Variable Valve Actuation Yamaha

Variable Valve Actuation (VVA) Yamaha & Cara Kerja

Diposting pada

Goozir.com – Variable Valve Actuation Yamaha / VVA dari Yamaha merupakan teknologi yang tergolong baru bagi motor Yamaha. Tercatat baru 6 motor yang memakainya yaitu Aerox 155, NMAX, Lexi 125V-Ixion R, R15 dan Yamaha MT15. Teknologi ini merupakan teknologi yang diaplikasikan pada klep mesin. Pada VVA Yamaha ada klep yang terbuka pada putaran tertentu. Pengatauran bukaan valve di lakukan oleh ECU.

Cara kerja Variable Valve Actuation  Yamaha

Yamaha berusaha memenuhi apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Konsumen menginginkan motor irit tapi kencang. Dan jelas tidak ada kompromi antara irit dan kencang. 2 sifat yang bertolak belakang. Kalau mau irit, tidak bisa kencang dan jika mau kencang maka tidak bisa irit.

Lalau bagaimana Yamaha berkompromi dengan keinginan konsumen? Yang diberikan Yamaha adalah memberikan sebuah sistem dimana motor bisa diajak irit dan diajak kencang. Lahirlah VVA (Variable Valve Actuation) Yamaha.

VVA kalau diartikan secara bebas adalah variasi bukaan klep. Ada  2 bagian klep yaitu untuk low rpm dan untuk high rpm. Masing masing klep di satukan oleh satu profil Cam.

Klep mana yang akan di pakai sesuai pengatauran di ECU. Misal untuk NMAX dan Aerox putaran dibawah 6000 rpm maka menggunakan klep untuk low rpm sedangkan di atas 6000 rpm menggunakan klep untuk high rpm.

Pada putarn di bawah 6000 campuran udara dan BBM hanya sedikit sehingga konsumsi BBM makin irit.

Gambar Variable Valve Actuation (VVA)

Sedangkan pada putaran mesin di atas 6000 maka campuran udara dan BBM makin banyak dan tenagapun bertambah. Tentunya BBM juga makin boros. Perpindahan klep ini bisa terjadi dengan adanya ECU dan Selenoid.

Untuk New Yamaha R15 2017 rpm di atur  7400 rpm untuk low rpm dan diatas 7400 sebagai high rpm. Intinya penggunaan klep berbeda untuk rpm rendah dan rpm tinggi.

Baca juga info pilihan goozir.com dibawah ini bro

Itulah penjelasan  sederhana dan tidak menjelaskan secara teknis. Jadi begitulah Variable Valve Actuation (VVA) Yamaha yang sanggup memberikan power ditiap rentang rpm.

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"