Tips Memelihara Aki Sepeda Motor Honda,Yamaha,Suzuki & Kawasaki

Tips Memelihara Aki Sepeda Motor Honda,Yamaha,Suzuki & Kawasaki

Diposting pada

Goozir.com – Tips memelihara aki sepeda motor. Aki menjadi sumber utama tenag listrik untuk motor injeksi. Tanpa aki motor akan susah dihidupkan. Aki tekor saja susah hidup motornya apa lagi tanpa aki.
Motor masa kini memang penuhi dengan fitur-fitur canggih, mulai dari Trction control, Speedometer Digital, Smart Key System dan lainnya.

Semua fitur tersebut membutuhkan daya listrik yang prima, semuanya disediakan oleh komponen baterai atau accu (AKI).

Tips Memelihara Aki Sepeda Motor

Komponen aki motor fungsinya sangat penting, maka dari itu perlu melakukan perawatan secara rutin.

Ada beberapa tips untuk menjaga AKI tetap prima dan lebih awet.

1. Pada line up motor terbaru saat ini dilengkapi dengan speedometer digitaldengan informasi yang lengkap, Anda bisa memanfaatkan spedoemter tersebut memantau kondisi voltage Aki melalui menu battery voltage display pada speedometer.

Untuk melakukannya Anda bisa mengikuti langkah-langkah pada buku petunjuk pemilik di bagian penjelasan mengenai Speedometer.

Khusus untuk All New Nmax 155 Connected, All New Nmax 155 Connected/ABS dan All New Aerox 155 Connected, kamu bisa menggunakan aplikasi Y-Connect untuk melihat kondisi baterai setiap saat dengan menggunakan smartphone.

2. Lakukan pengecekan aKI di bengkel resmi sesuai merek motor. Khusus Yamaha bisa gunakan aplikasi My Yamaha untuk layanan SKY (Servis Kunjung Yamaha) oleh teknisi Yamaha jika memerlukan pengecekan lebih lanjut.

3. Check secara berkala tegangan aki, aki yang dalam kondisi bagus menunjukkan tegangan di atas 12,4 volt. Jika kurang dari 12,4 volt maka lakukan isi ulang aki agar tegangan kembali normal.

4. Jika sudah di isi ulang tapi tegangan tidak naik berarti Anda harus ganti Aki. Atau jika aki basa mungkin bisa dengan menambah atau menguras air aki dengan yang baru.

5. Pastikan kondisi Aki terpasang dengan benar dan lakukan pengecekan kabel-kabel, pastikan dalam kondisi baik (tidak konslet atau short)

6. Lakukan selalu secara rutin mengecek kondisi aki, servis berkala, pastikan kondisi Aki bagu sehingga kinerja mesin dan performa motor akan bagus.

Melihat pentingnya fungsi Aki pada sepeda motor, semoga tips memelihara aki sepeda motor di atas bisa berguna untuk Anda.

Baca juga info pilihan berikut ini

Follow us

IG : GOOZIRBLOG

FB Page : Goozircom

Twitter : Goozircom

Telegram : Goozircom