Velg Aluminium VS Velg Kaleng : Kelebihan & Kekurangan

Velg Aluminium VS Velg Kaleng : Kelebihan & Kekurangan

Diposting pada

Goozir.com – Untuk Velg mobil ada Velg dari Aluminium dan Velg dari Kaleng. Velg aluminium memiliki desain yang lebih fashionable dan memiliki berbagai corak pilihan. Velg kaleng memiliki desain yang seperti itu –  itu saja dan pilihannya tidak banyak atau bahkan tidak ada ysng aneh – aneh. Menarik jika kita membandingkan Velg Aluminium VS velg Kaleng karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Seperti apa kelebihan dan kekurangan velg almu dibanding velg kaleng? Ikuti penelusurannya.

Kelebihan dan kekurangan Velg Aluminium VS Velg Kaleng

Bahan aluminium memiliki kegetasan yang lebih tinggi dibanding dengan bahan kaleng. Biasanya untuk velg aluminium dibuat dengan cara di bubut secara robotik sedangkan untuk velg kaleng dibuat dengan cara di press. Secara material keduanya jelas berbeda dari segi ketahanan terhadap iklim juga berbeda.

Dari segi tempilan juga lebih fleksibel untuk di buat dari bahan almu dibanding bahan kaleng. Oleh karena itu nilai jual juga berebeda. Seperti apa perbedaan keduanya?

Kelebihan dan kekurarngan  Velg Aluminium

Velg aluminium dibuat dari bahan aluminium yang dibubut sedemikian rupa. Secara bobot lebih ringan dibanding dengan bahan kaleng. Secara visual jelas velg aluminium lebih mudah dibentuk dengan berbagai model yang dberikan dengan berbagai finishing yang di inginkan. dari sisi desain, bobot dan model jelas velg aluminium lebih unggul. Velg Almu juga lebih tahan cuaca dan tidak karatan.

Kekurangan velg Aluminium yang paling bisa dirasakan oleh konsumen langsung adalah dari segi harga. Harga velg aluminium lebih mahal dibanding dengan velg kaleng. Mungkin karena faktor harga tersebut, velg aluminium lebih banyak dipakai oleh mobil dengan harga yang tergolong mahal.

Kemudian dari ketahanan terhadap benturan. Dibuat dengan proses bubut velg aliminium memiliki tingkat kegetasan tinggi. jika mendapat beban lebih maka velg bisa seketika hancur. Contoh velg di press dengan kekuatan 10 ton maka velg bakal hancur menjadi keping – kepingan.

Kelebihan dan kekurangan Velg kaleng

Bahan yang digunakan adalah bahan besi biasanya mudah di bentuk. Proses pembuatan velg kaleng sendiri dengan cara di press. Secara material lebih solid dan tidak getas. Kelebihan lainnya tentu dari sisi harga yang dibanderol lebih murah dibanding dengan velg aluminium.

Dari kemampuan meredam tekanan besar, velg kaleng lebih bisa bertahan dibanding dengan velg aluminium. Jika velg kaleng di press dengan tekanan 10 ton maka velg hanya peot saja,  tidak sampai pecah berkeping – keping seperti velg aluminium. Ini penting untuk antiipasi saat terjadinya benturan.

Dari segi banderol , harga velg kaleng lebih murah dibanding dengan velg aluminium. Daya tahan benturan lebih bagus jika menggunakan Velg Keleng.

Kekurangan dari velg kalenng adalah tidak tahan terhdap cuaca dengan hadirnya karat. Inilah kelemahan dari bahan besi. Tiak tahan terhadap karat. Lama kelamanan bisa kropos. Perwaratan ektra harus dilakukan agar tetap awet.

gambar atas di press dari bagian atas, gambar bawah di ress dari bagian samping (tempat baut)

Dengan informasi di atas maka bijaksanalah memberli velg. Tentukan dulu apakah urgent atau tidak terus pertimbangan juga manfaatnya.

Bagi yang suka dengan model velg yang fashionable bisa memiliki Velg aluminium yang tersedia dalam berbagai pilihan desain dan model. Namun dair sisi harga dan kemampuan menahan benturan lebih unggul velg dari bahan kaleng.

Kemudian yang suka dengan tampilan apa adanya maka bisa memiliki velg kaleng. Selain lebih murah secara kemampuan menahan benturan juga lebih baik. velg hanya peot dan tidak sampai pecah. Secara tampilan juga sangat terbatas dan dari velg truk sampai mobil pribadi, velg kaleng modelnya yang seperti itu-itu saja.

Semoga dengan pebandingan Velg Aluminium vs velg kaleng dengan segala kelebihan dan kekurangannya masing masing semoga informasi yang goozir berikan bisa bermanfaat.

Baca juga info pilihan  di bawah ini

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"