Yamaha YZF-R1 2020 Update fitur dan Aerodinamika
Update Yamaha YZF-R1 2020

Yamaha YZF-R1 2020 Update fitur dan Aerodinamika

Diposting pada

Goozir.com – Yamaha YZF-R1 2020 sudah di perkenalkan dengan sejumlah update jeroan dan aerodinamika yang lebih baik. Spesikasi mesin tetap namun power yang dihasilkan lebih besar. Beberapa ubahan pada Yamaha R1 model 2020 memberikan tampilan dan performa yang lebih baik.

Yamaha R1 model 2020 merupakan supersport Yamaha yang makin agresif turunan dari Yamaha M1 MotoGP. Model 2020 memiliki desain bodi yang lebih aerodinamika untuk menghasilkan performa yang lebih baik.

Bagian lampu depan sudah LED dengan revisi pada posisi dan style. Selain itu R1 2020 memiliki Brake Contol dan Engine Brake Management yang lebih mumpuni sehingga motor lebih terkontrol.

Update fitur dan sistem kontrol elektronik R1 untuk memenuhi regulasi Euro 5. Memasuki tahun 2020 motor memang diharuskan untuk lulus uji Euro 5 terutama untuk pasar Eropa.

Yamaha YZF-R1 2020 Update

Update R1 pun di lakukan untuk mendapatkan performa, memenuhi Euro 5 dan perfoma pengendalian yang maksimal. Jejumlah ubahan pun di lakukan.

Aerodinamika R1 2020

Aerodinamika Yamaha R1 tampak lebih agresif dengan desain bagian fairing depan yang direvisi. Tarikan garis desain yang tajam dan menyudut membuat sistem aerodinamika R1 meningkat.

Ram air juga mendapat ubahan sehingga secara keseluruhan aerodinamika Yamaha R1 terbaru naik hingga 5,3 persen dibanding model lama. Bagian samping juga tak luput dari revisi agar motor mudah dikendarai oleh setiap orang

YZF-R1 mewarisi aerodinamika dari Yamaha M1 yang digunakan pada balap MotoGP.

Efisiensi tinggi mesin crossplane

Mesin 998 cc crossplane memiliki sistem intake baru dengan desain baru finger follower rocker arm yang mempu membuat rpm tinggi memiliki performa lebih baik dan tentunya lulus Euro 5.

Suspensi depan dan belakang

Suspensi depan dan belakang  mengalami perbaikan. Suspensi depan 43 mm Kayaba dan bersama suspensi belakang memberikan feeling pengendalian yang bagus serasa motor menjadi bagian dari tubuh pengendara.

Suspensi Yamaha R1

Brake Control BC baru

R1 memiliki sistem control pengereman yang baru dengan 2 mode yang mengukur berdasarkan derajat kemiringan motor dan akselerasi .

Engine Brake baru

Engine brake baru juga hadir di R1 sepetinya sejalan dengan penegmabangan apda M1 nih bro. ada 3 engine braking yang bisa di pilih dengan memanfaatkan data sensor dari bukaan throttle, igintion timing dan volume injeksi bahan bakar.

Lampu LED Generasi baru

Lampu Memiliki model baru dengan DRL namun untuk lampu utama masih model lama dengan proyektor.

Ride-by-wire baru APSG

Ride by wire baru dengan Accelerator Position Sensor Grip memberikan tarikan instan sejalan dengan putaraan gas.

Optimasi Launch Control System (LCS)

LCS bekerja pada saat start sehingga saat start lebih terkontrol. Mode LCS1 bekerja pada rpm 9000 dengan throttle terbuka 41 derajat.

Rem depan

Rem depan memiliki ukuran cakram 320 mm dengan kaliper monobloc yang memiliki friksi tinggi sehingga mampu membuat sistem pengereman lebih pakem.

Ban baru Battlax RS11

Yamaha YZF-R1 2020 menggunakan ban Bridgestone Battlax S11 yang memiliki compound spesial dan pattern baru yang lebih nempel keaspal sehingga siap untuk ngebut, cornering maupun braking. Sepertinya dengan ban bawaan sudah bisa track day nih bro.

Finishing berkualitas

Yamaha R1 2020 memiliki kualitas finishing bagus. Pengunaan bahan magnesium dan titanium pada mesin membuatnya makin kuat dan enteng. Finishing bagus pada mesin dan bodi menjadikan wujud R1 sebagai klan r yang sesungguhnya.

Layar speedometer TFT baru

Menampilkan fitur baru EBM dan BC speedometer R1 kini tampil berwarna dengan layat TFT. Selain itu untuk melakukan perubahan pada sistem elektornik tinggal switch ke YRC screen dan pilih preference yang diinginkan.

Perubahan Yamaha R1 sudah kita ketahui bersama dan bagaiman dengan mesin yang digunakan? Ternyata masih memiliki kubikasi mesin yang sama namun dengan power yang lebih besar.

Spesifikasi Yamaha R1 2020

Mesin Yamaha R1

998 cc, 4 tak, 4 klep, 4 silinder, pendingin cairan

Bore x stroke

79 x 50.9 mm

Kompresi mesin

13:1

Power max

147 kW / 200PS pada 13500 rpm

Torsi max

113.3 Nnm pada 11500 rpm

fairing Yamaha R1

Frame Yamaha R1

Diamond

Suspensi depan

USD

Suspensi belakang

Swingarm

Rem depan

Dual disc brake

Rem belakang

Single disc brake

Ban depan

120/70-17

Ban belakang

190/55-17

Dimensi Yamaha R1

P : 2055 mm L:  690 mm T: 1165 mm

Wheelbase

1405 mm

Tinggi jok

855 mm

Ground clearance

130 mm

Bobot isi

201 kg

Kapasitas tangki

17 liter

Kapasitas oli

4,9 liter

Pilihan Warna Yamaha R1

Yamaha R1 dijual dalam 2 pilihan warna yaitu  Yamaha Blue dan Midnight Black

itulah bro and sis info singkat Yamaha YZF-R1 2020 semoga berguna.

Baca juga info pilihan di bawah ini

Follow me

IG : Goozirblog

Facebook : Goozircom

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"