Support Cargloss Proriders usia masa pakai helm hanya 5 tahun.

Jika helm sudah mencapai usia 5 tahun maka daya redam benturan dari Styrofoam akan berkurang karena berkurangnya daya elastisitas dari styrofoam itu sendiri. Kemudian helm yang sudah pernah terlibat kecelakaan sebaiknya di ganti karena styrofoamnya sudah cekung dan jika terjadi kecelakaan di tempat yang sama maka akan berbahaya.

Apakah styrofoam bisa di ganti sediri?

Jawabnya adalah tidak. Styrofoam pada helm sudah melekat pada batok helmnya jadi jika nekad di ganti sendiri maka akan tidak laik untuk dipaki dan akan berbahaya. Jadi kalau helm sudah berumur 5 tahun atau sudah pernah terlibat kecelakaan sebaiknya di ganti dengan hel yang baru.

informasi lains eputar helm:

Shark Race-R Pro Lid helm baru Lorenzo
D-Tech teknologi helm anti ngantuk karya siswa SMAN 3 Semarang
Helm baru Shoei X-Spirit 3

Semoga bermanpanagat….

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"